Genre Anime: Macam Macam Genre Anime Manga dan Contoh

Advertisement

Setiap anime pastinya memiliki genre, apa itu genre? genre adalah pembagian tipe-tipe "cerita" dalam suatu anime, artinya bahwa disetiap anime itu memiliki cerita yang berkofus pada hal tertentu. Misalkan ada suatu anime dimana ceritanya sang pratagonist 'tokoh utama' menaiki sebuah robot lalu pratagonist tersebut melawan musuhnya yang menggunakan robot juga, tipe dari suatu cerita ini adalah Mecha (Pengertian Mecha lihat di bawah), tapi tidak semua anime bertipe satu cerita saja, ada juga anime yang menampilkan dua bahkan lebih. Nah, dikesempatan ini saya akan menjelaskan sedikit arti dari masing-masing genre dalam anime maupun manga, mungkin saja ada yang belum mengetahui genre apa saja yang ada di anime dan apa saja arti dari masing-masing genre tersebut.

Untuk mengenai penjelasan anime kunjungi di artikel yang berjudul pengertian dan istilah dalam Anime dan Manga.

Oke, berikut ini list genre beserta pengertiannya.

Anime genres

Kategori Genre dalam Anime

Pada dasarnya di bawah ini adalah list genre yang biasanya di tampilkan dalam sebuah anime maupun manga, silahkan disimak yah ....

Action

Genre Action adalah genre anime ataupun manga yang berunsur peperangan, kekerasan dan penuh aksi, dan benturan kekuatan fisik. Sering kali tokoh genre ini memiliki luka yang cepat karena benturan fisik tersebut.
Contoh :  Fullmetal Alchemist: Brotherhood

Adventure

Genre Adventure adalah Genre anime ataupun manga yang menjelajahi tempat-tempat, lingkungan dan situasi yang baru. Biasanya dikaitkan dengan orang yang memiliki perjalanan panjang ke tempat-tempat yang jauh dan mengalami hal-hal yang menakjubkan.
Contoh : Ookami to Koushinryou

Cars

Genre Cars adalah genre anime ataupun manga yang berfokus pada mobil mungkin juga bisa balapan, sebagian besar genre ini ada di genre Action (Lihat pengertian Action di atas).
Contoh : Initial D

Comedy

Genre Comedy adalah genre anime ataupun manga yang berunsur lawakan baik itu dari tingkah laku, cerita maupun dari pembicaraan.
Contoh : Danshi koukousei no nichijou dan bisa dilihat di artikel Anime comedy terbaik yang lucu bisa bikin ngakak

Dementia

Genre Dementia adalah genre anime ataupun manga yang memiliki plot mind-twisting 'cerita yang membingungkan'.
Contoh : Neon Genesis Evangelion

Demons

Genre Demons adalah genre anime ataupun manga yang disetting (diatur) dimana dunia setan dan makhluk gelap lainnya memiliki peran penting, bisa juga tokoh utamanya yang memainkan peran 'Demons' tersebut.
Contoh : Hataraku Maou sama

Drama

Genre Drama adalah genre anime ataupun manga yang mengungkapkan secara kompleks, penuh emosional, dan konflik batin.
Contoh : Clannad

Ecchi

Genre Ecchi adalah genre anime ataupun manga yang menunjukan sedikit konten vulgar akan tetapi tidak sampai pada tahap seksual, bisa juga dikatakan sindiran dari seksualitas. Di genre ini biasanya menampilkan OPPAI (Buah Dada perempuan), pantsu (Celana dalam), tubuh telanjang yang tidak berunjung sampai tahap seks yang paling kriteria adalah baju robek-robek.
Contoh : Tu love ru series dan bisa dilihat di artikel Anime harem ecchi hard dan school bagus dan terbaik

Fantasy

Genre Fantasy adalah genre anime ataupun manga dimana tidak ada di dunia nyata, genre ini hanya bercerita fiksi dan penuh imajinatif, artinya bahwa hanya sekedar imajinasi (Seperti kamu melamun saja dan membayangkan ada sayap di kaki kamu).
Contoh : Zero no tsukaima

Game

Genre Game adalah genre anime ataupun manga yang berfokus pada permainan seperti permainan kartu, video game, dan  permainan lainnya. Biasanya di genre ini permainan yang dimainkan tidak melibatkan permainan olahraga, dan permainan yang mengandung unur kekerasan.
Contoh : No game no life!

Harem

Genre Harem adalah genre anime ataupun manga dimana tokoh utamanya (Laki-laki) di keliling banyak tokoh perempuan.
Contoh : Ichiban Ushiro no Daimaou

Ada juga sub genre Harem ini yaitu Reverse Harem dimana tokoh (Perempuan) dikelilingi banyak tokoh laki laki, kebalikannya genre Harem.
Contoh : Amnesia

H

Genre Hentai (biasa disingkat 'H') adalah genre anime ataupun manga yang menunjukan konten vulgar dan berakhir dengan hubungan seksual. ~ If You Know What I Mean ~
Contoh : Oni chi chi

Historical

Genre Historical adalah genre anime ataupun manga yang disetting (diatur) di masa lampau, biasanya mengikuti cerita sejarah dan cerita fakta di masa lampau lainnya.
Contoh : Oda Nobuna no Yabou

Horror

Genre Horror adalah genre anime ataupun manga yang menyeramkan, terkadang bikin bulu kuduk kita merinding karena biasanya di ambil dari kisah hantu.
Contoh : Another

Josei

Genre Josei adalah genre anime ataupun manga yang ditargetkan pada perempuan usia 18-30 tahun/tingkat kuliah, cerita romancenya lebih realitas, dengan cerita lebih dewasa dan eksplisit.
Contoh : Hachimitsu to Clover

Kids

Genre Kids adalah genre anime ataupun manga yang dikhususkan untuk anak-anak, namun tokoh pemain di genre ini tidak hanya anak-anak saja, remaja pun ada.
Contoh : Crayon Shin-chan

Magic

Genre Magic adalah genre anime ataupun manga yang berpusat pada tema sihir/penyihir dan tidak dijelaskan secara hukum alam dan sains. Genre magic ini adalah sub-genre dari Fantasy. jadi jika kamu menemukan genre Fantasy pasti ada hubungannya dengan genre Magic.
Contoh : Magi the labyrinth of magic

Martial Arts

Genre Martial Arts adalah genre anime ataupun manga yang berunsur seni bela diri. seperti takewondo, boxing, karate dan sejenisnya.
Contoh : Yu Yu Hakusho

Mecha

Genre Mecha adalah genre anime ataupun manga yang berunsur robot dan perang, jadi intinya di dalam anime/manga ini semua berunsur dengan robot. Menurut wiki kata Mecha bisa di artikan menjadi robot
Contoh : Gundam seed

Military

Genre Military adalah genre anime ataupun manga yang memiliki karakteristik milliter atau bisa juga dikatakan berhubungan dengan militer.
Contoh : Code Geass

Music

Genre Music adalah genre anime ataupun manga yang berfokus pada penyanyi, grup idol maupun orang yang bermain instrumen.
Contoh : Love Live

Mystery

Genre Mystery adalah genre anime ataupun manga yang mengungkapkan sebuah kasus, tidak semua kasus 'rahasia' di genre misteri ini dikaitkan dengan kejahatan, bisa juga dengan kehidupan sehari hari.
Contoh : Hyouka dan bisa dilihat di artikel Anime detective dan mystery terbaik yang seru

Parody

Genre Parody adalah genre anime ataupun manga yang berunsur lawakan, akan tetapi lawakan yang disajikan di genre ini berbeda dengan Comedy. Lawakan yang disajikan adalah plesetan dari "Komik, Manga, Film, Sinetron, Acara komedian, TV, Peristiwa sejarah bahkan anime lain".
Contoh : Gintama

Police

Genre Police adalah genre anime ataupun manga yang disetting (diatur) dimana sebuah organisasi pelindung masyarakat "Polisi" memiliki peran penting, bisa juga tokoh utamanya yang memainkan peran "Polisi" tersebut.
Contoh : Psycho-Pass

Psychological

Genre Pyscological adalah genre anime ataupun manga yang ceritanya mengedepankan psikologi atau mental karakter.nya. maksudnya mereka mencakup satu atau lebih hal berikut:

  • Cerita mengundang pengunjung untuk menyelidiki alasan untuk apa yang terjadi di dalam cerita
  • Cerita ini adalah lebih lanjut tentang kondisi mental pahlawan dari peristiwa aktual.
  • Cerita adalah thriller psikologis
  • Cerita mencoba sengaja membingungkan penonton, seringkali dengan menunjukkan mereka hanya sebagian informasi mengenai apa yang sedang terjadi
  • Ada lebih dari jumlah biasa penekanan pada karakterisasi interior, dan pada motif, situasi, dan tindakan internal yang timbul dari tindakan eksternal.

Contoh : Evangelion

Romance

Genre Romance adalah genre anime ataupun manga yang ceritanya tentang dua orang bahkan bisa lebih (Harem) yang ingin cintanya terwujud atau menjaga cintanya dengan orang yang disukainya. Sebuah anime pasti ada romance nya namun yang ditekankan bukanlah genre romance melainkan genre pada anime itu sendiri.
Contoh : Lovely Complex

Samurai

Genre Samurai adalah genre anime ataupun manga dimana tokoh utamanya adalah seorang samurai, tokoh prajurit abad pertengahan jepang, atau sejenisnya.
Contoh : Rurouni Kenshin

School

Genre School adalah genre anime ataupun manga yang berlatarkan di sekolah, biasanya menampilkan kehidupan sehari hari di sekolah.
Contoh : K-ON

Sci-Fi

Genre Sci-Fi adalah genre anime ataupun manga yang didasarkan dengan teknologi dan membayangkan alat-alat ilmiah di dunia, kebanyakan teknologi yang disajikan bukan teknologi yang sekarang melainkan teknologi yang dibayangkan, oleh karena itu Sci-FI (Science is Fiction) adalah Sains fiksi.
Contoh : Ginga Eiyuu Densetsu

Seinen

Genre Seinen adalah genre anime ataupun manga yang ditargetkan pada laki-laki usia 18-30 tahun/tingkat kuliah, ceritanya dibuat untuk menarik golongan mahasiswa atau yang sudah berada di dunia kerja. Biasanya cerita berkisar dalam dunia nyata dan pendewasaan diri.
Contoh : Rainbow: Nisha Rokubou no Shichinin

Shoujo

Genre Shoujo adalah genre anime ataupun manga yang diperankan oleh wanita dan dipertunjukan untuk perempuan. Biasanya merupakan kisah romantis, dan terdapat pengembangan karakter yang kuat dalam cerita.
Contoh : Kimi no todoke

Shoujo-ai

Genre Shoujo-ai adalah genre anime ataupun manga yang berunsur hubungan cewek X cewek, hanya sebatas teman dekat dan tidak sampai pada tahap seksual.
Contoh : Yuri yuri

Shounen

Genre Shounen adalah genre anime ataupun manga ditujukan terutama bagi laki-laki, dimana biasanya mengandung pertarungan dan kekerasan.
Contoh : One Piece

Shonen-ai

Genre Shounen-ai adalah genre anime ataupun manga yang berunsur hubungan cowok X cowok, hanya sebatas teman dekat dan tidak sampai pada tahap seksual.
Contoh : Junjou Romantica

Slice of Life

Genre Slice of life (Biasa disingkat 'SOL) adalah genre anime ataupun manga yang berunsur kehidupan sehari-hari, biasanya kehidupan itu pernah kita alami, jenis genre ini cenderung naturalistik dan biasanya berfokus di sekitar "Kehidupan sehari hari" tokoh utama. Seringkali juga dikaitkan dengan percintaan, hubungan sang tokoh utama.
Contoh : Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai

Space

Genre Space adalah genre anime ataupun manga yang berlatarkan di luar angkasa, biasanya juga berhubungan dengan mendarat ke planet lain. Contoh : Uchuu Kyoudai

Sports

Genre Sports adalah genre anime ataupun manga yang temanya adalah olahraga seperti basket, voli, sepak bola, dan sejenisnya.
Contoh : Kuroko no basuke

Super Power

Genre Super Power adalah genre anime ataupun manga dimana tokoh utamanya memiliki kekuatan yang lebih daripada manusia umumnya "Kekuatan yang luar biasa".
Contoh : Katekyo Hitman Reborn!

Supernatural


Genre Supernatural adalah genre anime ataupun manga dimana melibatkan Paranormal, Vampire, Hantu, Mayat hidup (Zombie), Setan (Demons), dan sejenisnya, biasanya juga di genre ini tokoh utamanya memiliki kekuatan Vampire, atau sejensinya.
Contoh : Hotarubi no Mori e

Thriller

Genre Thriller adalah genre anime ataupun manga dimana memiliki cerita berupa para jagoan yang penuh dengan aksi menantang, dan mendapatkan bantuan yang kebetulan sangat dibutuhkan untuk menggagalkan rencana-rencana kejam para lawannya "Antagonis". (Selengkapnya bisa lihat di wikipedia)
Contoh : Fate/Zero

Vampire

Genre Vampire adalah genre anime ataupun manga yang disetting (diatur) dimana para vampire memiliki peran penting, bisa juga tokoh utamanya yang memainkan peran 'Vampire' tersebut.
Contoh : Blood lad

Yaoi

Genre Yaoi adalah genre anime ataupun manga yang berunsur hubungan cowok X cowok sampai pada tahap seksual.
Contoh : Boku no pico

Yuri

Genre Yuri adalah genre anime ataupun manga yang berunsur hubungan cewek X cewek sampai pada tahap seksual.
Contoh : Strawberry Panic

Untuk Lengkapnya, mengenai kategori genre dalam anime dan manga bisa dilihat digambar di bawah ini

Kategori genre dalam anime
Art by : tammypain

Bagi yang belum tahu ada berapa saja jenis tipe karater dalam anime, kamu bisa mengunjungi artikel yang berjudul Jenis Jenis Karakter dalam Anime dan Manga.

Itulah istilah-istilah dari masing masing genre semoga dengan adanya ini kamu menjadi mengerti dari masing-masing genre. Terima kasih untuk Kaskus, Nick Eva(Yahoo id), Myanimelist yang sudah memberi tahukan kepada anime lovers tentang istilah dari masing-masing genre ini. Pengertian di atas saya ambil dari berbagai sumber dan saya sajikan dengan kata-kata saya sendiri supaya kamu lebih cepat memahaminya. Jika masih ada belum mengerti kamu bisa menanyakan kepada saya dengan berkomentar di artikel ini.


Share this with short URL: Get Short URL
loading short url

Advertisement





Advertisement