Pengertian dan Istilah Dalam Anime dan Manga

Advertisement

Apakah kamu sudah tahu dengan pengertian tiap kata yang biasa dikatakan anime lovers? saya yakin hampir semua anime lovers tahu dengan pengertian dasar tentang anime maupun manga, namun bagaimana dengan orang yang baru saja jadi bagian anime lovers? Pastinya dia akan menanyakan hal itu pada orang lain. Segiaya beri contoh bni, misalnya ada orang yang baru saja bergabung di grup perkumpulan anime lover, sebut saja dia "PJM". Beberapa menit kemudian PJM diterima di grup itu. Sesudah di terima PJM membaca sebuah diskusi yang ketika itu sedang di bahas anime lovers lainnya. Namun suatu ketika ada orang yang berkomentar bahwa "Kamu seorang Fujoshi...!!!", PJM pun bingung sambil berkata dalam hati "Fujoshi itu apa?". Karena saking penasarannya dia bertanya pada orang yang sedang berdiskusi itu, lalu apa jawabnya?. Saya yakin  85% orang akan menjawab dengan serius sedangkan 25% lainnya orang akan menjawab dengan becanda lalu memberitahunya. Ini pernah saya alami dulu, untungnya saja saya diberitahu di forum Kaskus.

Yaudah yuk langsung saja kita lihat pengertian dan istilah dalam Anime dan Manga yang biasa digunakan para anime lovers. Umumnya adalah seperti di bawah ini.

Daftar istilah anime

Chibi

Chibi adalah tokoh anime,manga maupun game yang dibuat dalam versi mini 'kecil'.

Magi the labyrinth of magic Chibi Version
Magi Chibi version | Source : Zerochan.net

Cosplay

Cosplay (Costum Play) adalah meniru tokoh  anime, manga, game maupun tokoh fiksi mulai dari kostum, perlengkapan, tata rias, bahkan kadang sampai adegan pertarungan.

Tokisaki Kurumi Date A Live Cosplayer Neneko
Kurumi Tokisaki Cosplay | Source : Neneko Fanspage

Doujinshi

Doujinshi adalah manga yang dibuat oleh fan, manga tersebut terinspirasi dari anime/manga yang sudah di publikasikan oleh penulis manga yang asli, biasanya manga ini memiliki alur cerita atau ending yang berbeda dengan aslinya.

Crossover

Crossover adalah persilangan dua seri tokoh 'anime/manga/game' bahkan lebih. Biasanya dibuat oleh para fan, ada juga yang dibuat oleh penulis manga itu sendiri untuk memperingati hari tertentu.

Magi X Shingeki no Kyojin Crossover
SNK x Magi Crossover | Source : i.ntere.st

Fanservice

Fanservice adalah materi-materi atau gambar dalam anime/manga yang sebenarnya tidak berhubungan dengan jalan cerita, tapi ditampilkan untuk "memuaskan" pembaca. Biasanya memperlihatkan (menunjukan) boing-boing 'OPPAI', melihat celana dalam dan saat pergi ke pantai atau pemandian air panas para karakter ditampilkan lebih seksual dan berdiskusi tentang OPPAI atau pakaian bikini.

Mangaka

Mangaka adalah orang yang menggambar dan menuliskan Manga (Pengarang Manga).

Maid

Maid adalah pelayan atau pembantu yang biasa diperkerjakan di rumah rumah bangsawan inggris. Seiring banyaknya anime/manga yang menggunakan karakter ini, maid menjadi sangat populer di Jepang.

Seiyuu

Seiyuu (Voice actor/actress) adalah pengisi suara karakter dalam anime.

Ero game

Ero game (Erotic game) adalah game dengan alur cerita dan gambar yang vulgar.

Fanart

Fanart adalah gambar yang dibuat oleh Fan, terinspirasi dari tokoh anime/manga.

Fanfic

Fanfic adalah cerita yang dibuat oleh Fan, bisa berhubungan atau sejalan dengan alur waktu cerita asli bisa pula berbeda jauh dengan cerita asli. Fanfic ini ada dua jenis,

  • Canon : untuk cerita yg mengikuti alur buku (semacam Filler)
  • Fanon : untuk cerita yg tidak mengikuti alur buku (Alternate Story)

Figurin

Figurin (Action Figure) adalah patung atau cetakan yang menyerupai satu karakter anime maupun game dengan pose tertentu yang dibuat menggunakan plastik atau bahan lain.

Fujoshi

Fujoshi adalah sebutan untuk perempuan yang menggemari Boys Love (BL). Anime yang menampilkan BL biasanya ada di genre YAOI dan shounen-ai.

Contoh
Cewek : Woi.... tau gak kalau gua itu suka sama laki laki yang sedang mencium dengan laki laki lain
Cowok : Dasar Fujoshi ._.

Fudanshi

Fudanshi adalah sebutan untuk Laki laki yang menggemari Girls Love (GL). Anime yang menampilkan GL biasanya ada di genre Yuri, Shoujo-ai.

Contoh
Cowok: Woi.... tau gak kalau gw itu suka sama cewek yang sedang mencium dengan cewek lain
Cewek : Dasar Fudaushi ._.

Futa/Futanari

Futa (Hermaprodhite) adalah karakter dengan dua kelamin.

Guro "Gore"

Gore adalah sebuah istilah untuk cerita yang menampilkan adegan kekerasan, penyiksaan, potong tubuh seperti Multilasi.

Hikkikomori

Hikkikomori adalah mengurung diri, kalau di jabarkan Hikkikomori orang yang mengurung diri dari kehidupan sosial biasanya Hikkikomori ini terjadi pada kalangan remaja dan dewasa.

AMV

AMV (Anime Music Video) adalah video yang berisikan anime atau beberapa anime yang di mix (di acak) dan disispkan background musik.

MAD

MAD (Music Anime Douga) adalah sama seperti halnya dengan AMV namun karena di jepang sana "video" itu disebut "Douga" jadi mereka menyingkatnya dengan MAD.

Nijikon

Nijikon adalah orang yang tertarik dan jatuh cinta sama karakter anime, manga, dan permainan video yang karakternya berupa 2D.

Otaku

Otaku adalah sebutan untuk para penggemar berat anime dengan sangat sungguh-sungguh. Ciri-ciri yang mencolok yang saya ketahui dari seorang otaku adalah mengoleksi figure dari tokoh-tokoh anime/manga favoritnya.

Weabo (Wibu)

Weabo(Wibu) adalah tergila-gila dengan Jepang. Weabo sering disamakan dengan wapanese yang berarti “Want To Be Japanese” atau "Japanese Wannabe" atau "orang jepang jadi-jadian", atau “alay jejepangan”.  Weeaboo bisa dianggap otaku versi ekstrem. Seorang Otaku belum tentu adalah Weaaboo, namun Weaaboo biasanya adalah Otaku. DI Indonesia sendiri Weabo biasa disebut juga Wibu

Sedikit contoh orang Wibu :

  • Biasa menyamakan nama media sosialnya dengan karakter anime.
  • Biasa memperbaruhi status dengan bahasa campuran Japanese-Indonesia.
Weabo is shit

Itasha

Itasha adalah kendaraan yang sudah dimodifikasi dengan gambar tokoh/karakter dari suatu anime.

Cours

Cours adalah istilah untuk menyebut jumlah episode, biasanya identik dengan sebutan season. 1 cour di Jepang umumnya jumlah episode sepanjang 3 bulan (12-13 episode), namun terkadang ada yang berjumlah 14 episode. Adapun "season" di industri anime jepang memiliki istilah sendiri yaitu "ki" dan "cours" adalah subset dari "ki/season" berbeda dengan season di kebanyakan negara barat yang biasanya berjumlah 24 episode (6 bulan).

Eyecatch 

Eyecatch adalah gambar yang ditambahkan musik sering muncul di tengah tengah anime biasanya berisi karakter anime, adegan, atau hanya logo anime dengan background.

fullmetal alchemist brotherhood Eyecatch
fullmetal alchemist brotherhood Eyecatch

Manzai

Manzai adalah lawakan yang berasal dari daerah Kansai, Jepang. Melawak Manzai itu biasanya dilakukan oleh dua orang yang sedang menceritakan cerita yang lucu, janggal, atau tidak masuk akal dengan irama berbicara seperti bersahut-sahutan. Satu orang berperan sebagai si pintar (tsukkomi) yang berfungsi sebagai pengumpan, dan seorang lagi yang berperan sebagai si bodoh (boke) yang terus menyerocos bercerita agar penonton tertawa.

Tsukkomi

Tsukkomi adalah orang yang berperan sebagai si pintar, berfungsi sebagai pengumpan.

Boke

Boke adalah orang yang berperan sebagai si bodoh yang terus menyerocos bercerita agar penonton tertawa.

Kurang lebih begini Contoh Manzai

Lulu dan Budi sedang bermain di rumah Ariq, mereka bertiga ingin memainkan game yang di setting untuk PC (Personal Computer), akan tetapi si Ariq tidak tahu bagaimana cara menginstal permainan game di komputernya. Nah, Ariq meminta tolong kepada Lulu dan Budi untuk mengajarkannya bagaimana cara menginstal game PC, dalam percakapan inilah Tsukkomi-Boke akan beraksi.

Budi (Boke) : Cara menginstal PC itu begini riq pertama tama masukan kasetnya ke dalam komputer, setelah itu keluarkan lagi kasetnya
Lulu(Tsukkomi) : Woi.. Ngapain dibuka percuma dong lo masukin tuh kaset.
Budi (Boke) : Setelah itu masukin lagi kasetnya.
Lulu (Tsukkomi) : Kenapa dimasukin lagi kasetnya barusan kan lo keluarin >_<
Bud (Boke) : Setelah kaset dimasukin 2x matikan komputernya. selesai
Lulu (Tsukkomi) : Ngapain lo matiin... Kalau udah mati gimana cara instal dan mainnya WOI....

Contoh Manzai yang ada di anime : Sket-dance, Gintama, dll.
Contoh Manzai yang ada di real : waktu itu saya pernah lihat ada di OVJ yang dimainkan oleh Sule dan Andre

OTP (One True Pairing)

OTP adalah ebutan para anime lovers untuk pasangan favoritnya.

OT3 (One True Threesome)

OT3 adalah sebutan para anime lovers untuk pasangan favorit tiga orang.

Bahasa Jepang yang biasanya di pakai dalam Anime/Manga

Kawaii

Kawaii jika di artikan ke dalam bahasa inggris adalah cute 'lucu'. Contoh karakter anime yang kawaii bisa kunjungi di artikel Inilah karakter anime tercantik untuk dijadikan waifu

Mahou

Mahou jika di artikan ke dalam bahasa inggris adalah Magic 'Sihir'.

Neko

Neko jika di artikan ke dalam bahasa inggris adalah Cat 'Kucing'..

Baka

Baka jika di artikan ke dalam bahasa inggris adalah stupid 'bodoh'..

Pantsu

Pantsu jika di artikan ke dalam bahasa inggris adalah Panties 'Celana dalam'..

Oppai

Oppai jika di artikan ke dalam bahasa inggris adalah Boobs 'Buah dada'. Untuk contohnya bisa dilihat di artikel 20 karakter anime yang mempunyai payudara menarik

Onsen

Onsen artinya pemandian air panas..

Moe

Moe sebuah kata slang bahasa jepang yan artinya minat kuat terhadap karakter tertentu dalam game, anime maupun manga.

All Hail

All hail semacam penghormatan, bisa diartikan "Long life!" atau "Hidup!". All Hail dipopulerkan di anime Code Geass, dari kata All Hail Britannia.

Buruma

Buruma "Bloomers" adalah Celana bawahan yang dikenakan karakter perempuan saat berolahraga.

Jika ingin mengetahui seputar genre, bisa kamu lihat di artikel macam macam genre dalam Anime dan Manga.

Oke, itulah beberapa istilah yang saya ketahu menurut forum Kaskus, mungkin dengan adanya ini kamu bisa lebih baik berinteraksi dengan anime lovers lainnya. Jika ada salah kata maupun pengertian tolong di maafkan karena saya juga dapet dari forum kaskus.


Share this with short URL: Get Short URL
loading short url

Advertisement





Advertisement