Macam Macam Bentuk Video Anime dan Pengertiannya

Advertisement

Tidak selamanya video anime yang ada di internet berbentuk serial TV, ada juga yang berbentuk OVA, OAD, ONA, RAW, BD/Blu-ray. Masing-masing bentuk video tersebut mempunyai arti tersendiri. Kalau kamu baru tahu, kamu bisa bertanya di grup anime mengenai arti masing-masing dalam bentuk video tersebut, tapi saya yakin hampir sebagian anggota yang ada di grup itu akan menjawab "Cari aja di Google". Nah, daripada kamu cari bingung dan telah bersusah payah untuk mencari sana-sini, lebih baik kamu mampir ke blog ini karena di blog ini saya akan menjelaskan sedikit tentang jenis video apa yang ada di anime.

Untuk penjelasan mengenai Anime : Pengertian dan istilah dalam Anime dan Manga

Anime Watching Anime
Anime from Chihayafuru

Bentuk video anime

TV Series

Hampir semua orang sudah mengetahui bahwa anime bertipe TV dipublikasikan melalui televisi. :)

OVA

OVA (Original Video Animation) adalah anime yang langsung diedarkan dalam bentuk format video tanpa disiarkan di TV atau bioskop.

OAD

OAD (Original Animation DVD) adalah anime yang dipublikasikan ke dalam kepingan DVD. Istilah OAD muncul setelah anime mulai jarang dipublikasikan ke dalam format VHS video dan mulai berkembang ke Laser disc, CD dan kemudian DVD. Namun dalam perkembangannya hingga saat ini istilah OVA tetap lebih populer digunakan.

ONA

ONA (Original Net Animation) adalah anime yang tidak dipublikasikan lewat televisi, namun disebarkan pada media Internet melalui situs streaming.

RAW

RAW adalah istilah yang digunakan pada anime/manga yang masih mentah, jadi masih pakai bahasa jepang atau belum ada subtitle-nya.

Drama CD

Drama CD ini biasanya berisi dialog yang dilakukan seiyuu.

Sudah mengerti kan sekarang?. Semoga artikel ini menjadikan referensi untuk kamu yang sedang mencari arti-arti video di atas, sampai jumpa di artikel selanjutnya.


Share this with short URL: Get Short URL
loading short url

Advertisement





Advertisement