Review Anime Air: Berkelana untuk Mencari Wanita Bersayap

Advertisement

Mencoba mereview anime tahun 2005, anime ini lemayan sedih karena ada adegan dimana pemain untama anime ini pergi entah kemana. Sebelum melihat review dari saya alangkah baiknya kita mencoba untuk melihat sinopsisnya.

Ulasan Air Indonesia

Sinopsis

Anime ini mengisahkan seorang pemuda yang bernama Yukito sedang mencari wanita bersayap yang sering dibicarakan oleh ibunya. Dalam perjalanannya, ia singgah di kota dimana orang-orang jarang sekali kelihatan, disana Yukito juga bertemu seorang perempuan yang bernama Misuzu. Kehidupan Yukito seakan akan berubah di dalam kota itu ...."

Informasi

Type: TV
Total episode: 13
Status: Telah tayang
Tanggal: 7 Januari 2005 - 1 April 2005
Pengusaha film: Kyoto Animation, ADV Films, FUNimation Entertainment, Pony Canyon, TBS
Genre: Drama, Romance, Slice of Life, Supernatural
Durasi: 24 min. per episode
Rating: PG-13
Score : 7.57 (Myanimelist)
Sutradara: Tatsuya Ishihara

Screenshot


Review anime Air 'berkelana untuk mencari wanita bersayap'
Review anime Air 'berkelana untuk mencari wanita bersayap'

Trailer



Karakter

Ada 4 peran utama dalam anime ini

  • Yukito : Protagonist laki-laki yang berkelana untuk menemukan wanita bersayap yang selalu di ceritakan oleh ibunya.
  • Misuzu : Misuzu ini tidak mempunyai banyak teman, ia selalu dijauhi teman-temannya karena penyakit aneh yang di deritanya.
  • Minagi : Minagi ini orangnya kalem, pintar dan juga suka menolong orang-orang disekitarnya.
  • Kano : Kano ini orangnya ceria, misterius dan juga sayang terhadap anjing.

Anime Air - Wanita Bersayap | Review anime Air 'berkelana untuk mencari wanita bersayap'


Kisah ini berawal dari Yukito. Suatu hari Yukito singgah disebuah desa dimana orang-orang yang tinggal di desa itu hanya sedikit saja (Seperti desa yang terisolir), disisi desa itu terlihat pantai yang begitu indah nan sejuk. Ketika ingin melanjutkan perantauannya, Yukito merasa lapar dan saat itu Yukito tidak mempunyai uang sama sekali, agar mendapatkan uang biasanya Yukito menunjukan atraksi "boneka bergerak" di depan orang-orang, setelah atraksinya selesai biasanya orang-orang akan membayar seiklashnya, namun di desa ini orang-orang jarang terlihat, bahkan seperti tidak ada sama sekali. Yukito bergumam terus menerus karena menahan lapar diperutnya, "Ah... Laparnya" begitulah kata Yukito. Ketika bergumam tiba-tiba ada sekumpulan anak yang mendekatinya, Yukito menyapa anak-anak itu dan berkata "Aku akan menunjukan atraksi yang hebat, jadi bayarlah aku", karena penasaran, anak anak itu melihat atraksi yang diberikan Yukito, awalnya mereka mengaguminya karena boneka itu bisa bergerak sendiri tanpa tali namun lama kelamaan mereka bosan dan tidak mau membayar karena atraksinya hanya berjalan saja, karena hal tersebut. kesempatan Yukito untuk mendapatkan uang menjadi gagal. Yukito merasa depresi dan berbaring di tepi pantai, ketika berbaring, tiba-tiba ada seorang perempuan yang menyapanya, awalnya Yukito berpikir perempuan ini akan memberikan uang kepadanya namun ternyata perempuan tersebut hanya ingin bermain bersama dengan Yukito.

Cerita

Pada awalnya cerita anime ini membuat kita nyaman dan ceritanya mudah kita pahami. Kelakuan lucu Misuzu, pemandangan indah, dan kerja kerasnya Yukito bisa dirasakan disini. Ketika pertama kali kita melihat anime ini kita akan mengira cerita ini berfokus pada Misuzu dan Yukito saja karena memang mereka yang hanya ditampilkan di awal, namun ternyata dugaan itu salah masih ada perempuan lain yang menyapa dan berkomunikasi dengan Yukito, masing-masing perempuan ini memperkenalkan dirinya kepada Yukito, secara otomatis perempuan-perempuan tersebut akan terlibat juga dalam cerita ini. Pada awalnya kita juga akan mengira bahwa anime ini hanya berfokus pada satu rute saja namun ternyata banyak rute yang harus diselesaikan Yukito, masing-masing rute tersebut mempunyai masalah dalam kehidupannya sendiri, semua masalah itu berkaitan dengan "MIMPI" dan wanita bersayap. Permasalahan pertama ini teletak pada Kano lalu diikuti oleh Minagi dan terakhir oleh Misuzu./

Dalam rute pertama cerita ini sedikit agak cepat karena selain melihat ke masa lalunya Kano, Yukito harus menyelesaikan masalah yang di alami Kano. Setelah selesai rute pertama, perlahan-lahan anime ini menunjukan rute kedua. Di rute kedua ini berbeda dengan rute pertama, jika dirute pertama berkaitan dengan wanita bersayap sedangkan di rute kedua ini hanya berkaitan dengan "MIMPI". Selain itu, di rute kedua ini kita bisa memprediksikan bagaimana endingnya nanti. Setelah rute kedua selesai, perlahan-lahan kita akan diperlihatkan rute terakhir yakni rute nya misuzu, Kita akan mengira rute ini akan berakhir bahagia seperti dirute pertama dan kedua namun ternyata di rute ini tidak berakhir dengan bahagia karena ada satu pemeran yang akan menghilang di rute ini, di rute ini ceritanya seperti dipaksa. Pemeran yang tadinya menghilang kini berubah menjadi hewan (seperti reinkarnasi), padahal pemeran tersebut tidak mati dia hanya menghilang entah kemana, mulai dari sini kamu akan dibuat bingung karena ceritanya seperti dipaksa layaknya gajah yang ingin masuk ke kulkas. Ceritanya seperti berantakan tidak dijelaskan secara detail kenapa pemeran tersebut menjadi hewan.

Setelah kita dibuat bingung tiba-tiba cerita ini menjadi flashback saat Yukito dan misuzu saling bertemu, hanya saja pada kali ini berbeda sudut pandangnya, kita melihat kejadian ini dari sisi hewan, kejadian yang tidak ada di dalam episode 1 kini ditayangkan, Kita akan dibuat bingung kenapa ada dua pemeran penting yang masuk dalam cerita ini. Saya kira setelah rute terakhir berakhir jalan cerita anime ini sudah berakhir namun ternyata ada rute yang tidak kita duga, dalam anime ini seakan akan rute ini sebagai "kejutan" untuk kita. Bukan hanya itu saja ,ketika anime ini berakhir ada dua orang anak yang muncul tiba-tiba menjadi narator dan tahu segalanya tentang wanita bersayap, setelah naratornya berakhir jalan cerita ini pun juga berakhir. Kita tidak dijelaskan siapa kedua anak itu, anime ini langsung berakhir tanpa menjelaskan hal tersebut (mungkin tujuannya agar kita bisa menebak sendiri).

BGM

Pemasukan opening dalam anime ini bisa dikatakan lemayan karena menggabarkan wanita bersayap dan sebuah desa yang Yukito singgah, jadi kita dibuat nyaman sebelum memulai ceritanya. Setiap mengakhiri rute, anime ini memasukan beberapa musik agar kita lebih mendalami cerita yang disampaikan dalam anime ini, menurut saya musik-musik itu sangat pas sekali dengan ceritanya. Pemasukan musik untuk endingnya juga bisa dikatakan lemayan karena endingnya ini persis dengan pemasukan opening, menggambarkan wanita bersayap dan sebuah desa yang Yukito singgah.

Score Pribadi

6/10

Review

26 Februari 2015

Sebenarnya anime ini bagus untuk kita tonton hanya saja ketika di rute terakhir jalan ceritanya membuat kita bingung. selain itu ada rute yang tidak diduga masuk dalam anime ini akan tetapi karena rute "kejutan". anime ini menjadi bagus walaupun ceritanya sudah lepas dari tema "wanita bersayap". Di rute terakhir ini kita akan merasakan kasih sayang dari orang tua walaupun orang tua itu bukan orang tua kandung kita, sebagian orang yang menonton rute terakhir ini akan merasa sedih karena melihat perjuangan orang tua yang sedang merawat anak yang bukan anak kandungnya sendiri. Selain rute terakhir, ternyata ketika mengakhiri cerita anime ini ada dua orang anak yang tiba-tiba muncul dan menjadi narator anime ini. Dalam naratornya seakan akan anak itu tahu semua tentang wanita bersayap. Kedua anak tersebut menjadi kita semakin bingung dan bertanya-tanya.

Walaupun anime ini agak sedih namun jika dilihat dari sisi ceritanya menurut saya seperti berantakan. Bagi kamu yang ingin menonton ini sebaiknya kamu pahami baik-baik ketika sudah berada di rute Misuzu karena disitu ceritanya agak sedikit membingungkan, ketika menit-menit terakhir perhatikan baik-baik kedua anak yang sedang bernarator, coba kamu tebak kedua anak tersebut "siapakah mereka?" apa reinkarnasi dari Yukito? atau memang hanya pemeran yang numpang lewat saja, itu semua masih sebuah misteri.

Oke itu dia review dari saya, semoga review di atas menjadi referensi kamu yang ingin menonton anime Air ini.


Share this with short URL: Get Short URL
loading short url

Advertisement





Advertisement