Review Ping pong The Animation: Apa Kau Percaya dengan Pahlawan

Advertisement

Jarang sekali anime lovers Indonesia menonton dan meriview anime yang satu ini, mungkin mereka memang tidak tahu dengan anime satu ini atau mereka tidak ingin mereview anime ini karena ini adalah anime yang hampir masterpiece atau bisa juga memang mereka tidak ingin menontonnya karena permasalahan atwork yang jauh berbeda dengan artwork moe yang sekarang ini lagi booming. Pada kali ini saya ingin mencoba meriview anime ini, sebelum saya memulainya pertama-tama kamu harus tahu dahulu sinopsis dari anime ini.

Ulasan Ping pong the animation Indonesian

Sinopsis

Anime ini menceritakan teman masa kecilnya Yutaka Hoshino yang bernama Tsukimoto Makoto, seorang pendiam yang jarang berbicara dengan orang yang disekitarnya lebih ironisnya lagi dia jarang tersenyum, menangis, tertawa, dan marah dihadapan orang lain jadi dia ini seperti seorang robot, karena kelakuannya tersebut akhirnya Tsukimoto dipanggil dengan julukan "Smile". Yukata Hoshino panggilan akrabnya "Peco" adalah pemain tenis meja yang jago dalam hal menyerang, pelatih tenis di SMA-nya yang bernama Koizumi memiliki harapan tinggi untuk mereka berdua namun ketika Peco dicukur habis oleh siswa Cina yang bernama Weng kepribadiannya menjadi hancur dan tidak mempunyai harapan untuk bermain tenis lagi, akhirnya ia berhenti berlatih dan berhenti menjadi pemain tenis.". Anime ini diproduksi oleh studio Tatsunoko Productions dengan mendapatkan 11 episode.

Informasi

Type: TV
Total episode: 11
Status: Telah tayang
Tanggal: 11 April 2014 - 20 Juni 2014
Pengusaha film: Aniplex, Dentsu, FUNimation Entertainment, Tatsunoko Productions, Fuji TV
Genre: Sports, Seinen
Durasi: 23 menit/episode
Rating: PG-13
Score: 8.69 (Myanimelist)
Sutradara: Masaaki Yuasa

Screenshot


Review Ping pong the animation 'Apa kau percaya dengan pahlawan?' 
Review Ping pong the animation 'Apa kau percaya dengan pahlawan?'

Trailer


Karakter

Ada dua protagonist dalam anime ini.

  • Hoshino Yutaka (Peco) : Seorang anak yang jago dalam bermain tenis meja, cita-citanya ingin menjuarai pertandingan dunia.
  • Tsukimoto Makoto (Smile): Seorang anak yang tidak mempunyai masa depan, ia juga seorang pendiam, tidak bisa tersenyum, tidak bisa tertawa dan tidak bisa menangis. Anak ini percaya bahwa dirinya adalah robot seperti permainan yang dimainkannya, ia juga percaya bahwa ada seorang pahlawan yang akan menyelamatkan hidupnya.
Review Ping pong the animation - Smile & Peco

Awal cerita anime ini memperlihatkan kita kepribadian Smile yang tidak pernah tersenyum, marah dan juga bersedih di hadapan orang lain. Smile ini juga ternyata ahli dalam hal bermain tenis meja, ketika berlatih di klub SMA pelatih dari klubnya melihat potensi bermain tenis meja dia. Sementara itu, Peco orang yang mempunyai sifat nakal, aktif dan mempunyai moto "ingin menjuarai pertandingan dunia" jarang sekali berlatih di klub SMA-nya, ia lebih sering berlatih di tempat bibinya yang sejak kecil adalah tempat ia belajar main tenis meja. Smile yang sering berlatih di klubnya disuruh memanggil Peco karena Peco selama ini sering bolos latihan.

Berkat panggilan tersebut akhirnya Peco masuk dan berlatih di klub SMA bersama dengan Smile namun ketika masuk ia tidak mau berlatih dan berlari dengan teman-temannya ia lebih memilih ingin melihat dan menatang anak Cina dari SMA sebelah, karena penasaran Peco akhirnya menemui orang Cina tersebut dan mengajak Smile untuk melihat pertandingannya. Anak Cina ini bernama Weng, ia adalah seorang tenis meja profesional dari negrinya sendiri sejak kecil ia menjuari pertandingan antar daerah namun karena kesalahan sedikit yang ditimbulkan oleh Weng, ia dipindahkan oleh timnya ke negri sakura (Jepang) untuk berlatih dan memenangkan pertandingan antar SMA disana, jika Weng menang maka ia akan kembali ke Cina untuk bermain lagi disana.

Saat menjumpai Weng, awalnya Pico tidak menemukannya karena Weng sedang beristirahat, untuk menungguinya maka Pico berlatih bersama dengan Smile di SMA tempat Weng berlatih. Tidak lama kemudian akhirnya mereka bertemu dengan Weng namun ketika di ajak berduel Weng malah penasaran dengan kemampuannya Smile daripada Peco sebab gaya tenis meja Peco lebih sembrono dibandingkan dengan Smile, Weng mengajak Smile untuk berduel namun Peco tetap bersikeras untuk melawan Weng, akhirnya Weng bersedia untuk melawan Peco.Saat bertanding Weng membaca setiap gerakan Peco yang sembrono sedangkan di sisi Peco hanya ingin menunjukan kemampuan tenis meja nya yang selama ini ia latih. Ternyata kemampuan tenis meja Peco masih kalah dibandingkan dengan Weng, Peco dicukur habis dengan Weng dengan score 11-0 (Eleven-love). Peco merasa depresi, sedih, galau lalu akhirnya ia berniat ingin berhenti menjadi seorang pemain tenis meja sedangkan disisi lain, Smile yang juga teman karibnya Peco malah diikuti dan dibimbing oleh pelatih klub SMA-nya. Singkat cerita, nantinya mereka semua akan bertemu lagi di pertandingan antar SMA da Peco yang dirinya depresi ketika itu bangkit kembali berkat sebuah foto lama yang ia temui.


Ping pong the animation Apa kau percaya dengan pahlawan?

Tidak kebanyakan genre olahraga umumnya yang terlalu fokus dengan teknik dan kekuatan, Ping pong the animation ini tidak terlalu fokus dengan teknik dan kekuatan melainkan kepribadian karakter pemain tenis yang tidak menerima dengan kenyataannya masing-masing, disisi lain anime ini juga memperilahatkan tema olahraga tenis mejanya, sebab ini adalah anime yang mengisahkan tentang "olahraga Ping pong" jadi jika ditinggalkan begitu saja maka cerita ini ngambang dan terasa tidak jelas untuk orang yang suka dengan genre sports.

Cerita

Pada awalnya saya kira anime ini memperlihatkan kita tentang teknik dalam bermain, kekuatan dan bakat yang dialami seseorang namun ternyata dugaan saya salah, Ping pong the animation ini lebih berfokus dengan masalah kepribadian masing-masing karakter; ada yang kabur dari kenyataan, ada yang depresi berkepanjangan karena dia harus membangkitkan nama keluarganya yang selama ini terpuruk karena tidak terlalu terkenal, ada yang sedang menemukan jati dirinya, dan ada juga yang marah dan depresi karena dia dilemparkan begitu saja oleh tim tenisnya hanya karena dia menimbulkan masalah kecil saja. Dalam anime Ping pong the animation tidak ada yang namanya protagonist terlus berlanjut memenangkan pertandingan, semua di bagi rata ... mereka semua menang dan mereka semua juga kalah jadi jangan terlalu berharap kalau Peco dan Smile selalu benar dan menang dalam anime ini. Sisi karakter yang diperlihatkan bukan hanya ke dua protagonist saja, yakni Peco dan Smile ada juga 3 karakter bahkan 4 yang diperlihatkan dalam anime ini, masing-masing karakter tersebut sama halnya dengan protagonist yakni mempunyai masalah tersendiri, nantinya satu demi satu masalah tersebut akan diselesaikan secara perlahan dengan baik dan detail hanya dalam 11 episode saja, dan tentunya dalam 11 episode tersebut disisipkan pertandingan tenis meja. Persahabatan antara Peco dan Smile membuat kita terharu sampai meneteskan air mata, seorang anak yang sering dibully akhirnya bangkit dari terpurukan lalu ketika dewasa ia menjadi layaknya manusia pada umumnya,  semua itu karena adanya pahlawan yang ia percayai, "Siapakah pahlawan itu? Yups... pahlawan itu adalah sahabat kita yang selama ini mendukung kita". Singkat? yah.. benar benar singkat dengan 11 episode ini bisa memberikan kita motivasi untuk menjalankan hidup kita ini. Padat? yups benar benar padat, ceritanya tidak terperinci yang biasanya dilakukan oleh genre sports lain yang awalnya kalah pertandingan lalu akhirnya menang, Ping pong the animation ini tidak mempedulikan hal tersebut, menang yah menang kalah yah kalah begitulah anime ini disajikan, tidak ada yang ngambang dan gantung dalam cerita ini jadi jangan takut untuk menontonnya.

BGM

Dengan genre sports ini berarti opening harus bertemakan dengan lari, bermain dan yang berhubungan dengan ideal "Semangat dalam berolahraga" lalu harus diiringin dengan musik "Semangat 45". Dalam anime ini saya rasa cukup bagus untuk openingnya karena memenuhi kriteria yang saya sebutkan, kita dibuat semangat sebelum memulai ceritanya dan seakan akan mewakili semangat para karakter, disisi lain endingnya sendiri mewakili bahwa "Klub olahraga yang kita ikuti telah selesai", sama halnya dengan ping pong the animation endingnya sendiri berkata bahwa anime olahraga ini sudah berakhir.

Pemasukan musik saya rasa cukup untuk anime ini, karena ada beberapa yang menurut saya tidak pas untuk dimasukan tapi di akhir cerita ada pemasukan musik yang membuat saya terharu dengan tema persahabatan ini.

Sangat disayangkan dalam anime ini kita tidak diperlihatkan dasar-dasar bermain ping pong, kita jadi bingung kata-kata yang biasa dilontarkan dalam permainan tenis meja. Saya sarankan jika kamu ingin menonton Ping pong the animation ini, lebih baik kamu cari referensi terlebih dahulu dasar-dasar permainan tenis meja. Ada lagi yang perlu disayangkan animasi ini agak singkat ketika dalam pertandingan jadi kita agak penasaran dengan pertandingan yang sedang berlanjut. Saat memasuki klimaks anime ini malah di timeskip menjadi dewasa, memang timeskip ini agar kita tidak dibuat penasaran apa yang terjadi ketika dewasa nanti namun dengan adanya timeskip ini pertandingan klimaksnya jadi tidak seru.

Score pribadi

8.8/10

Review

16 Maret 2015

Oke, itulah review Ping pong the animation versi saya. Semoga dengan adanya review ini kamu bisa memikirkan kembali apakah ini anime yang ingin kamu tonton atau tidak.


Share this with short URL: Get Short URL
loading short url

Advertisement





Advertisement