Review Anime Sword Art Online: Terjebak di Dunia Game Mematikan

Advertisement

Saya ingin mencoba review salah satu anime yang sangat mainstream sampai-sampai adik saya sendiri mengetahui anime ini. Sebelumnya kita lihat terlebih dahulu bagaimana sinopsis dari anime ini. Tapi sebelumnya, ada sebuah video dari fan Sword Art Online yang mencoba untuk menirukan gaya opening Sword Art Online, silahkan simak di artikel Kreatif! opening Sword Art Online versi Lost Saga

Ulasan Sword Art Online season 1 Indonesia

Sinopsis

menceritakan seorang pemuda yang bernama Kirito, selama hidupnya ia tidak pernah bersosialisasi dengan masyrakat ia lebih baik mengurungkan diri bermain game daripada bermain bersama teman-temannya. Suatu hari ada sebuah game Virtual Reality Massively Multiplayer Role-Playing online (VRMMORPG) yang bernama Sword Art Online, game ini banyak sekali diminati oleh para gamers, karena dengan adanya game ini para gamers bisa menikmati "dunia game sebenarnya", tubuh mereka seakan-akan masuk ke dalam dunia game lalu bisa menggunakan seluruh anggota tubuhnya dengan pikirannya sendiri. Pada hari pertama dimana game ini diluncurkan ada sekian banyaknya player yang mencoba untuk bermain game ini, mereka mencoba pertama kali untuk menikmati "dunia game sebenarnya", di game itu mereka bisa berkomunikasi langsung satu sama lain, dapat mengandalkan tubuhnya untuk melawan para monster dan juga para bos monsternya, namun dihari yang sama ketika game itu diluncurkan tiba-tiba developer game itu meneror orang-orang dan mematikan fitur Logout (keluar) dari game. Orang-orang yang baru saja mencoba game VRMMORPG pertama kali telah terjebak selamanya di dunia game. Untuk bisa keluar dari game tersebut mereka harus mengalahkan para bos dan menaiki lantai hingga sampai lantai 100.

Informasi

Type: TV
Total episode: 25
Status: Telah tayang
Tanggal: 8 July 2012 - 23 Desember 2012
Pengusaha film: Aniplex, A-1 Pictures, Genco, DAX Production, Aniplex of America, ASCII Media Works
Genre: Action, Adventure, Fantasy, Game, Romance
Durasi: 23 menit/episode
Rating: R+ - Mild Nudity
Score: 8.08 (Myanimelist)
Sutradara: Tomohiko Itou
Situs resmi : ソードアート・オンライン

Screenshot


Review anime Sword Art Online 'Terjebak di dunia Game mematikan' - SAO kirito
Review anime Sword Art Online 'Terjebak di dunia Game mematikan' - SAO Asuna
Review anime Sword Art Online 'Terjebak di dunia Game mematikan' - ALO

Trailer



Arc Sword Art Online (SAO)

Aincard - Arc Sword Art Online
Arc Sword Art Online

Karakter

Ada 4 peran utama dalam anime arc Sword Art Online, masing masing karakter anime ini hanya terlihat dalam 1 - 3 episode saja (Bisa juga kita anggap dalam 1 rute saja).
  • Kirito = Protagonist dari anime ini yang merupakan seorang beta tester (Orang-orang yang telah bermain sebelum game ini diluncurkan, yaitu ketika sebuah game sedang di ujicoba untuk beberapa orang saja) dan juga merupakan seorang cheater. Selama di game Sword Art Online ia mendapatkan berbagai item dan skill langka yang belum pernah di dapatkan oleh pemain lain.
  • Asuna = Perempuan yang mempunyai sifat jutek, dan terlalu malu untuk mengungkapkan sesuatu. Saat orang-orang terjebak di dunia game awalnya ia tidak peduli dengan dunia asalnya, karena di dunia asalnya ia tidak terlalu bebas seperti ketika berada di dunia game. namun setelah bertemu Kirito hidupnya lebih berwarna, yang tadinya tidak ingin kembali sekarang menjadi ingin kembali ke dunia asalnya.
  • Silicia = Berwajah seperti anak kecil dan memiliki kehidupan yang ceria, ketika ingin mencapai tujuannya ia selalu gigih dan tidak pantang menyerah.
  • Lisbeth =  Jago dalam hal menimpa pedang dan alat perang lainnya. Perempuan ini tomboy jadi jika ingin mendekatinya harus berhati-hati sebab kalau tidak berhati-hati ia akan mudah marah, dan juga gampang cemburu. Terkadang dengan sifatnya itu ia menjadi lucu di mata orang lain.

Cerita

Pada episode pertama kita dijelaskan dengan singkat bagaimana terbentuknya virtual, siapa pembuat game virtual yang pertama, pada tahun berapa virtual ini dipublikasikan dan bagaimana cara memakainya, kita juga diperlihatkan dengan singkat MAP (jalan) dari game virtual dan cara bertarung dengan monster. Setelah kita diperkenalkan, munculah sang antagonis yang tiba-tiba muncul di kerumunan orang. Antagonis ini menjelaskan kepada orang-orang bahwa permainan yang mereka mainkan bukan sekedar permainan biasa, mereka tidak bisa logout (keluar) dari game jika mereka berusaha logout maka mereka akan mati dan jika HP bar darah mereka sudah habis maka tubuh dunia nyata mereka juga akan mati, jadi mereka akan mati layaknya manusia yang mati, cara agar mereka keluar dari game mereka harus ke lantai paling atas yakni lantai 100 jika berhasil maka mereka akan dikeluarkan dari game mematikan tersebut.
Dari awal anime ini dimulai kita langsung dibuat terkesan karena sang antagonis tiba-tiba langsung muncul dan meneror para pemain game Sword Art Online, hanya karena itu juga kita dibuat penasaran bagaimana dengan cerita selanjutnya. Pada epsiode selanjutnya kita dibuat terkesan lagi, ada karakter baru muncul dan banyak orang berkumpul untuk mengalahkan Bos lantai pertama. Perang, kerja sama, dan strategi dimunculkan disini rasanya diri kita ikut bersemangat untuk melawan para Bos lantai tersebut.Ternyata baru di episode 3 anime ini menunjukan jalan cerita yang menurun, ceritanya di lompat-lompat seperti ada yang kurang dan janggal dalam cerita ini.
Anime ini dibumbui sedikit harem, ada 1 pria yang dikelilingi banyak perempuan jadi untuk menunjukan cerita haremnya sang pratognist harus melewati rute satu per satu untuk menyelesaikan masalah pada masing-masing karakter perempuan. Rute yang pertama adalah Shaci diikuti oleh Silicia, Lizbeth dan akhirnya Asuna, rute-rute tersebut diselesaikan dalam 1 - 2 episode, dari salah satu rute yang diambil protagonist ada sedikit kejadian yang bisa kita ambil petik dalam rute tersebut.
Asuna X Kirito - Arc Sword Art Online
Asuna X Kirito - Arc Sword Art Online

Setelah rute-rute tersebut selesai kita berfokus lagi terhadap bos lantai, untuk mengalahkan bos lantai protagonist harus bergabung dengan guild, Asuna menyarankan Kirito untuk bergabung di guildnya namun Kirito menolaknya, ada alasan Kirito menolaknya jadi ia lebih memilih Solo player (Orang yang bermain sendiri) ketimbang dengan bergabung sebuah grup. Seiring berjalannya waktu Kirito bergabung dengan guild Asuna, disini banyak sekali pertualang antara Kritio dengan Asuna. Banyak sekali masalah yang akan diselesaikan oleh kirito dalam pertualangannya seperti pembunuhan, memanipulasi dan mencari antagonist yang sudah memenjarakan orang orang di dalam game Sword Art Online. Pertualangan ini membuahkan hasil yang pertama adalah romansa unik diantara kirito dan Asuna, mulai dari saling menolong, saling membeci hingga akhirnya tinggal bersama. Untuk yang kedua adalah kita ditunjukan wajah antagonist yang sebenarnya, kirito menemukan kedok aslinya antagonist dan mengajak pertarungan one by one '1 vs 1'. Dalam arc Sword Art Online ini yang sangat disayangkan adalah ketika berada di puncak akhir cerita, ceritanya mulai memaksa seakan akan kita dibuat terkesan karena ada keajaiban yang datang pada protagonist tapi ternyata sebagian orang yang menonton ini menganggap itu biasa saja. Lantai yang ditempuh kirito dan teman temannya tidak sampai lantai 100, ini juga membuat kita merasa kecewa dengan cerita pada arc ini, jadi seakan akan terror yang sebelumnya antagonist bilang hanya sebagai omongan belaka. Mulai dari sini banyak sekali orang yang kecewa dan sebagian orang mulai membecinya.

BGM

Opening yang disajikan dalam arc Sword Art Online ini sangat pas dengan tema ceritanya, kamu akan dibuat semangat sebelum memulai cerita anime ini sedangkan untuk endingnya kita akan dibuat rada sedih karena ending yang dibawakan anime ini bertema melow. Endingnya sangat pas untuk mengakhiri setiap per episodenya di endingnya ini kita dibuat sedih karena melihat perjuangannya protagonist untuk bisa keluar dari game mematikan tersebut. Pemasukan musik dalam bertarung, memecahkan misteri dan ketika sedang berduaan dengan heroin sangat pas sekali, kita akan dibuat tersentuh, sedih, senang dan seakan akan kita juga terjebak dalam game yang tidak bisa logout lalu mencari cara agar keluar dari game mematikan tersebut. Kenyamanan, ketegangan dan kesedihan yang dirasakan dalam arc ini cukup bagus.
Catatan kecil untuk Sword Art Online (SAO)
Sangat disayangkan cerita dalam arc ini lompat-lompat seperti kodok yang tak tahu kemana arah tujuannya, kita akan dibuat sedikit kecewa dengan ceritanya, tapi jika kamu nonton sampai habis tak terasa cerita ini cukup menyenangkan dipikiran kita. Seandainya saja cerita ini sampai lantai 100 saya yakin pasti lebih banyak penggemar Sword Art Online setelah menonton arc ini. Opening/Ending sangat bagus sekali, sampai-sampai saya jadi fans dengan lagu lagu penyanyi yang membawakan Opening/Ending Sword Art Online ini.

Arc Alfheim online (ALO)


Arc Alfheim Online
Arc ini lanjutan dari Arc Sword Art Online. Cerita ini berkofus pada heroin yang terperangkap di sebuah game karena ulah antagonis yang baru, untuk menyelamatkannya banyak cara yang akan dijalankan oleh pratagonist. Di arc ini banyak sekali karakter baru yang bermunculan mulai dari saudari Protagonist yang ternyata adalah seorang gamers, Ketua dari berbagai clan game Alfheim online, musuh baru di Alfheim Online hingga akhirnya sang antagonist yang baru.

Cerita

Pada episode pertama kita diperlihatkan bagaimana kehidupan sehari harinya protagnist lalu bagaimana langkah selanjutnya pemerintah setelah game SAO hancur. Pertama, kita memang dibuat nyaman dan dibuat lebih mengerti apa yang akan terjadi setelah game SAO ini hancur, setelah kita dibuat nyaman tiba tiba kita akan dikejutkan dengan munculnya kejadian yang mirip dengan game Sword Art Online hanya saja kejadian ini disebabkan oleh antagonist yang menyukai heroin, nanti teman Kirito dari game SAO akan menjelaskan kepada kita secara detail bahwa sebagian para player yang keluar dari game Sword Art Online di tranfer ke game lainnya, dari sekian banyaknya player yang di transfer ke game Alfhehim Online ada satu player yang mirip dengan heroin kita, karena penasaran Kirito mencari tahu "siapa identitas dari orang itu".
Detik per detik jam per jam dan hari per hari pun terlewati akhirnya Kirito mengetahui bahwa player yang diduga duga mirip Asuna itu ternyata benar benar dia, setelah mengetahuinya Kirito masuk ke dunia game sekali lagi untuk menyalamatkan si heroin ini. Banyak kejadian yang tidak terduga ketika dalam perjalanan si protagonist ini, seperti melawan clan satu dengan clan yang lainnya, melawan monster di game ALO hingga akhirnya melawan antagonist dalam arc ini.
Asuna terkurung di sangkar burung - Sword Art Online
Asuna terkurung di sangkar burung
Pada ALO ini tema ceritanya tetap "Terperangkap" namun yang terperangkap itu cuma sebagian player Sword Art Online, Kirito dan player Alfheim online lainnya bisa logout seperti layaknya game yang kita mainkan, jadi ciri khas game online masih didapatkan disini. Pada arc ini berbeda dengan sword art online karena cerita dalam arc ini tidak dibuat lompat lompat jadi kita dibuat nyaman dengan ceritanya. Pada arc ALO ini memang ceritanya agak sedikit ngawur karena yang tadinya berfokus keluar dari game sekarang ini malah berfokus kepada heroin saja. "POKOKNYA AKU HARUS MENYELAMATKAN DIA...!!" jadi kita sudah bisa memprediksikan bagaimana endingnya nanti.

BGM

Opening yang disajikan arc ini menggambarkan bahwa asuna terperangkap di dunia game yang baru saja dibuat, sedangkan untuk endingnya sendiri kita dibuat rasa kerinduan seorang adik yang sedang merindukan kakaknya karena terjebak didunia game. Pemasukan musik dalam arc ini lebih bagus daripada arc sebelumnya.
Catatan kecil untuk Alfehim online (ALO)
Opening/Ending dalam arc ini sama seperti sebelumnya sangat bagus sekali sampai sampai saya ngefans sama penyanyinya, untuk arc ini memang kita dibuat enjoy dibandingkan dengan arc sebelumnya, tapi di arc ini yang perlu disayangkan adalah ketika Kirito melawan antagonist, seakan akan Kirito itu sang dewa yang turun dari langit. Romansa pada arc ini lebih di tekankan daripada sebelumnya, saya saja sampai terharu bela balin masuk ke game lagi untuk menyelamatkan perempuan yang dulunya kita kenal di game mematikan.
Cerita dalam season 1 ini bagus sekali biarpun jalan ceritanya dibuat lompat lompat kita dibuat tidak 'tahu' dengan lompatan tersebut, mungkin karena jalan cerita anime ini adalah "terperangkap" di game, berarti mau tidak mau protagonist harus menakhlukan game tersebut untuk keluar dari "kurungan". Ketika pergantian Arc sangat disayangkan sekali, tadinya berfokus keluar dari game kini berfokus kepada heroin saja namun untuk tema "kurungan" yang ada di SAO belum dihilangkan, karena ada sebagian orang yang masih terperangkap di dunia game yang baru saja dibuat oleh salah satu perusahaan ternama.
Ketika mengakhiri Arc anime ini seperti dibuat paksa, Protagonist dibuat kalah lalu akhirnya ia dapat keajaiban yang luar biasa seakan akan kita dibuat merinding karena kegigihan protagonist yang pantang menyerah ketika melawan antagonist namun ternyata keajaiban yang didapatkan protagonist itu keajaiban yang sangat curang sekali, dengan bantuan hak akses 'seseorang' protagonist dapat mengalahkan antagonist. Mungkin karena hal itu banyak orang yang menjadi heaters dan benci dengan Kirito. Di grup anime lovers sendiri Sword Art Online saja dibuat kata Sword Art Online mantaf anjeng entah kenapa orang orang itu membuatnya mungkin karena benci atau karena sebal dengan anime yang satu ini.

Score pribadi

7.2/10

Review

2 Maret 2015
Asuna X Kirito kiss - Sword Art Online
Asuna X Kirito kiss

Saran untuk menonton anime Sword Art Online
Untuk menonton ini saya sarankan kamu mengetahui arti-arti dasar dari pemain game, seperti "apa itu beta tester?", "apa itu Cheater?", "apa itu GM?" dan apa itu "Skill dalam bermain game?", silahkan kamu cari di google arti-arti kata tersebut.
Anime ini ada romansa dan action yang menarik jadi jika misalkan kamu suka romance/action tidak salahnya mencoba anime ini karena selain ada action, anime ini juga menyajikan romance yang begitu unik.
Anime yang diadaptasi dari light novel memang sulit di press (disatukan) menjadi cerita yang nyaman dan mudah dipahami oleh penonton, alasan cerita sword art online di lompat lompat karena anime ini hanya mendapatkan 24 episode kalau saja anime ini mendapatkan sekitar 50 episode saya yakin cerita Sword Art Online tidak akan dilompat-lompat sepert ini, yah... mau bagaimana lagi itu kan terserah dengan studio yang mengadaptasi anime ini.
Agar kamu tidak bingung atau masih ada yang janggal dalam cerita anime Sword Art Online ini sebaiknya kamu baca Light novel nya, di Light novel sendiri ceritanya diperjelas dengan sangat detail saya saja sampai baca light novelnya. Misalnya kamu tidak tahu dimana ingin membaca light novel dari SAO ini ketik di google dengan kata "baka-tsuki" disana sudah tersedia bahasa indonesia nya.
Selanjutnya :  Review Sword Art online II 'Berlanjutnya pertualangan Kirito dan Asuna'
Oke, itulah review dari saya baru kali ini saya mereview dengan kata kata yang sangat panjang sekali, semoga dengan adanya review ini bisa menjadi referensi kamu untuk menonton anime ini. Anime Sword Art Online ini berfokus pada game online jadi cocok untuk seorang gamers.

Share this with short URL: Get Short URL
loading short url

Advertisement





Advertisement