Review Anime Perfect Blue: Apa ini Benar-Benar Aku

Advertisement

Udah lama saya tidak mereview anime yang saya tonton, mungkin karena gak ada waktu atau mungkin karena males, tapi karena kedua alasan itu adalah alasan yang sering digunakan oleh orang-orang jadi saya akan memilih alasan lain, yaitu "Kuota aku tidak ada untuk memposting review ini ...!!!".

Bberapa waktu lalu saya menonton anime Perfect Blue buatan (Alm.)Satoshi Kon, anime ini sangat bagus dan wajib ditonton oleh para pecinta idol grup yang sekarang ini sedang booming-boomingnya di tanah air.

Berbicara tentang (Alm.)Satoshi Kon, beliau ini adalah salah satu direktur yang sangat greget dan ahli sekali dalam penyampaian cerita yang bertemakan psychology (psikologi), jika kamu sedang menyukai anime dengan genre Pyscological cobalah tonton anime beliau (Lebih lengkapnya silahkan cek wikipedia).

Mima Perfect Blue - Review anime movie Perfect Blue "Apa ini benar-benar aku?"
Mima Perfect Blue- Source : zerochan.net/user/minigorbi

Perfect Blue adalah salah satu anime beliau, anime ini sangat mengesankan dan cocok sekali ditonton untuk orang yang sedang ragu dengan jalannya sendiri. Di sini melibatkan salah satu karakter yang nge-fans berat sama portagonist.

Bagi fans idol grup, penyanyi dalam sebuah grup idol adalah segalanya mereka akan mendedikasikan dirinya untuk melakukan apapun untuk mensupport idol grupnya agar idol grup yang didedikasikannya terus bangkit dan tampil yang lebih baik daripada sebelumnya.

Namun jika ada salah satu penyanyi dalam idol grup keluar otomatis mereka akan sedih dan bisa juga mencaci maki penyanyi tersebut bahwa penyanyi itu tidak setia dengan grup idolnya.

Jika dipandang dengan orang lain orang itu dinamakan wota yang bisa disebut juga orang yang tergila-gila, hobi banget dan terlalu "wah" dengan idol grup. Menurut orang-orang, wota itu mirip seperti Otaku jika seandainya Otaku lebih freak ke anime sedangkan Wota lebih freak ke idol grup.

Anime Perfect Blue ini lebih menekankan mental seorang idol grup yang ingin mengubah profesinya menjadi seorang artis perfilm-an, banyak sekali tekanan yang ia dapatkan mulai dari "ragu" hingga sampai "salah" memilih jalannya sendiri.

Ulasan Perfect Blue Indonesia

Sinopsis

Kirigoe Mima adalah perempuan yang ingin bernyanyi untuk semua orang, ia memasukan dirinya kedalam grup idol yang bernama CHAM! namun tiba suatu saat ia mengakhiri karirnya dan berganti profesi menjadi seorang artis perfilm-an.

Para fans berat Mima yang mendengar keputusan itu merasa kecewa dan shock terhadap Mima, ada salah satu penguntit yang sangat ingin Mima kembali dengan idol grupnya, penguntit ini mengirim FAX, membuat diary di internet, dan juga meneror orang-orang yang telah mengubah Mima menjadi seorang artis.

Informasi

Type: Movie
Total episode: 1
Status: Telah tayang
Tanggal: 28 February 1998
Pengusaha film: Madhouse
Genre: Dementia, Drama, Horror, Psychological
Durasi: 1 jam. 20 menit
Rating: R+ - Mild Nudity
Score: 8.15 (Myanimelist)
Sutradara: Satoshi Kon

Screenshot


Review anime movie Perfect Blue "Apa ini benar-benar aku?"
Review anime movie Perfect Blue "Apa ini benar-benar aku?"
Review anime movie Perfect Blue "Apa ini benar-benar aku?"

Trailer



Review pada kali ini bukan berdasarkan novel atau apapun yang menjadi bahan referensi anime ini, jadi saya mereview berdasarkan cerita yang terdapat dalam anime ini.



Review anime Perfect Blue "Apa ini benar-benar aku?"

Karakter

Protagonistnya cuma satu yaitu,

  • Kirigoe Mima : seorang penyanyi idol grup yang sedang menjelit dan sangat banyak fansnya.

Awal cerita bermula pada protagonist yang sedang menyanyi di panggung bersama dengan idol grupnya, kita diperlihatkan bagaimana Mima Kirigoe ini telah memuncak karirnya di dunia idol grup, banyak sekali fans idol grup yang setia dan salut dengan para penyanyi idol grup ini.

Suatu hari Mima diajak oleh agennya Tadakoro dan Rumi untuk memerankan sebuah direct-to-video (seperti iklan atau apalah gitu). Menurut Tadokoro peran Mima sangat bagus sekali, ia ingin Mima dibuat menjadi artis perfilm-an dibandingkan dengan penyanyi idol grup, Rumi yang seorang teman dekat Mima menentang hal tersebut ia ingin Mima tetap di dunia idol grup karena Mima ingin menjadi seorang penyanyi.

Mima yang ketika itu harus membuat keputusan akhirnya ia memutuskan untuk mencoba menjadi artis perfilm-an. Disinilah cerita yang sebenarnya akan terjadi ....

Cerita

Ceritanya tidak mondar-mandir (Maksudnya flashback), lurus kedepan seperti kereta saja, sangat bagus sekali untuk genre di Pyscological ini. Kita diperlihatkan banyak tekanan yang dialami protagonist (Mima) untuk mengubah karirnya menjadi seorang artis perfilm-an.

Banyak tekanan yang dialami Mima ketika sedang memulai di dunia perfilm-an, seperti fans berat Mima yang dulunya senang ia menjadi seorang idol grup kini ada sebagian fans yang membecinya karena Mima mengubah profesinya menjadi seorang artis.

Agen idol grup Mima yang sebelumnya support terhadap Mima kini bersikeras terhadapnya untuk mengikuti dunia perfilm'an, ada adegan film yang sangat sensual sekali dan adegan itu tidak sesuai apa yang dibayangkan Mima, lalu ada penguntit yang terus menerornya, dan ada banyak orang yang disekeliling Mima terkena masalah karena penguntit tersebut.

Karena beberapa tekanan tersebut, pikirannya menjadi hilang kendali dan tidak bisa membedakan mana yang realitas dan mana yang mimpi. Ini membuat para penonton (kita) menjadi berpikir keras dan merasakan tekanan batin yang dialami Mima.

Saat mimpi dan realitas bercampur aduk Mima bertanya-tanya, "Apa ini benar-benar aku? apa ini jalan yang sebenarnya aku pilih?", pertanyaan-pertanyaan tersebut membuat para penonton (kita) penasaran dan berpikir bagaimana cara mengakhiri cerita anime ini, "Apakah ia akan kembali menjadi seorang idol grup atau tetap menjadi seorang artis?". Saat mengakhiri cerita akhirnya protagonist anime ini tidak salah memilih jalan dan mejawab "Ya, ini benar-benar aku".

BGM

Banyak sekali adegan kekerasan, seksualitas, yang cukup membuat hati kita dag dig dug dan cukup gore, nah ... pemasukan musiknya seakan-akan kita dibawa kedalam hal tersebut

Sangat disayangkan anime ini sudah sangat dibilang masterpice namun ada beberapa kekurangan yang menurut saya pribadi kurang pada saat mengakhiri ceritanya.

Apa yang kurang? (dari sudut pandang saya pribadi) dalam mengakhiri ceritanya ada dua karakter yang saling "bertengkar" satu sama lain dan pertengkaran itu membuat salah satu karakter berdarah sangat parah, namun apa yang terjadi di akhir cerita? yang terjadi dia tetap hidup di akhir cerita.

Catatan - Cerita dalam anime ini agak berat dipandang untuk orang yang belum pernah menonton anime pyschological, selain itu ada sedikit kejadian yang humor yang membuat kita tersenyum (Ini tidak bisa dibilang humor karena jaman sekarang berbeda dengan jaman tahun 90'an). Cerita anime ini sangat seksualitas, dan banyak kekerasan yang terjadi, Oh iya ... satu lagi nih, untuk wota atau penggemar idol siapkan mentalmu untuk melihat anime ini dan rasakan sensai kehidupana fans berat yang telah melihat idolanya di idol grup selama ini namun tiba-tiba ia keluar dari idol grup.

Score pribadi

9.5/10


Review

24 April 2015

Salah satu masterpice yang pernah saya tonton selain Monster, Shinsekai Yori dan juga Tengen Toppa Gurren Laggan, nantikan review saya berikutnya. Mohon maaf jika ada salah kata dalam tulisan review saya di atas, semoga saja ini menjadi bahan referensi kamu apakah ingin menontonnya atau tidak.

Akhir kalimat saya yang membuat terinspirasi dari anime adalah ...
"Tidak semua artis hidupnya mewah ada juga yang penuh tekanan ketika sedang beralih ke profesi" jadi jangan menggap bahwa jadi artis itu enak, mereka juga pernah merasakan tekanan yang mendalam ketika sedang menjalan sebuah program televisi, masih banyak lagi yang bisa dijadikan referensi dalam anime ini tapi itu saja menurut saya yang cukup di perhatikan :D


Share this with short URL: Get Short URL
loading short url

Advertisement





Advertisement