Review Shigatsu Wa Kimi no Uso: April Fool Feels

Advertisement

Beberapa hari ini banyak anime lovers sedang membicarakan tentang anime Shigatsu no kimi no uso. Katanya 'kebohongan di bulan april', rata-rata yang mendengar kata Shigatsu mereka membayangkan kejadian yang tidak terduga pada heroin anime ini, namun kebanyakan orang yang sudah menonton ini menolak kata-kata tersebut sebab jalan cerita anime ini ngawur dan tidak jelas inti pokok ceritanya kemana. Banyak yang beranggapan bahwa jaman sekarang sudah berbeda dengan yang jaman dulu karena jaman sekarang itu banyak yang meng-hype anime tidak jelas sedangkan dulu anime yang ceritanya benar benar masterpiece tidak di Hype kebanyakan orang, mereka malah mendiskusikan dan mereview letak kehebatan dan letak kesalahan pada suatu anime, itulah bedanya antara kualitas dan kuantitas. Orang-orang sekarang memang lebih mementingkan kuantitas dahulu dibandingkan kualitas pada suatu anime sedangkan dulu walaupun kuantitasnya rendah yang terpenting adalah kualitas pada suatu anime maksudnya gini, suatu anime yang sudah populer dan banyak diskusikan pasti orang-orang akan menontonnya tanpa melihat sinopsis, dan review orang yang sudah menontonnya sedangkan dulu kebalikannya anime tidak banyak diskusikan dan tidak populer yang terpenting adalah sinopsis, review orang yang sudah menontonnya, jadi saya sarankan jika ingin menonton anime jangan mudah terpancing dengan kata-kata orang, bacalah review-review dari orang-orang yang sudah menonton anime ini agar bisa menjadi referensi kamu untuk tidak menyesal dikemudian nanti. Untuk tidak tersesat dijalan, kali ini saya akan mencoba mereview anime yang sangat di Hype oleh kebanyakan orang, yakni Shigatsu no kimi no uso. Dilihat dari sinopsisnya anime ini lebih difokuskan terhadap musik klasik jadi cocok untuk kamu yang suka dengan musik klasik. Berikut ini sinopsisnya.

Ulasan Shigatsu wa kimi no uso Indonesia

Sinopsis

Menceritakan seorang pemuda yang bernama Arima, sejak kecil Arima sudah di didik oleh ibunya untuk menjadi pewaris pianist professional seperti ibunya namun suatu hari ibunya jatuh sakit, untuk menyemangati ibunya supaya cepat sembuh Arima harus mendapatkan peringkat satu setiap ada kompetisi pianist. Tiba-tiba ibunya meninggal dunia, tapi Arima tetap tegar untuk melanjutkan kompetisi yang sudah diikutinya namun ketika sedang memainkan pianonya tiba-tiba pendengarannya terganggu, ia tidak bisa lagi mendegar suara piano yang sedang dimainkannya. Dua tahun sudah berlalu, dengan mengalami syok berat Arima tidak mampu memegang piano dan hanya mendengarkan pemain pianist yang sangat profesional di HPnya. Suatu hari, seorang gadis mengubah segalanya. Miyazono Kaori adalah seorang violin yang cantik membantu Arima kembali ke dunia musik dimana ia harus tinggal di dunia musisi.

Informasi

Type: TV
Total episode: 24
Status: Telah tayang
Tanggal: 10 Oktober 2014 - 20 Maret 2015
Pengusaha film: Aniplex, Dentsu, A-1 Pictures, Kodansha, Fuji TV, Aniplex of America
Genre: Drama, Music, Romance, School, Shounen
Durasi: 22 menit/episode
Rating: PG - 13
Score: 8.93 (Myanimelist)
Sutradara : Kyōhei Ishiguro
Situs resmi : TVアニメ「四月は君の嘘」オフィシャルサイト

Screenshot


Review anime Shigatsu wa kimi no uso 'April Fool feels'

Review anime Shigatsu wa kimi no uso 'April Fool feels'

Review anime Shigatsu wa kimi no uso 'April Fool feels'

Trailer



Karakter

Ada 4 protagonist dalam anime ini, yakni
  • Arima = Pianist profesional yang mempunyai bakat sejak kecil.
  • Kaori =  Pemain violin yang cantik dan sangat energik
  • Tsubaki = Teman masa kecilnya Arima yang juga merupakan seorang kakak Arima
  • Ryouta = Teman masa kecilnya Arima yang banyak disukai para perempuan

Arima X Kaori - Review anime Shigatsu wa kimi no uso April Fool feels

Awal cerita kita diyakinkan bahwa Arima itu seorang profesional dan mempunyai bakat sejak kecil namun karena kejadian yang tidak terduga ia mengalami syok berat dan sampai akhirnya ia tidak bisa mendengar suara piano yang dimainkannya. Dua tahun sudah berlalu, ia sudah SMP ditemani dengan Tsubaki dan Ryouta yang juga merupakan teman masa kecilnya. Hari demi hari mereka lewati bersama tanpa ada masalah sekalipun namun suatu hari ketika mereka pulang bersama Tsubaki memberitahu kepada Arima bahwa dunia yang sedang dialami Arima adalah dunia tanpa warna karena Arima tidak tahu kemana masa depannya, ia berhenti menjadi pemain piano tapi ia menyukai lagu/suara piano yang sedang dimainkan oleh orang lain, itu sama saja dengan samar-samar. Suatu hari munculah perempuan violin yang cantik bernama Kaori, dengan kehadiran perempuan tersebut kehidupan Arima lebih menjadi bewarna. Tiap kali ada kompetisi yang berkaitan dengan piano dan biola pasti Arima akan diseret ole Kaori. "Pokoknya harus ikut apapun alasan yang kau ucapkan!!!".

Cerita

Awalnya saya kira anime ini hanya menceritakan romantis antara protagonist dengan heroin karena saat di awal-awal kita diperlihatkan bagaimana terjadinya kisah romantis "Triangle love" antara sahabat. Lamban kian waktu akhirnya muncul juga inti cerita anime ini, kita diperlihatkan bagaimana cara seorang protagonist kembali kedunia musisinya dengan bantuan sang heroin. Belajar dari awal, berkompetisi dari awal itulah yang kita rasakan dalam anime ini. Pengembangan karakternya cukup bagus pada protagonist ini, dari yang syok berat hingga bisa melupakan dan bermain piano lagi. Banyak sekali kejadian yang tidak terduga pada sang protagonist, kejadian-kejadian tersebut menimbulkan rasa kesedihan didalam hati kita karena menjadi seorang profesional pianist itu tidak segampang yang kita bayangkan (Jangan melihat buku dari sampulnya). Seiring berjalannya waktu cerita "menjadi seorang pianist" hilang seketika kita diahlikan ke cerita romansa para sahabat dan tentunya difokuskan ke heroin. Tidak diperlihatkan bagaimana pengembangan dari masing-masing karakter, cuma sebentar dan itu kurang ditangkap bagi para penonton. Cerita terasa hambar di tengah jalan ..., tadinya kita diperlihatkan bagaimana menjadi seorang pianist dan violin lalu sampai akhirnya ceritanya berubah menjadi sebuah "kebohongan" yang dijalankan pada sang heroin.

BGM 

Musiknya sangat bagus sekali menyiratkan bagaimana jika kita hidup seperti Arima dan Kaori, sangat cocok sekali untuk drama musik klasik seperti ini.
Sudah saya katakan sebelumnya ..., ceritanya mulai hambar di tengah jalan. Awalnya kita sudah bersemangat, bersedih dan juga merasakan bagaimana kerasnya menjadi seorang musisi, walaupun orang menghujat kita, kita harus tetap tegar dan fokus dengan permainan musik yang akan kita bawakan, Suka duka tetap saja kita membawakan permainan kita dan kita masukan perasaan kita ke dalam permainan musik yang akan kita mainkan tujuannya agar penonton juga merasakan bagaimana perasaan kita ketika kita sedang memainkan musik di panggung yang besar, namun seiring berjalannya waktu tiba-tiba perasaan tersebut hilang karena cerita balik lagi ke awal cerita tentang "Kebohangan dan Triangle love" yang dijalakan oleh semua karakter anime ini. Penyelesaian cerita anime ini seperti terburu-buru dari yang tadinya seorang musisi yang penuh romansa hingga akhirnya menjadi sebuah cerita "penyakit" yang diderita oleh sang heroin.
Arima X Kaori - Review anime Shigatsu wa kimi no uso April Fool feels

Apa yang membuat anime Shigatsu wa kimi no uso di Hype oleh banyak orang? Karena jarang sekali ada anime yang bergenre romance mendapatkan sad ending seperti ini, ada salah satu karakter yang hilang begitu saja dalam akhir cerita anime Shigatsu wa kimi no uso. Apa yang membuat banyak orang membeci anime ini? ceritanya hambar dan mondar mandir seperti laler yang sedang berada di tong sampah. Kurang lebih begini cerita yang sudah saya simpulkan,
Seharusnya fokus dengan musisi lalu disisipkan sedikit-sedikit cerita penuh romansa diantara kedua musisi tersebut sedangkan di anime Shigatsu wa kimi no uso, heroin (musisi) hanya numpang lewat dan bermain musiknya cuma sebentar saja lalu kian waktu ia memberikan semangat hidup protagonist untuk kembali kedunia dimana ia berasal dan setelah itu heroinnya hilang begitu saja dan di akhir cerita muncul lagi cerita tentang heroin -_- (Samar-samar seperti mempunyai pilihan antara selingkuh atau diselingkuhin sama pacar). Cara penyampaian untuk mendemostrasikan musik klasiknya kurang bagus karena kita tidak merasakan "betapa indahnya musik klasik itu" yang kita rasakan hanya drama romansa diantara para karakter anime ini.
  • Point bagus
    • Kita bisa merasakan drama romantis dari masing-masing karakter
    • Kita bisa merasakan betapa susahnya menjadi seorang pianist
    • Bisa merasakan bagaimana sedihnya menjadi seorang protagonist seperti Arima
  • Point jelek
    • Tidak merasakan bagaimana indahnya mendengar musik klasik itu
    • Tidak merasakan romansa musik yang dialami pada kedua musisi di anime ini
    • Saat hampir menyelesaikan ceritanya anime ini sedikit terburu-buru
    • Ceritanya mondar mandir ketika di pertehangan cerita

Score pribadi

7/10

Di Review pada tanggal

2 april 2015

Kurang lebih begitulah review dari saya mohon maaf jika ada kesalahan kata dalam merieview kali ini.

Share this with short URL: Get Short URL
loading short url

Advertisement





Advertisement