Penjelasan Episode Filler dan Canon Pada Anime

Advertisement

Mungkin ada teman-teman anime lovers yang sering heran dan bertanya-tanya tentang adanya episode Filler pada suatu anime, biasanya episode filler ini dimasukan pada anime shounen ternama seperti One Piece, Bleach dan Naruto.

Banyak sekali fans yang membeci episode filler, mungkin karena episode filler ceritanya agak membosankan, dan ceritanya berbeda dengan episode sebelumnya, namun ada juga beberapa fans yang menyukai dan mengikuti episode filler.

Untuk orang yang baru saja mengikuti anime shounen ternama seperti One piece, Naruto dan Bleach pastinya mereka tidak tahu menahu apa itu episode filler dan apa itu episode conan.

Memang episode filler ini terkadang ada yang nyambung sedikit dengan episode sebelumnya, tapi ada juga episode filler yang alur ceritanya entah kemana sampai kita bosan melihatnya, contohnya saja Naruto, banyak sekali episode filer yang dimasukan dalam anime Naruto, para fans Naruto mengira bahwa 45% dari 100% adalah episode filler.

Sampai saat ini artikel dibuat ada banyak episode filler yang dimasukan dalam Naruto, karena kebanyakan untuk sementara saya tidak menonton anime Naruto.

Ichigo, Naruto, Goku, Luffy, Gon (Bleach, Naruto, Dragon ball, One piece, Hunter X Hunter)

Berikut ini penjelasan antara episode Filler dan Episode Canon :

Episode filler

Episode Filler (non-canon) adalah episode tambahan atau episode pengisi yang ada pada suatu anime, episode ini tidak mengikuti alur cerita manga melainkan berdiri sendiri, intinya episode filler itu berbeda dengan cerita asli yang ada di manga.


Episode filler bertujuan untuk menjaga kesenjangan jarak antara anime dan manga, episode filler ini juga untuk menghindari terjadinya balapan, maksudnya, cerita di anime tidak mendahului alur cerita di manganya.


Alur cerita pada episode filler ini ditulis oleh studio yang menggarap sebuah anime, namun ada juga beberapa episode filler yang ditulis langsung oleh mangaka itu sendiri (seniman manga).

Ciri-ciri episode filler :
  • Alur ceritanya berbeda dengan alur cerita di manga. Walaupun ada episode filler yang ceritanya agak mirip seperti di manga, di akhir cerita akan terlihat berbeda.
  • Biasanya ada karakter baru yang hanya muncul pada episode filler.
  • Biasanya ada cerita flashback yang tidak ada di manga.

Episode Canon

Episode Canon adalah episode dengan alur cerita yang mengikuti cerita asli dari manga itu sendiri, jadi pada intinya episode Canon ini alur ceritanya mengikuti alur dari mangaka itu sendiri.

Begitulah penjelasan saya yang singkat ini, jika ada yang mau ditanyakan silahkan komentar di artikel ini, insyallah saya akan menjawab secepatnya


Share this with short URL: Get Short URL
loading short url

Advertisement





Advertisement