Ada Kartu Donor Organ Seperti Angel Beats

Advertisement

Beberapa waktu lalu ketika sedang jalan-jalan di Google mengenai transplantasi organ, saya menemukan ada sebuah diskusi tentang keberadaan website yang dapat mendonorkan organ kita ke orang lain.

Website ini adalah sebuah organisasi dari Jepang yang tujuannya untuk mentrasplantasikan organ dari orang yang otaknya sudah mati ke orang yang sedang membutuhkan organ. Berbicara soal donor organ yang otaknya sudah mati, kita seperti mengingatkan kembali dengan Otonashi di Angel Beats yang ketika sedang kritis ia mencoba untuk mendaftarkan dirinya menjadi pendonor organ.

Angel beats merupakan anime romance terbaik yang sangat populer dikalangan penggemar anime, untuk mencari anime romance yang mirip seperti Angel beats bisa di cek di artikel: Anime romance terbaik

Ada kartu donor organ seperti Angel Beats di Jepang

Seperti dikutip dari Wikipedia, Transplantasi organ adalah penanaman atau pemindaian sebagian atau seluruh organ dari satu tubuh ke tubuh yang lain, transplantasi ini ditunjukan untuk menggantikan organ penerima yang telah rusak atau tak befungsi dengan organ yang masih berfungsi dari si pendonor.

Donor organ bisa dilakukan dengan orang yang masih hidup ataupun telah meninggal. Di Indonesia sendiri telah melakukan transplantasi organ seperti di negara-negara maju.

Setiap negara-negara maju, prosedur pendaftaran untuk donor organ berbeda-beda, beberapa negara ada yang menggunakan kartu donor, kartu kesehatan atau lisensi menyetir dan beberapa lainnya ada yang sudah terkomputerisasi. Ada beberapa organisasi yang mendukung donasi organ, berikut ini organisasinya.


Top 5 Amal Organisasi Pendukung Donasi OrganUNOS (Amerika Jaringan Organ Sharing)Para OPTN nASional (Organ Pengadaan...
Posted by Bank Donor Organ Indonesia on Sunday, July 7, 2013

Jepang sendiri ada yang namanya Japan Organ Transpalant Network Homepage, di websitenya ada beberapa prosedur untuk mendaftarkan diri untuk menjadi pendor organ, salah satu yang saya ketahui adalah menggunakan kartu yang telah tersedia di website tersebut. Berikut ini bentuk kartunya.

English version

kartu donor organ
intruksinya - jotnw.or.jp

Japan version

kartu donor organ
intruksinya - jotnw.or.jp

Disana terdapat intruksi-intruksi untuk menjadi pendonor organ, untuk melihat lebih detailnya kamu bisa berkunjung ke website dibawah ini.

http://www.jotnw.or.jp/english/index.html
Kartu ini mengingatkan saya kembali dengan kartu yang di pegang oleh Otonashi ketika sedang terjebak di terowongan bawah tanah.

kartu donor organ - Angel beats

Mirip bukan? :D apakah di Indonesia menggunakan kartu seperti ini untuk mendonorkan organnya? saya sendiri belum mengetahui lebih jelas karena saya sendiri belum pernah mendonorkan organ saya kepada orang lain namun kayaknya kerabat terdekat atau rumah sakit itu sendiri yang akan mencarikan orang yang bersedia untuk mendonorkan dirinya kepada orang yang membutuhkannya.

Di negara-negara maju kartu tersebut mungkin telah tersedia banyak, saya telah membaca artikel dari kesehatan.kompasiana.com, katanya pendonor di luar negri itu lebih aktif dibandingkan di Indonesia. Untuk lebih lengkapnya bisa kamu baca artikelnya disini

http://kesehatan.kompasiana.com/medis/2014/10/18/pendonoran-organ-681111.html

Demikanlah artikel ini dibuat, kurang lebihnya mohon maaf jika ada yang salah atau mau ditambahkan silahkan berkomentar di artikel ini, jangan malu untuk mengoreksi apa yang salah di artikel ini.


Share this with short URL: Get Short URL
loading short url

Advertisement





Advertisement