Review Anime Ansatsu Kyoushitsu: Kelas Pembunuh

Advertisement

Tahun ini banyak sekali anime yang seharusnya kamu tonton ketika anime tersebut mengudara, salah satunya adalah Ansatsu Kyoushitsu (Assassination Classroom). Banyak sekali orang yang terlalu membesar-besarkan (Hype) anime ini karena jarang sekali ada anak yang diajarkan untuk membunuh gurunya sendiri, karena menurut saya anime bagus jadi kali ini saya akan mereview anime ini.

Ulasan Ansatsu kyoushitsu Indonesia

Informasi

Type: TV
Total episode: 22
Status: Telah tayang
Tanggal: 10 Januari 2015 - 20 Juni 2015
Pengusaha Film:  Dentsu, FUNimation Entertainment, Fuji TV, DAX Production, Lerche
Genre: Action, Comedy, School, Shounen, Supernatural
Durasi: 23 menit per episode
Rating: PG-13
Score: 8.10 (Myanimelist)
Sutradara: Seiji Kishi

Sinopsis

Cerita berawal dari sekolah elit dimana para murid pintar, cerdas di tempatkan. Sistem sekolah elit ini berbeda dengan sistem sekolah lainnya, jika ada murid yang nakal, bodoh dan tiap ulangan mendapatkan nilai di bawah rata-rata maka mereka akan dimasukan ke "kelas E", dimana para murid tidak akan mendapatkan fasilitas yang lengkap, kelasnya berada jauh dengan kelas utama dan pengajarannya berbeda dengan kelas lainnya, sekarang sudah ada sekitar 30 orang yang telah di tempatkan di kelas tersebut. Suatu hari ketika bel jam pelajaran dimulai tiba-tiba ada seekor gurita yang entah darimana asalnya muncul di depan kelas E, gurita tersebut membuat pernyataan di kelas E. Pernyataanya adalah Gurita itu akan menjadi guru dan mengajarkan bagaimana cara menjadi seorang pembunuh, selama dia menjadi guru semua murid yang ada di dalam kelas E harus membunuh gurita tersebut sampai batas waktu satu tahun jika tidak maka ia akan menghancurkan bumi.


Screenshot


Review anime Ansatsu Kyoushitsu "Kelas Pembunuh"
Review anime Ansatsu Kyoushitsu "Kelas Pembunuh"

Trailer



Karakter

Koro-sensei = Guru dari kelas E yang mengajarkan menjadi pembunuh. Sifatnya baik, pemalu, periang, kocak, pemarah dimata muridnya, pokoknya serba ada. Guru ini akan menghancurkan bumi jika tidak ada orang yang membunuhnya selama satu tahun semenjak dia menginjakan kakinya di kelas E.

Nagisa Shiota = Banyak orang yang beranggapan dia adalah cewek namun sebenarnya identitasnya itu laki-laki, dalam hal perencanaan pembunuhan gurunya dia suka mencatat kelemahan dan kelebihan agar berguna di waktu nanti. Selain itu, saat menghadapi musuh dia ahli sekali dalam mempergerakan cara orang pembunuh mematikan lawannya.

Cerita

Baru dimulai anime ini langsung menarik perhatian banyak penonton. Bagaimana tidak, cara murid kelas E memberi salam kepada gurunya berbeda dengan yang biasanya kita lakukan, kalau kita menyambut dengan memberi salam sedangkan di kelas E menyambutnya dengan pistol. Wah, sangat tidak biasanya bahkan tidak ada sama sekali mengapa hal seperti itu bisa terjadi, untuk memperjelas penonton, setelah memberi salam anime ini langsung menjelaskan perlahan-lahan mengapa semua murid kelas E melakukannya.

Tiap episode yang telah disajikan mengarah pada rencana murid kelas E yang ingin membunuh gurunya (gurita), ada yang berencana untuk mencatat tiap kelemahan gurunya, ada yang menyerang secara diam-diam, ada yang menyerang secara kejutan, dan lain sebagainya. Tiap rencana itu pasti selalu mengarah kegagalan karena sang guru memiliki kecepatan 20 March, kecepatan cahaya yang melebihi roket dan pesawat jet, jadi terlalu sulit untuk membunuhnya.

Awalnya saya kira hanya sang protagonist saja yang selalu ditonjolkan disini, namun setelah melihat beberapa episode perkiraan itu salah, sebagian bahkan semua murid yang ada di dalam kelas E telah ditonjolkan disini. Masing-masing episode anime ini telah menonjolkan karakter yang ada di kelas E, misalkan saja episode 2, di episode 2 bercerita tentang murid yang berambut hitam, nah, di dalam episode itu akan diceritakan mengapa murid tersebut ditempatkan di kelas E lalu setelah mengetahui sifat dan masa lalunya, karakter tersebut akan menunjukan bagaimana rencana dia untuk membunuh sang guru, tentunya tiap episode itu sang protagonist akan terlibat agar para penonton tidak melupakan sosok protagonist anime ini. Dengan adanya ini para penonton akan menjadi tahu dari sifat masing-masing karakter dan tahu tentang mengapa mereka telah ditempatkan di kelas E.

Selain berfokus dengan rencana murid untuk membunuh gurunya, ternyata anime ini juga memperlihatkan kita untuk menghadapi ujian, banyak sekali orang pintar yang telah mendapatkan nilai bagus dan karena hal itu kelasnya ikut menjadi populer, untuk membuktikan kalau kelas E juga bisa seperti kelas lainnya maka sang guru (gurita) juga mengajarkan bagaimana cara menghadapi ujian versi dia sendiri tentunya pokok cerita 'untuk kelas pembunuh' tidak dihilangkan saat berfokus menghadapi ujian. Mungkin anime ini akan garing jika penonton hanya melihat ujianrencana pembunuhan saja, agar tidak garing penonton ditunjukan berbagai komedi tiap episodenya.

Saat mengakhiri cerita, anime ini telah membuat penonton tegang karena sang protagonist menghadapi rencana pembunuhan yang sebenarnya, ini merupakan hal yang diluar perkiraan karena disini karakternya adalah orang luar bukan karakter yang selama ini penonton kenal, tapi ketegangan itu akan mereda dan menjadi akhir cerita yang bahagia. Anime ini berakhir dengan halus tanpa adanya tanda tanya, walaupun halus masih ada sebagian murid yang tidak ditonjolkan disini selain itu tujuan dari sebenarnya sang guru juga masih samar-samar.

BGM

Disaat sedang komedi atmosfirnya menjadi tawa ria, disaat sedang tegang atmosfirnya menjadi dag dig dug ini menandakan kalau tiap BGM anime ini juga mempengaruhi segala atmosifr yang kita rasakan. Masukan musik di anime ini membuat kita ingin senam dan kembali ke sekolah karena di openingnya alur musiknya itu pas dengan tema sekolah.

Score pribadi

7/10


Review

27 Juni 2015

Anime dengan gaya shounen yang berbeda dari lainnya, semua karakter terlibat dalam anime ini. Sayangnya, baru sebagian saja yang dilihat masa lalunya jadi masih ada murid-murid yang belum dijelaskan mengapa mereka bisa menjadi kelas E. Selain itu maklukh gurita tersebut belum dijelaskan darimana asalnya apalagi tujuan sebenarnya mengapa ia menjadi guru, mengesampingkan hal itu anime ini telah membuat kamu ingin terus menontonnya karena tiap episodenya ditunjunkan berbagai action dan komedi yang membuat kita semakin nyaman dan betah lihat anime ini.


Share this with short URL: Get Short URL
loading short url

Advertisement





Advertisement