Review Anime Oregairu Season 2: Hikigaya berubah

Advertisement

Beberapa hari yang lalu banyak sekali orang yang membicarakan tentang anime Oregairu mulai dari sifat Hikigaya yang berubah, pertengkaran (becandaan) antara Hikigaya dan Yukino yang mulai berubah hingga sampai hubungan Hikigaya dengan klub yang diikutinya. Karena sedang banyak yang bahas anime ini saya jadi ingin review anime ini agar orang yang belum mengetahui anime ini bisa saja menjadi penasaran dan ingin menontonnya. Sesuai dengan review-reivew sebelumnya saya hanya melihat berdasarkan anime saja tidak berdasarkan sumber aslinya seperti Light Novel atau komik dan sumber asli lainnya.

Ulasan Oregairu season 2 Indonesia

Informasi

Type: TV
Total episode: 13
Status: Telah tayang
Tanggal: 3 April 2015 - 26 Juni 2015
Pengusaha Film:  Feel, TBS, Sentai Filmworks, Marvelous AQL, NBCUniversal Entertainment
Genre: Comedy, Romance, School
Durasi: 24 menit per episode
Rating: PG-13
Score: 8.43 (Myanimelist)
Sutradara:  Oikawa Kei

Sinopsis

Hachiman Hikigaya, orang yang terisolasi tanpa teman di SMA-nya, tidak tertarik dalam hubungan manusia dan mengangap semua hubungan itu hanyalah kebohongan belaka. Suatu hari dia dipaksa oleh gurunya untuk bergabung dan menjadi salah satu anggota "Klub relawan/layanan" yang dijalankan oleh Yukino Yukinoshita, gadis yang cantik, cerdas dan menganggap semua orang di sekolahnya lebih rendah dari dirinya, Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru Zoku kelanjutan dari klub relawan dimana mereka akan menjalani hari-hari seperti biasanya namun hubungan mereka yang terjalin selama ini ternyata hanya hubungan palsu dan mempunyai jawaban yang pasti (?)

Screenshot


Review anime Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru Zoku

Review anime Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru Zoku

Review anime Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru Zoku

Review anime Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru Zoku

Trailer



Karakter

  • Hikigaya Hachiman : Protagonist dalam anime ini yang sangat dibenci oleh orang-orang karena selalu berbuat kasar terhadap orang lain, walaupun tujuannya ingin berbuat baik namun dimata orang lain ia seperti kotoran. Mempunyai kegagalan di masa lalu dan selalu ingin menyindiri tapi apa daya ia diseret ke sebuah klub dimana disitu banyak orang yang akan berkonsultasi.
  • Yukino Yukinoshita : Pempimpin klub yang sangat cerdas, cantik dan sangat dibenci orang karena kecantikan dan kercedasannya itu. Setiap orang mendekatinya ia selalu dingin terhadap orang lain.
  • Yui Yuigahama : Baik hati dan selalu peka dengan keadaan di sekitarnya, jika ada keadaan buruh ia selalu mempertengahkannya. Orangnya selalu ceria dan selalu menyembunyikan perasaanya selain itu ia sering ingin menjadi orang lain.
  • Iroha Isshiki : Anak bau Murid baru yang selalu peka dengan keadaan di sekitarnya, ia juga selalu dibawa canda dan selalu mengikuti urusan orang lain.

Cerita

Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru Zoku kelanjutan dari anime oregairu yang ceritanya (agak membosankan menurut saya) banyak disukai oleh kalangan para remaja karena banyak kata-kata bijak (menurut pandangan antisosial) yang dilontarkan oleh sang protagonist. Di season satu nya tidak ada perkembangan karakter dan ceritanya berfokus pada "sudut pandang dari seorang antisosial" yang juga berfokus pada klub yang melayani masalah orang lain, klub itu bukan dibuat untuk memecahkan/menemukan apa yang sedang dipermasalahkan melainkan untuk 'membantu' apa yang sedang dipermasalahkan jadi jika ada yang berkonsultasi pada klub tersebut maka ia harus memecahkan/menemukan sendiri apa yang dipermasalahkannya, anggota di klub itu hanya 'membantu'nya saja. Setelah season satu selesai saya terkejut dengan season dua ini dan saya lebih menyukainya daripada ketika menonton season satu karena disini akan terlihat perkembangan karakter dari sang protagonist dan atmosifrnya agak berbeda dengan sebelumnya, mengapa berbeda? karena disini akan diperlihatkan hubungan kusut dari masing-masing karakter terutama dengan hubungan sang protagonist dengan anggota klub yang sedang diikutinya, jadi agak dibuat kaget para penontonnya (termasuk saya).

Penyampaian cerita ketika season satu membuat para penonton tertawa, lebih mudah untuk disimak dan tentu terkagum-kagum karena sang protagonist berdiri dijalannya sendiri lalu apapun untuk melakukan sesuatu yang baik sang protagonist akan mengorbankan dirinya sendiri dan menggunakan cara yang kasar agar dapat diselesaikan, namun saat melihat season dua cara pandang sang protagonist sudah berbeda, ia telah belajar dari kesalahannya dan juga telah belajar untuk menghargai perasaan orang lain, mungkin sebagian penonton akan merasa kecewa karena sang protagonist sudah berbeda, ia tidak beridiri dijalannya sendiri melainkan telah dibantu oleh orang-orang disekitarnya namun kebanyakan juga akan merasa sangat senang dengan kemajuan perkembangan karakter yang seperti ini, disinilah hal yang paling bagus dalam anime ini perkembangan karakter yang perlahan-lahan menjadi terbuka daripada sebelumnya. Ternyata selain dengan perkembangan karakter yang berbeda, penonton juga dikejutkan dengan karakter baru yang tidak ada di season satu, karakter ini juga berperan penting dalam season dua, karakter ini ikut ngerumpi dengan ke tiga karakter utama.

Season dua ini alur ceritanya membuat para penonton bingung karena di season dua ini 'setiap ucapan' adalah hal yang harus penonton dengar, lihat, ingat dan memutar balikan arti apa yang dimaksud dari setiap ucapan daripada menebak dan mengamati bagaimana reaksi wajah para perempuan yang ada di sekitar protagonist dan juga bagaimana reaksi wajah sang protagonist kepada orang-orang disekitarnya terutama dengan perempuan-perempuan yang ada di dekatnya. Dengan mengamati setiap ucapan yang dilontarkan, penonton akan mengetahui alur cerita anime ini dan merasakan apa yang sedang dipikirkan oleh masing-masing karakter, banyak sekali gerakan tubuh yang menyulitkan penonton untuk dibuat mengerti maka dari itu sebagian penonton akan merasa bingung jika tidak memutar balikan arti dari setiap ucapan yang dilontarkan, tapi karena ini juga penonton lebih leluasa untuk memikirkan alur ceritanya.

Atmosfir di anime ini naik turun, kadang tegang, kadang sedih dan kadang senang. Tegang karena hubungan yang dijalani oleh sang protagonist akan kusut, sedih karena hubungan yang dijalani protagonist dengan anggota klubnya ternyata selama ini palsu, senang karena sang protagonist menyatakan ingin hubungan yang tulus dan hubungan dengan klubnya pun balik lagi seperti semula, di saat atmosfir seperti itu banyak menyisipkan komedi dengan kata-kata yang dilontarkan oleh sang protagonist.

Menjelang akhir cerita, saat dimana hubungan terjalin kembali dengan baik, penonton dibuat terkejut lagi. Ada salah satu anggota yang telah bulat untuk mengusutkan kembali hubungan diantara mereka yang semakin hari semakin beda dari sebelumnya, dan orang itu menyatakan kalau hubungan mereka seperti palsu namun punya jawaban yang pasti, di sinilah sebagian penonton dibuat bingung padahal sudah dijelaskan dengan gaya pembicaraan pada setiap karakter, sekali lagi jika tidak mengerti apa yang diucapkan setiap karakter maka tidak akan mengerti alur cerita anime ini.

Banyak sekali pecahan misteri yang belum ditampilkan di anime ini diantaranya, permasalahan yang terjadi di dalam keluarga Yukinoshita, pengetahuan yang luas dari kakaknya Yukinoshita seperti mengetahui kalau sang protagonist menyatakan 'ingin mempunyai hubungan tulus' dan terakhir adalah pernyataan permintaan terakhir Yukinosita. Mungkin season dua ini mendorong dan mengangkat penonton untuk melihat sumber aslinya yaitu Light Novel karena di season dua ini banyak pecahan misteri yang belum dijelaskan, selain itu akhir ceritanya juga dibuat gantung seperti anime sebelah dimana sudah mencapai pokok masalah tiba-tiba mengakhiri ceritanya, jadi terasa sekali ceritanya itu tidak membuat sebagian penonton nyaman karena meninggalkan serpihan-serpihan tanda tanya yang ingin diketahui oleh semua orang.

Akhir kalimat yang ingin saya sampaikan adalah season dua ini lebih mendramatisir disetiap keadaan hubungan yang terjalin, comedy dibuat lebih ringan dan latar setting school dibuat lebih fokus dibandingkan dengan season satu.

h3b>BGM - Anime ini bergenre romance comedy yang berlatar setting di sekolah (school), ternyata opening yang disajikan terasa sekali dengan alur cerita tersebut kamu akan dibuat kembali ke masa-masa hubungan romansa di sekolah sedangkan endingnya sendiri menyesuaikan ekspresi keadaan karakter utama. Pemasukan musik di saat sedih disaat senang dan disaat tegang membuat penonton lebih dapat apa yang disampaikan oleh anime ini.

Score pribadi

8.4/10

Review

3 Juli 2015

Romance comedy yang disajikan dalam anime ini berbeda dengan yang lain karena disini comedy nya dibuat ringan dan romantisnya seperti disembunyikan akan tetapi drama yang terjadi dalam anime ini lebih memikat dibandingkan dengan sebelumnya, jika kamu tidak mengerti apa yang disampaikan dalam anime ini silahkan saja tonton kembali dan memutar balikan otakmu untuk mengartikan setiap ucapan yang disampaikan oleh masing-masing karakter. Beberapa orang berpendapat bahwa ini harem karena dikelilingi wanita, tapi ada benarnya juga karena setiap yang mengelilingi sang protagonist terlihat seperti menyukai sang protagonist. Intinya anime ini berkofus pada sebuah hubungan klub dan orang-orang yang berkonsultasi pada klub tersebut.

Bagi kamu yang ingin melihat anime yang mirip sepert ini, kamu bisa melihat di artikel anime yang mirip oregairu. Dalam artikel itu saya sudah mempublikasikan beberapa anime yang mirip dengan oregairu.


Share this with short URL: Get Short URL
loading short url

Advertisement





Advertisement