Anime yang Menampilkan Proses Pembuatan Anime

Advertisement

Entah mengapa saya ingin membuat artikel yang sepert ini, "anime yang menampilkan/menunjukan proses pembuatan anime dengan cara manual dan dibantu dengan komputer (dukungan software photoshop dan software lainnya)".

Artikel ini dibuat karena selama ini banyak sekali orang yang menyepelekan dan mencomohkan beberapa judul anime yang padahal sulit sekali dibuat ketika mengadaptasi suatu anime dari manga maupun sumber lainnya, dan juga artikel ini dibuat karena saya ingin memperlihatkan kamu (yang baru saja mengenali anime) untuk mengetahui terlebih dahulu cara, teknik dan proses dalam pembautan anime yang ada di anime.

Dengan adanya ini mungkin saja kamu memberi dukungan terhadap orang-orang yang ada di belakang layar melalui pembelian Blu-ray, dan bisa saja dengan adanya ini dapat memberi mu motivasi untuk membuat anime dengan tim mu sendiri.

Menurut beberapa orang yang saya lihat di fan page maupun grup tertentu, anime yang seperti ini hanya sebagai curhatan para orang-orang yang ada di balik layar, ya mungkin bisa jadi begitu tapi kalau bagi saya sendiri dengan adanya ini kita menjadi lebih tahu kalau membuat anime itu sulit sekali, belum lagi mengejar batas waktu yang dekat, jadi cerita seperti ini dapat juga menyinggung para pembajak yang selama ini telah membajak dan menjual dengan kepingingan DVD.

Banyak sekali manfaat yang diperlihatkan dalam anime yang bercerita 'proses pembuatan anime', manfaat-manfaat itu di antaranya adalah, kita bisa tahu bagaimana cara kerja dubbing, kita bisa tahu bagaimana cara kerja animator, kita bisa tahu bagaimana cara kerja direktur dan kita bisa tahu masalah apa saja yang ada pada saat mengerjakan anime yang mengejar waktu dekat dan di jadwalkan untuk di tayangkan tv maupun layar tancap (bioskop).

Merinding, sedih, senang, kecelakaan dalam membuat anime, semuanya ada disini. Walaupun sakit, walaupun sedang tidak ingin melakukan walaupun sedang marah-marah, orang-orang yang ada di balik pembuatan anime tetap membuat anime agar dapat menjadi anime yang terbaik yang pernah mereka buat.

Tidak peduli apapun itu masalahnya, mereka semua selalu saja mencoba terus dan terus untuk menjadikan sebuah anime yang dapat di tonton dan di senangi oleh masyarakat. Seperti kalian ketahui, anime seperti Naruto, One piece, Bleach dan anime yang sampe ratusan episode itu membutuhkan waktu yang lama untuk dapat menjadi sebuah anime.

Mulai dari menggambar, mewarnai, lalu ada juga yang di padukan dengan CG dan lain sebagainya, tapi bagi animator Jepang itu hanya membutuhkan waktu beberapa minggu dan mungkin beberapa bulan saja, betapa hebatnya mereka yang terus rajin dan tekun untuk membuat sebuah gambar menjadi bergerak yang dapat di tonton oleh semua orang. Oleh karena itu, ada baiknya kamu menonton anime yang seperti ini.

Dibawah ini ada beberapa judul anime yang saya ketahui, di antara anime tersebut ada yang menjadi dubber anime ratting dewasa (H).

Untuk anime terbaik bisa dikunjungi ke artikel: anime terbaik

Berikut ini anime yang menunjukan Proses pembuatan anime versi anime:


Golden Boy

Golden Boy - proses pembuatan anime

Tidak disangka ternyata anime ecchi hard ini menampilkan proses pembuatan anime di akhir episodenya. Sangat jelas sekali, teknik dalam pembuatan anime yang dulu berbeda dengan teknik yang sekarang.


Layar monitor pun masih tabung ya itu karena moe belum menyebar luas pada waktu itu. Oh iya, anime ini juga anime lawas tahun 1995. Hati-hati yah menonton anime ini karena disini ecchi-nya hard jadi ada yang enggak di sensor.

Koe de Oshigoto! The Animation

Koe de Oshigoto! The Animation - Anime yang menampilkan proses pembuatan anime

Anime yang pertama yang saya tahu adalah anime Koe de Oshigoto! The animation. Anime ini menceritakan seorang siswi SMA yang menjadi dubber anime ratting dewasa (H).


Nah loh, koq bisa, iya di karenakan kakak-nya itu bekerja di sebuah studio yang membuat anime ratting dewasa (H) dan eroge. Ternyata, menjadi dubber anime ratting dewasa (H) itu sangat sulit sekali, bagaimana tidak, desahan yang dilakukan oleh dubbing harus sesuai apa yang di bayangkan oleh pengarah dubbing.


Jadi kalau tidak sesuai ada beberapa cara yang bisa di lakukan oleh dubbing di antaranya adalah lari sampai si dubber ini kelelahan. Nah berkat kelelahan itu si dubber ini terkadang mengeluarkan desahan yang di harapkan oleh pengarah dubbing. Oh iya, saat melihat anime ini hati-hati ya karena ada sedikit adegan anime dewasa-nya

Shirobako

Shirobako - Anime yang menampilkan proses pembuatan anime

Anime tahun lalu yang populer karena menampilkan proses pembuatan anime mulai dari menggambar, mewarnai, di tambah CG dan lain sebagainya. Anime ini juga memperlihatkan masalah yang di alami setiap orang-orang yang ada di belakang layar, misalkan saja jika seorang animator sedang sakit, animator itu harus di gantikan dengan animator yang lain.


Nah animator yang lain ini kadang sulit dan kadang mudah untuk di ajak bekerjasama. Oh iya, bagi kamu yang suka dengan karakter yang cantik-cantik kamu bisa melihat anime ini juga karena di sini karakternya pada cantik-cantik, selain itu kita di sungguhkan beberapa balapan yang di lakukan oleh pemain utama.

Animation Seisaku Shinkou Kuromi-chan

Animation Seisaku Shinkou Kuromi-chan - Anime yang menampilkan proses pembuatan anime

Anime ini mirip dengan Shirobako, hanya saja jika di anime Shirobako ada dua lebih karakter utama yang diperlihatkan sedangkan di anime ini hanya satu saja.


Berawal dari sekolah animasi dan berbekal ilmu di sana, pemain utama ini mendapatkan pekerjaan sesuai dengan impiannya, ia bekerja di salah satu studio yang saat itu sedang membuat anime, studio Petit.


Anime ini cukup terbilang lawas karena tayang pada tahun 2001, yah di saat itu jarang transportasi yang digunakan saat mengantarkan dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Karakter anime ini tidak se-kawaii dengan anime Shirobako tapi makna-nya sama koq.

Sore ga Seiyuu!

Sore ga Seiyuu! - Anime yang menampilkan proses pembuatan anime

Nah, anime ini lagi mengudara (tayang pada tanggal 17 july 2015) dan sebentar lagi akan tamat. Sesuai judulnya 'Seiyuu' berarti anime ini memperlihatkan penonton bagaimana cara kerja seiyuu (Pengisi suara/dubber).


Berbeda dengan anime Koe de Oshigoto! The animation, di anime ini tidak mengisi suara anime ratting dewasa (H )melainkan anime biasa, agak sulit untuk menentukan suara yang pas untuk karakter tertentu.

Ghiblies

Ghiblies - anime yang menampilkan proses pembuatan anime

Salah satu anime pendek buatan studio Ghibli, anime ini menceritakan kejadian yang ada di studio animasi. Tidak seperti dengan Shirobako yang karakternya cantik-cantik, dalam anime ini art-nya lebih dibuat unik daripada biasanya.

Otaku no video

Otaku no video - anime yang menampilkan proses pembuatan anime

Salah satu anime buatan Gainax. Anime ini agak sedikit berdasarkan dengan kisah nyata tentang bagaimana Gainax didirikan. Otaku no video ini membahas semua aspek dari gaya otaku sendiri.


Peran utama, Ken Kubo adalah seorang pemuda yang hidupnya biasa saja, namun suatu hari ia diseret ke dalam kelompok otaku. Perlahan-lahan ia menjadi terjerumus dan mirip seperti otaku, lalu ia memutuskan untuk meninggalkan kehidupan lamanya dan berubah untuk menjadi raja otaku. Oh iya, ini anime lawas loh tahun 1991.

Update 1 September 2015


Paranaoia Agent

Paranaoia Agent - proses pembuatan anime

Saya lupa menambahkan kalau anime terbaik garapan om Satoshi kon pernah menampilkan proses pembuatan anime sebelum mengakhiri cerita. Di episode 10 anime ini menampilkan proses pembuatan anime, yang dilihat juga bukan prosesnya melainkan tekanan batin yang di alami oleh orang-roang yang ada di balik layar.


Jika ingin menonton anime ini sebaiknya kamu mencermati dengan baik ceritanya, karena di sini banyak teka-teki yang tersembunyi yang telah di sampaikan dalam anime ini.

Sebelumnya ada beberapa rekomendasi anime romance yang dapat kamu tonton berikut ini artikelnya: anime romance terbaik

Oke, itulah beberapa anime yang menceritakan proses pembuatan anime, semoga saja artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu.


Share this with short URL: Get Short URL
loading short url

Advertisement





Advertisement