Anime Sedih yang Tidak Bikin Keluar Air Mata

Advertisement

Mungkin setelah membaca judul di atas kamu merasa bingung, "anime sedih namun tidak bikin keluar air mata, maksudnya apa?". Jadi gini maksudnya, sebelum saya menjelaskan ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu kalau tiap judul artikel di blog tidak memuat sampai ratusan karakter, jadi saya singkat seperti itu. Maksud dari judul di atas begini, biasanya orang akan membuat daftar anime, dari daftar itu ada beberapa anime mainstream yang sangat populer karena dapat mengeluarkan air mata, menyentuh dan pedih di mata, tapi di saat saya menonton anime tersebut perasaan itu tidak sampai ke saya, jadi ketika saya nonton saya tidak sedih hingga sampai mengeluarkan air mata yang berlebihan, melainkan hanya mengagumi, ya, saya mengagumi ceritanya.

Saya sempat bingung kenapa kebanyakan orang ketika melihat anime drama romance (kadang di tambah genre action atau yang lainnya), mereka mengeluarkan air mata di saat ada karakter yang penting hilang. Mungkin itu sifat/naluri dasar manusia, karena setiap manusia kalau kehilangan orang yang di sayanginya mereka akan mengeluarkan air baik itu di mata maupun di hati (maksudnya di pendam di hati), karena hal itu juga akan membuat lobang di hati, tapi saya yakin perasaan itu akan hilang dan berubah menjadi rindu. Rindu tidak selamanya dapat memperbesar lobang di hati karena dengan adanya perasaan rindu kita dapat terus melangkah maju ke jalan yang lebih indah daripada sebelumnya. Jadi sama halnya dengan orang yang menyukai sinetron, mereka menangis karena ada peran utama yang menurut mereka penting telah hilang di tengah maupun di akhir ceita, jadi kenapa anilovers (terutama untuk yang baru menyukai anime) suka mencemohkan kalau orang yang menonton sinetron suka menangis yang padahal isinya cuma "itu-itu saja"? jika menghadap ke cermin padahal sih sama saja dengan kejadian karakter (waifu/husbando) yang telah hilang. Jadi itu adalah hal yang umum di posisi ke dua saat menonton film, sedangkan di posisi pertama adalah karena cerita, banyak orang akan mengeluarkan air mata setelah menonton dan mencermati cerita yang ada di dalam sinetron maupun anime (begitu juga dengan LN, novel, diary, dll).

Beberapa dari daftar anime (yang dapat mengeluarkan air mata) yang selalu saya lihat dari teman-teman facebook asli maupun kloning saya, kebanyakan dari list tersebut di ambil dari anime yang itu-itu saja, kalau dari sudut pandang saya ceritanya tidak seperti yang saya bayangkan jadi ceritanya biasa saja namun ada juga yang dapat membuat saya kagum. Dari daftar ini, mereka sedih bukan karena ceritanya melainkan karena ada karakter yang hilang di tengah maupun di akhir cerita. Lantas apa saja anime yang menurut orang-orang sedih namun tidak bikin keluar air mata di mata saya? berikut ini list-nya.

Anime populer yang dapat mengeluarkan air mata namun di mata saya tidak


Angel Beats


Perlu di ketahui anime Angel Beats sangat-sangat populer sekali, sampai sekarang pun anime ini telah menjadi anime yang banyak di tonton oleh orang-orang. Tapi entah kenapa setelah saya menonton anime ini saya tidak mengeluarkan air mata sedikitpun. Sempat kaget juga karena karakter yang menurut saya hilang ternyata tidak hilang melainkan karakter perempuan yang cantik dan menawan. Selain itu, ada satu scene lagi yang dapat membuat orang-orang menangis, scene dimana karakter perempuan lagi membayangkan 'kehidupan yang sebenarnya'. Dalam kehidupan tersebut, perempuan itu sakit sampai di suruh dokter untuk nginap di rumah sakit (rawat inap), di rumah sakit itu ia tidak ada yang menjenguknya hanya seorang ibu yang menemaninya, tapi suatu hari ia di jenguk oleh laki-laki pemain bisbol yang ketika itu tengah memecahkan kamarnya, berkat pertemuan itu mereka saling mengenali, bercerita satu sama lain dan mengutarakan satu sama lain, lalu seiring berjalannya waktu lelaki itu sering menjenguk dan menjadi pasangan yang sangat bahagia, disinilah banyak orang yang bilang dapat mengeluarkan air mata, namun entah kenapa saya sendiri tidak mengeluarkan air mata, saya cuma bahagia dengan scene tersebut dengan begitu saya mengangumi cerita Angel Beats ini, tapi sekali lagi saya tidak mengeluarkan air mata.

Anohana


Saya tidak mengira anime ini anime yang paling sedih, tapi kalau dari sudut pandang perempuan mungkin anime ini memang anime paling sedih karena karakter perempuan yang selama ini setia dan terus mendungkung sang portagonist di balik layar hilang di akhir cerita. Saya tidak sedih karena tema anime ini adalah persahabatan (walaupun disisipkan romance juga), jadi saya hanya fokus pada persahabatan itu.

Awalnya persahabatan itu runtuh yang dikarenakan ada seorang sahabat mereka meninggal dunia karena 'cinta', ya itu semua karena adanya 'cinta', namun setelah menjalani, saling berbicara dan mengutarakan satu sama lain yang begitu panjang, akhirnya persahabatan itu kembali lagi seperti dulu. Di sisi lain sifat protagonist berubah drastis, saat kecil ia sangat aktif sekali namun ketika dewasa tidak aktif, ia hanya berdiam diri di rumah dan selalu bolos sekolah, tapi lama kelamaan sifatnya itu berubah, itu semua berkat perempuan di balik layar dan para sahabatnya yang terus mendukung, protagonist ini menjalani kehidupan yang normal, ia menjadi seorang kerja paruh waktu, sudah ingin kembali bersekolah dan sering bertemu lagi dengan sahabat-sahabatnya. Itulah yang membuat saya kagum dengan cerita anohana ini. Meruntuhkan sesuatu itu memang gampang namun untuk menyatukan kembali rasanya sangat sulit sekali, apalagi jika itu sudah lama pasti akan sulit sekali, namun di anime ini sang protagonist berusaha untuk menyatukan kembali persahabatan yang runtuh itu dengan bantuan perempuan yang terus mendukung di balik layar dan tentu saja dengan kemauan para sahabatnya juga.

Clannad after story

Matinya Nagisa dan anak kesayangan.

Clannad - Anime terbaik dan populer yang dapat mengeluarkan air mata di mata orang-orang

Banyak orang yang bilang saat di saat scene Nagisa dan anaknya mati kita dapat mengeluarkan air mata, tapi ketika saya nonton saya tidak mengeluarkan air mata, hati saya mungkin batu kali yah? tidak juga karena ketika menonton anime Clannad, saya juga merasa sedih namun berbeda dengan scene yang sering orang ucapkan. Saya sedih ketika saat ketika Tomoya sedang berbicara sama bapaknya, ketika itu saya nangis, mungkin karena terlalu dalam mencermati ceritanya jadi saya nangis berkepanjangan. Bagaimana tidak, bapaknya yang selama ini di benci sama Tomoya ternyata dulu ia sering perhatian dengan Tomoya, selalu peduli dan selalu saja memikirkan Tomoya, melihat umur bapaknya yang dibilang udah tua, saya merasa pedih dan nyesak sekali melihatnya begitupun juga dengan Tomoya, karena ingin mendekatkan diri dengan bapaknya ia menggosokan punggung bapaknya (merasa terharu sekali walaupun tidak terbantu juga). Setelah Tomoya mengucapkan perpisahan dengan bapaknya, hati saya jadi tersentuh. Jadi di saat matinya Nagisa dan anaknya Tomoya saya tidak merasa sedih, karena perasan itu tidak tersampaikan oleh saya, tapi tetap saja saya mengagumi cerita Clannad ini.

Shigatsu wa kimi no uso

Shigatsu no kimi no uso - Anime terbaik dan populer yang dapat mengeluarkan air mata di mata orang-orang

Anime shigatsu wa kimi no uso sangat populer sekali, sampai-sampai komiknya sendiri telah terbit di Indonesia. Populernya bukan karena cerita yang sangat "wow", melainkan karena karakter yang hilang. Sebenarnya saya sendiri tidak tahu kenapa mereka sedih dan mengeluarkan air mata, padahal saya sendiri telah mencermati ceritanya dengan baik, yang orang-orang bilang tidak tersampaikan oleh saya, saya tidak mengeluarkan air mata sedikitpun. Mungkin mereka hanya berfokus pada romantisnya sedangkan saya sendiri berokfus pada kisah kehidupan seorang pianist yang terkenal, mungkin karena alasan itu mereka sedih sedangkan saya tidak.

Bagi saya sendiri ceritanya memang bagus sekali tapi jika dilirik ke romantisannya menurut saya sih tidak sebagus apa yang saya harapkan. (maaf) Perempuan yang numpang lewat dalam kehidupan sang protagonist tiba-tiba menjadi pusat perhatian sedangkan karakter perempuan yang menjadi kakak sang protagonist tidak menarik perhatian, itulah romantis yang saya tidak harapkan (waduh seperti Friendzone), memang sih itu adalah subjektif. Saya kasihan juga jika memikirkan kehidupan sang protagonist, sakit sekali rasanya dipaksa keras oleh ibunya untuk menjadi seorang pianist, bermain saja hanya sebentar dan tiap hari tanpa lelah harus latihan, latihan, dan latihan, itulah yang membuat hati saya berdebar. Ibu sang protagonist adalah pianist terkenal, karena terkenal anaknya juga harus bersikap yang baik dan menjadi seorang pianist yang terkenal seperti ibunya. Jadi mau tidak mau anaknya harus mengikuti ibunya jika tidak maka reputasi ibunya akan menurun.

Bagi orang-orang mungkin anime ini memang anime yang paling nyesak dan sedih, karena selama ini tidak ada ending yang seperti anime ini. Perempuan yang selama ini ceria dan selalu aktif ternyata telah menyembunyikan kebohongan yang luar biasa, saat protagonist memikirkan dan memperhatikan dia ternyata dia sudah hilang.

Plastic Memories

Plastic Memories - Anime terbaik dan populer yang dapat mengeluarkan air mata di mata orang-orang

Satu lagi anime yang tidak ketinggalan dan baru-baru ini tengah populer di bicarakan oleh pecinta anime, Plastic Memories. Banyak yang bilang Plastic Memories mirip Angel beats, saat anime ini tayang banyak sekali orang menggunakan ilmu cocoklogi agar teman-teman mereka tahu bahwa anime ini mirip Angel Beats. Berkat ilmu cocoklogi tersebut mungkin akan banyak orang menjadi penasaran dengan cerita Plastic Memories, berkat rasa penasaran tersebut anime ini menjadi populer di bicarakan pada musim lalu.

Memang anime Plastic Memories mirip dengan Angel Beats, hanya saja jika di Angel Beats penonton akan di kejutkan, sedangkan di Plastic Memoires tidak ada kejutan di dalamnya, kita sudah di kasih tanda dari awal kalau sang perempuan dalam anime ini akan hilang, bagaimana pun caranya perempuan tersebut akan hilang. Walaupun tidak diberi kejutan anime ini cukup nyaman di tonton di saat mengisi waktu luang. Untuk orang yang suka drama romance saya yakin mereka juga akan mengeluarkan air mata, karena memang ending anime ini mirip Angel Beats (tidak happy ending), jadi wajar kalau anime ini tengah banyak orang yang membicarakannya.

Itulah beberpa anime yang tidak dapat mengeluarkan air mata di mata saya, sebenarnya Clannad tidak dalam hitungan list ini sebab ketika menonton anime Clannad saya juga merasa hati saya tersentuh saat adegan Tomoya dengan bapaknya jadi tidak masuk dalam hitungan, namun karena banyak yang membicarakan kalau anime Clannad akan sedih jika di saat Nagisa dan anaknya mati jadi saya tambahkan ke dalam list ini. Jadi manakah anime yang dapat membuat saya mengeluarkan air mata? tunggu artikel selanjutnya, nanti saya akan beritahu anime-anime apa saja yang dapat mengeluarkan air mata saya.

Ada juga : Anime NTR romance school yang bikin nangis dan nyesak

Apakah kamu setuju dengan list saya di atas? jika tidak berarti kamu normal namun jika iya kita sama (sama-sama gak jelas hahaha), lalu anime manakah yang dapat membuatmu mengeluarkan air mata?


Share this with short URL: Get Short URL
loading short url

Advertisement





Advertisement