Akibat Jika Terlalu Lama Nongkrong di Grup Anime

Advertisement

Waktu cepat berlalu, banyak hal yang sulit diprediksikan apa yang akan terjadi di masa yang akan datang, salah satunya adalah pertumbuhan.

Dalam suatu komunitas pertumbuhan yang secara berlebihan dapat mempersempit pengontrolan anggota yang tiap waktu semakin bertambah.

Jika dalam suatu komunitas mempunyai misi visi yang sama-sama ingin memajukan komunitas maka komunitas akan terkontrol, tapi di balik itu akan ada perbedaaan pendapat. Perbedaan terkadang akan merenggangkan hubungan, tapi berkat adanya perbedaan pendapat akan ada solusi di depan mata.

Renggang bukan berarti putus, benang masih tersambung walaupun jauh. Untuk mempererat benang yang jauh tersebut maka akan ada benang yang lain yang akan memperat hubungan benang yang jauh itu.

Dari pandangan saya komunitas anime merupakan salah satu komunitas yang tahun demi tahun telah mendapatkan pertumbuhan yang sangat drastis.

Banyak komintas anime yang ramai dengan puluhan bahkan ratusan ribu anggota di dalamnya, namun sayang komunitas itu sempit dengan pengontrolannya karena angka admin yang ada didalam komunitas berbeda jauh dengan anggota yang diterimanya.

Akibat kurang pengontrolan kemungkinan akan ada anggota yang melanggar peraturan, hal ini dapat meresahkan anggota lama yang melihat perkembangan komunitas yang telah diikutinya.

Bukan hanya anggota lama saja, anggota baru yang ingin bergabung dan ingin memajukan grup dengan mematuhi peraturan grup akan membenci anggota yang sengaja melanggar peraturan yang telah dibuat oleh admin.

Berbicara dengan anggota yang melanggar peraturan, mereka seringkali membagikan foto/gambar yang seharusnya tidak boleh dilihat anak-anak, selain itu ada juga anggota yang membully anggota lain tanpa pandang bulu, dan masih banyak pelanggaran yang dapat membenci anggota lainnya.

Admin yang hanya cuma hitungan jari tidak bisa mengontrol kelakuan tersebut akibatnya akan dampak negatif untuk anak-anak maupun anak remaja.

Mengenai dampak negatif, di artikel ini akan membahas akibat jika orang terlalu lama nongkrong di grup anime (terutama di grup anime media sosial facebook).

Di sini tidak membahas dampak negatif saja, dampak positif juga akan dibahas. Sebelumnya saya juga pernah membuat artikel mengenai grup anime juga, dalam artikel itu hanya curhatan saya yang seiring pertumbuhan dan berkembangnya jaman, sikap dan menghormati yang sekarang sangat berbeda dengan yang dulu, bisa kamu artikelnya lihat di bawah.

Artikel terkait : Grup anime yang sekarang rata-rata orangnya bejat

Dalam artikel itu, beberapa unek-unek saya tercurahkan. Sedangkan artikel ini akan mengulas apa dampak negatif dan positif jika terlalu lama nongkrong grup anime sesuai pandangan yang saya dapat dari berbagai grup anime di Indonesia.

Jadi bejat


Jadi bejat

Nongkrong di grup anime itu dapat membuat orang menjadi bejat. Bagaimana tidak, sampai saat artikel ini ditulis seringkali banyak anggota yang membagikan foto anime ratting dewasa (H), permainan ratting dewasa (Eroge), dan yang lebih parahnya adalah para pemain video dewasa.

Padahal ini adalah sebuah grup komunitas anime yang seharusnya memberikan wawasan mengenai anime, informasi dan memberi hiburan mengenai anime maupun sumber anime seperti manga, VN dan lain sebagainya.

Memang Eroge dan anime rating dewasa relevansi dengan anime namun perlu diketahui sekarang ini banyak anak-anak yang telah mengetahui internet, apalagi anak-anak juga suka dengan animasi,

Jadi kemungkinan dalam suatu grup pastinya akan ada anak-anak, jika grup itu untuk semua umur seharusnya harus menghargai dan tidak di publikasikan anime ratting dewasa tersebut, lebih baik buat grup sendiri yang dikhususkan untuk remaja-dewasa.

Setiap peraturan di grup anime yang saya lihat rata-rata sama, semua grup boleh OOT (Out of Topic) artinya kita dapat memberikan wawasan, informasi dan hiburan yang bukan berkaitan mengenai anime.

Dengan peraturan itu maka ada beberapa kalangan yang mengambil kesempatan untuk mempublikasikan video dewasa, eroge dan berkaitan yang tidak boleh dilihat untuk yang belum cukup umur.

Padahal jika diambil sisi positifnya Tag OOT dimaksudkan untuk mengetahui informasi yang bukan berkaitan anime seperti memberikan letak bahwa ada tempat yang indah di Indonesia, Dalam kompetisi ajang olahraga Indonesia mendapatkan medali emas, dan lain sebagainya. Sayangnya banyak yang memanfaatkan peraturan OOT ini.

Bonus

Baru-baru ini kamu tahu, kan komentar spam yang ada di facebook, yang memperlihatkan video dewasa?

Saya mengamati dan menelusuri siapa saja yang kena spam komentar dengan video dewasa itu, dan ternyata hasil dari pengamaan saya adalah facebook dengan akun anak-anak (sekitar SD) dan SMP yang paling banyak kena dengan spam tersebut.

Untuk remaja-dewasa jarang terjadi dan untuk dewasa saya jarang melihat ada yang kena.

Maaf jika saya tidak kasih bukti, awalnya mau kasih tapi untuk menjaga privasi agar tidak dibully saya hapus foto-foto yang kena spam video dewasa tersebut, dan awalnya juga mau di sensor nama dan foto profilnya tapi percuma saja karena tidak bisa melihat kebenarannya apakah dia benar anak-anak atau tidak. Terserah mau percaya atau tidak, silakan diteliti sendiri untuk kebenarannya.

Di bully


Di bully

Tidak hanya di dunia realita, di dunia maya pun (terutama di media sosial) kita tahu bahwa bully merupakan hal yang sangat masih terikat dengan orang-orang.

Kita tahu bahwa bukan hanya di grup saja ada tindakan pembullyan, di status sendiri pun jika ada orang yang iseng terkadang juga dapat menimbulkan pembullyan.

Berkaitan dengan itu, Facebook sendiri telah menjaga komunitasnya untuk terus melaporkan tindakan yang melanggar peraturan seperti pembullyan (silahkan cek google caranya), dengan begitu jika kamu sebagai orang yang kena pembullyan maka bisa melaporkan ke tim Facebook.

Berbicara pembullyan, saya melihat grup anime merupakan sarang dari tindakan pembullyan. Jarang grup yang saya lihat mensaring post yang komentarnya membully TS (orang yang memposting).

Apalagi bully-nya itu habis-habisan tidak pandang bulu dia anak kecil atau orang dewasa yang pentig mungkin untuk menyenangkan hati sesaat. Ini bukan masalah admin yang tidak tegas, tapi juga masalah anggota lain yang tidak melaporkan ke admin.

Membully seseorang yang jika seandainya dia adalah anak kecil bisa saja berdampak pada psikis pada anak tersebut.

Lemah syahwat


 (Tidak ada ilustrasi)

Hanya sebuah hipotesis, kemungkinan bisa lemah syahwat untuk yang remaja karena terlalu lama melihat postingan anime ratting dewasa, dan video dewasa, lalu secara spontan melakukan 'anu' tiap hari dan akhirnya lemah syahwat.

Bukan hanya melihat video dewasa, mungkin karena stress atau bahkan di bully di grup ia jadi seperti ini, karena seperti yang diketahui terlalu lama memakai media sosial bisa berdampak pada psikis seseorang. Untuk kebenarannya silahkan dilteliti sendiri.

Tidak ingin menambahkan kata-kata lagi, kalau ingin menambahkan silahkan berkomentar benar atau tidaknya

Melebih-lebihkan yang seharusnya tidak boleh


Melebih-lebihkan yang seharusnya tidak boleh

Maksudnya melebih-lebihkan disini adalah melebihkan sesuatu perkataan yang tidak seharusnya di ulangi dan tidak boleh di ucapkan. Contohnya menggunakan emoticon ":v" berulang kali, menggunakan kata "coeg" berulang kali, menggunakan kata "lacur" setiap pembicaraan waifu, setiap orang bertanya rekomendasi anime akan dijawab "boku no pico" berulang kali, atau "oni chi chi" atau "otome dori" berulang kali, dan lain sebagainya.

Terlalu lama mengikuti grup akan berdampak seperti itu, kata-kata tersebut tidak ditaruh pada tempatnya.

Secara hukum lingkaran dimana tidak ada ujungnya suatu grup jika anggotanya seperti itu semua maka akan seperti lingkaran yang tidak ada ujungnya kecuali ada gunting yang memotong lingkaran tersebut.

Orang B serius ingin meminta rekomendasi ternyata orang A menjawab boku no pico ke B, karena penasaran dan ingin menontonnya ternyata nyesel karena di bohongi. Lalu Orang B ingin mencoba seperti A untuk menjawab Boku no pico ke C dan perputaran lingkaran akan terus terjadi.

Perang karakter idola ataupun waifu/husbando


Perang karakter idola ataupun waifu/husbando

Setiap orang yang menonton anime pasti memiliki idola/waifu/husbando. Terkadang akan ada yang namanya main cantik-cantikan/ganteng-gantengan waifu masing-masing, dan itu disengaja untuk hiburan semata.

Disisi lain ada juga yang merasa marah dengan perang waifu/husbando ini. Perang ini biasanya melibatkan foto cosplay, gambar fan art, wallpaper, wallpaper Handphone, dan lain sebagainya.

Otomatis orang yang baru mengenali anime mereka akan mengikuti dengan yang namanya perang ini bahkan sampai ada pakai #teamwaifu (contoh #TeamChitoge).

Pamer barang


Pamer barang

Seperti halnya diatas, "melebih-lebihkan yang seharusnya tidak boleh". Hukum lingkaran terjadi disini, jika ada orang memamerkan barangnya maka yang lain juga akan memamerkan barangnya (bukan barang yang ditubuh ya).

Mengesampingkan perbedaan mengenai barang orisinal atau bajakan, banyak sekali orang yang memamerkan barang tanpa jelas, tapi ada juga orang yang memberikan edukasi mengenai barang itu.

Kena Spoiler


Kena Spoiler

Hal ini tidak perlu dibahas karena kita sudah mengetahui bahwa jika dikelilingi dengan orang yang sudah menonton duluan, kita sebagai orang yang belum nonton akan terkena spoiler baik itu tidak disengaja maupun disengaja.

Dapat banyak teman yang satu hobi


Dapat banyak teman yang satu hobi

Dengan adanya suatu komunitas kita dapat mempunyai banyak teman yang satu hobi. Biasanya akan ada pertemuan, hal ini untuk menjalin ikatan agar dapat mengenal satu sama lain.

Dengan melihat dan nongkrong di grup kita dapat mempunyai teman yang sebelumnya kita tidak prediksikan.

Dapat Informasi, dan hiburan mengenai anime


Dapat Informasi, dan hiburan mengenai anime

Kita dapat menggali informasi yang telah dibagikan oleh anggota lain mengenai anime, seperti daftar anime tahun 2016, dafar anime tahun 2015, dari studio mana yang membuat anime ini, siapa saja yang terlibat dalam pembuatan anime kali ini, informasi terbaru dan lain sebagainya.

Disisi lain akan ada hiburan juga yang telah dibagikan oleh anggota lain seperti meme, parody, dan lain sebagainya.

Kena dan bisa sadar dari Chuunibyou maupun Weaboo


Kena dan bisa sadar dari Chuunibyou maupun Weaboo

Bagi yang remaja mereka akan terkena Chuunibyou karena telah melihat beberapa anime, lalu diikuti dengan melihat grup yang anggotanya merupakan satu hobby.

Api ketemu api jadi besar, Air ketemu air jadi banyak sama seperti ini Penggemar anime yang kena Chuunibyou dengan penggemar anime yang kena Cuunibyou jadi makin parah.

Tapi jika telah menemukan anggota yang sudah melewati masa-masa Chuunibyou atau ada anggota yang lain yang memberikan arahan bahwa Chuunibyou itu adalah sebuah penyakit, orang yang sebelumnya kena Chuunibyou akan menjadi sembuh dengan beberapa arahan anggota lain.

Begitu juga dengan Weaboo hanya saja Weaboo ini sulit dihiangkan karena ini merupakan hobi yang berkaitan dengan Jepang, jadi terkadang akan ada yang namanya secara tidak sengaja mengucapkan kata-kata Jepang seperti, Kawaii, dan lain sebagainya.

Mengetahui Bahasa Jepang dan negara Jepang


Mengetahui Bahasa Jepang dan negara Jepang

Hobi ini berkaitan dengan Jepang, anime menggunakan bahasa Jepang. Berarti semua kosakata atau tulisan adalah bahasa Jepang.

Biasanya ada anggota lain yang menanyakan seputar kosakata Jepang, dan anggota lain yang mengerti Bahasa Jepang akan menjawabnya.

Bukan hanya kosakata, biasanya akan ada anggota atau admin yang membagikan informasi seputar Jepang seperti infrastruktur, budaya, kepercayaan, bagaimana kehidupan di sana dan lain sebagainya.

Dengan adanya komunitas anime, kita menjadi lebih mengetahui mengenai negara Asean yang telah maju.

Kurang lebih begitulah dampak positik dan negatifnya. Setiap grup memang berbeda-beda namun yang perlu diketahui adalah setiap admin ingin anggotanya tidak melanggar peraturan yang telah dibuat dengan susah payah melalui hasil dari pengamatan dan penilitan, begitupun juga dengan anggota yang mematuhi peraturan yang berlaku, mereka ingin grup yang diikutinya benar-benar mempunyai visi-misi yang sama.


Share this with short URL: Get Short URL
loading short url

Advertisement





Advertisement