Review Anime Serial Experiment Lain: Siapa Aku

Advertisement

Masih ragu dengan anime serial experiment lain? jika ragu coba simak artikel ini karena di sini saya akan mereview anime Serial Experiment Lain.

Informasi

Type: TV
Total episode: 13
Status: Telah tayang
Tanggal: 6 Juli 1998 - 28 September 1998
Pengusaha Film:  TV Tokyo, Geneon Universal Entertainment, Genco, Triangle Staff, Pioneer LDC, TV Tokyo Music, Fuji Pacific Music Publishing
Genre: Dementia, Drama, Mystery, Psychological, Sci-Fi, Supernatural
Durasi: 23 menit per episode
Rating: R - 17+
Score: 7.98 (Myanimelist)
Director:  Ryuutarou Nakamura

Sinopsis

Cerita berfokus pada Iwakura Lain, seorang gadis remaja yang introvert, dan terisolasi dari sebagian teman-teman sekolahnya. Baru-baru ini Wired merupakan jaringan global mirip dengan internet yang tengah populer dari kalangan anak-anak hingga dewasa. Suatu hari teman-teman sekelas Lain mendapatkan pesan spam random yang tidak tahu darimana asalnya, Lain yang ketika itu tidak tahu menahu tentang komputer maupun jaringan Wired, disuruh teman dekatnya untuk mengecek email di rumah apakah juga dikirimkan pesan spam atau tidak. Lain langsung pulang ke rumah dan mengecek, ternyata orang yang mengirim pesan tersebut adalah teman sekelas Lain yang bernama Chisa Yomoda, teman sekelas Lain yang telah meninggal karena telah melakukan bunuh diri. Chisa mengatakan bahwa dia tidak mati, tapi hanya "meninggalkan tubuh fisiknya dan darah daging". Dia telah hidup di dalam dunia virtual yang merupakan bertolak belakang dari realitas. Dunia virtual itu adalah Wired, dimana dia telah menemukan Tuhan yang sebenarnya. Lain yang ketika itu bingung dengan pesan tersebut langsung meminta kepada ayahnya agar di belikan komputer agar tersambung dengan jaringan Wired. Dari sini, Lain terjebak dengan serangkaian misteri Tuhan yang dibicarakan Chisa, dan mengetahui apa itu jaringan Wired sebenarnya.

Screenshot


Review anime serial Experiment Lain - Iwakura Lain

Review anime serial Experiment Lain - Iwakura Lain

Trailer




Karakter

Iwakura Lain = Karakter utama dalam anime yang introvert, tidak mengerti mengenai Wired dan komputer, tapi disaat ingin mengetahui dan mempelajari tentang komputer dan jaringan Wired dia menjadi hebat dalam hal teknologi dan jaringan wired, banyak orang bilang seperti Hacker.

Cerita

Serial Experiment Lain memperlihatkan pskilogi manusia ketika manusia sedang berdampingan dengan dunia virtual seperti bermain game, mencari informasi seseorang, bertransaksi dan melakukan sesuatu yang lainnya di dunia virtual. Anime ini seperti memperlihatkan penonton sebab akibat jika terlalu lama dengan dunia virtual. Cerita berfokus pada gadis remaja yang awalnya tidak tahu apa-apa tentang komputer dan Wired (jaringan global yang mirip dengan internet), tapi suatu hari dia mendapatkan pesan dari seorang teman sekelasnya bahwa di dunia virtual ada Tuhan. Karena penasaran gadis itu ingin mempelajari tentang jaringan wired dan berakhir menjadi ahli.

Dari awal atmosfir anime ini sangat berat dan gelap, susah dimengerti dan bingung dengan "apa yang sebenarnya terjadi?". Penonton terasa seperti diputar balikan otak agar mengerti mengenai keadaan dalam anime ini, rasanya akan terasa bingung dengan alur cerita anime jika terus dipikirkan karena dari awal tidak ada jawabannya sama sekali, tapi semua kebingungan itu akan terjawab dengan perlahan. Puzzle-puzzle kosong yang sebelumnya tidak ada akan tersedia di akhir, namun untuk memunculkan puzzle itu, penonton harus mengingat dengan kejadian yang sebelumnya terjadi. Semua puzzle jawaban akan muncul di akhir nanti hanya saja jawaban itu dicampur aduk dengan kejadian yang ada di dunia realita, agak sulit untuk menemukan jawaban sebenarnya. Alur ceritanya sendiri agak lambat, dan dapat membuat penonton terseret ke dalam atmosfir tersebut karena beberapa halusinasi dapat membuat pemikiran penonton menjadi bingung dan sulit untuk di cerna karena anime ini bergenre dementia.

Selain ceritanya yang membuat bingung, anime ini juga memperlihatkan kedua sisi karakter utama yang saling bertolak belakang, yang satu introvert dan yang satu extrovert. Awalnya karakter utama itu tidak sadar dengan dirinya sendiri yang berkepribadian dua, namun ketika teman-temannya memberi tahu bahwa dirinya ada dua. Karakter utama itu memastikan sendiri untuk memecahkan kasus tersebut, dan sering bertanya-tanya kepada dirinya sendiri, apakah benar aku ada dua, lalu jika aku ada dua "siapakah aku sebenarnya", apakah benar "aku ini ada", apakah benar "aku" telah di lahirkan di dunia real ini, benarkah aku mempunyai kepribadian yang ganda, dan aku ini ada dimana, semua pertanyaan itu akan terjawab di akhir nanti namun saat pertanyaan-pertanyaan itu muncul dapat mengakibatkan penonton bingung secara berkepanjangan dengan anime ini.

Berkaitan dengan hal itu, dalam menuntaskan yang terjadi di Wired, banyak kejadian yang nyata terambil oleh anime ini, teori dan konspirasi pun bercampur aduk dalam anime ini untuk menuntaskan apa yang terjadi dengan Wired dan dirinya sendiri. Mungkin ada yang percaya dan mungkin ada yang tidak percaya dengan teori dan konspirasi tersebut, tapi semua itu telah menjadi kesatuan dengan apa yang terjadi nanti di akhir cerita.

BGM

Sangat mendukung sekali dengan tema gelap dan menjelaskan sesuatu yang bercampur aduk yang ditambah dengan halusinasi, dan mimpi. Dengan bgm tanpa tersadar dapat membuat penonton terseret ke dalam ceritanya

Score pribadi

9.4/10

Review

14 Desember 2015

Saran dari saya untuk menonton anime ini.

- Tonton saat pagi-siang hari karena otak kita bekerja dengan baik
- Ssebaiknya isi tenaga dahulu untuk menonton anime ini
- Setiap ucapan harus kamu pahami.

Anime pscyhological ini dapat membuat para penonton sangat bingung kepanjangan, sampai akhir pun akan dibuat bingung dengan melibatkan halusinasi dan realitas yang ada, ditambah lagi ada beberapa teori yang mungkin juga bisa dibilang konspirasi dari kenyataan.

Share this with short URL: Get Short URL
loading short url

Advertisement





Advertisement