Review Gon: Karakternya Mirip Saitama dan Melakukan Hal Greget

Advertisement

One Punch Man merupakan salah satu anime yang sangat populer sekali di tahun 2015. Hal itu telah terbukti bahwa ada banyaknya parody yang telah dipublikasikan di media sosial, karena hal tersebut orang yang sebelumnya tidak mengetahui anime jadi ikut-ikutan menonton dan membagikan parody One Punch Man juga.

Bahkan salah satu situs komedi yang telah populer selama ini, 9gag juga telah membagikan parody One Punch Man melalui fanpage resminya.

Parody yang sangat populer dari anime ini adalah sang protagonist, Saitama melakukan 100 push-ups, 100 sit-ups, 100 squats, dan lari 10 km setiap hari untuk mendapatkan kekuatan yang sangat luar biasa yaitu '1 hit' (sekali dipukul musuh langsung mati). Berkat kepopuleran tersebut anime ini terus mendapatkan banjir ratting baik dikalangan banyak orang.

Setelah anime ini tamat banyak orang yang menanyakan kelanjutan dari anime ini, dan berharap kelanjutan ceritanya segera dibuat.

Sampai artikel ini dibuat belum ada pengumuman yang benar-benar valid mengenai kelanjutan anime One Punch Man, daripada menunggu kepastian yang masih di 'angan-angankan' saya sarankan lebih baik menonton anime yang mirip One Punch Man, dan manga yang mirip One Punch Man.

Berbicara mengenai manga yang mirip One Punch Man, ada salah satu manga yang karakternya sangat mirip sekali dengan Saitama, bukan hanya karakternya saja beberapa aspek seperti ekspresi wajah juga mirip dengan Saitama.

Namun walaupun mirip karakter yang ditampilkan sangat berbeda jauh dengan anime One Punch Man. Dalam manga ini karakter utamanya bukan manusia yang ditampilkan melainkan hewan purba yang sudah punah yakni dinosaurus.

Judul manga ini adalah 'Gon', singkat namun jelas. Seperti anime Naruto, judul manga ini diambil dari nama karakter protagonist yaitu Gon, yang merupakan satu-satunya dinosaurus yang masih hidup. Untuk informasi detailnya silahkan disimak berikut ini.

Manga Gon


Type: Manga
Volumes: 7
Chapters: 24
Status: Finished
Published: 1992 to 2002
Genres: Action, Adventure, Drama, Seinen
Authors:  Tanaka, Masashi (Story & Art)
Serialization: Morning

Manga ini mirip Saitama bahkan melakukan hal greget - Manga Gon

Sinopsis



Gon dinosaurus kecil berpetualang kesana-sini melewati sungai, hutan dan rintangan yang ekstrim. Saat melakukan pertualangannya ia dapat berenang seperti ikan, bahkan dapat terbang seperti burung. Gon berkomunikasi dengan binatang lainnya tanpa bicara, jika diganggu ia dapat memberikan luka parah hanya dengan sekali gigit.

Review

Manga ini mirip Saitama bahkan melakukan hal greget - Manga Gon


Manga Gon disetting dimana dinosaurus sudah semakin kesini makin punah, hanya satu dinosaurus kecil yang dapat bertahan hidup selama ini, di manga ini juga tidak ada manusia.

Secara garis besar manga ini alami yang menceritakan kehidupan binatang yang bebas diluar alam sana tanpa melibatkan manusia. Judul manga ini diambil dari nama karakter utama dalam manga ini yakni 'Gon'.

Cerita berfokus pada keseharian karakter protagonist, Gon yang berpetualang untuk berburu, tidur, makan, dan mencari tempat perlindungan seperti binatang pada umumnya.

Gon dapat melakukan dan menirukan apapun seperti binatang lain; berenang layaknya ikan, terbang layaknya burung, belari kencang layaknya singa yang sedang berburu mangsa, dan lain sebagainya.

Saat berpetualang ia selalu mendapatkan teman, mereka berkomunikasi hanya menggunakan ekspresi wajah, ya dengan menggunakan ekpresi wajah artinya tidak ada dialog di dalam manga ini.

Hanya dengan melihat gambar yang merupakan perwakilan dari seribu kata, pembaca akan terasa lebih mendalami dengan apa yang disampaikan dan dibicarakan oleh masing-masing karakter.

Selain dengan ekspresi wajah, gerak-gerik tubuh juga inti bagian dari manga ini, dasarnya manga ini menggunakan mimik untuk berkomunikasi dan mengekspresikan apa yang sedang dilakukan.

Gon memiliki sikap yang berubah-ubah sesuai dengan keadaan yang disekitarnya, seperti jika diganggu akan marah, berbagi makanan dengan binatang yang lain, merebut mangsa/makanan yang seharusnya milik binatang lain, berbagi pengalaman, menolong jika ada kesusahan, mengajarkan kehidupan ke binatang lain yang masih kanak-kanak, balas dendam jika ia diperlakukan tidak adil dan lain-lain. Terkadang binatang yang disekitarnya merasa takut dengannya dan terkadang juga berani.

Hal yang membuat menarik dalam manga ini adalah (a) Gon ternyata mempunyai kekuatan, seperti sekali menggigit musuh (binatang yang menganggunya) akan langsung terluka parah, sekali sundul dengan kepalanya musuh akan terlempar jauh bahkan pohon pun bisa tumbang, tubuhnya keras seperti batu, dapat menarik hal yang berat seperti tubuh hewan yang besar contohnya saja gajah, dan lain sebagainya, Intinya dia memiliki kekuatan yang tidak bisa dibayangkan seperti Saitama, dan Badass (b) penggambaran manga-nya sangat bagus sekali yang dapat mendukung mimik, dan tingkah laku pada masing-masing karakter jadi mudah dicerna untuk para pembacanya walaupun tanpa dialog (c) Eksekusi perpindahan tiap panel sangat detail dieksekusinya, yang dapat membuat para pembaca lebih memahami apa yang sedang dilakukan oleh masing-masing karakter dan apa yang disampaikan oleh mangaka 'tanpa adanya dialog'.

Manga Gon ini merupakan episodik artinya tiap chapter tidak berhubungan sama sekali jadi bisa dibaca untuk kapan saja. Kesenangan, kebahagian, kesedihan, menderita, perjuangan menghadapi cobaan, melawan takdir, kehilangan seseorang semuanya akan dirangkum dalam manga ini.

Seperti pet Saitama

Dari padangan saya dasarnya manga ini adalah parasit, karakter utama selalu berpindah-pindah tempat dan menumpang dengan binatang lain tanpa memperlihatkan perbedaan, dan juga menirukan binatang lain; menjadi burung, menjadi penyu, menjadi ikan, menjadi penguin, dan lain-lain.

Karakter utama dalam manga ini juga bisa dikatakan seperti mad dog karena melakukan hal greget yang sulit dibayangkan, contohnya saja ada satu cerita yang bercerita mengenai anak angkat karakter utama yang dilatih dengan greget yang tidak biasa dilakukan oleh binatang biasa.

Score


9.3/10

Review

27 Januari 2016

Ulasan sebelumnya : Manga 'master fap-fap' manga yang harus dibaca untuk fapper

Bagi kamu yang ingin membaca yang dapat membuat kamu rileks ada kalanya mencoba manga yang satu ini.


Share this with short URL: Get Short URL
loading short url

Advertisement





Advertisement