Inilah Anime yang Memasukan Momen Gerhana Matahari

Advertisement

Tahun ini adalah tahun yang sangat dinanti-nantikan bagi Indonesia karena pada tanggal 9 Maret 2016 Indonesia akan dilewati gerhana matahari total.

Banyak orang dari seluruh dunia yang antusias dengan fenomena alam ini termasuk juga jurnalis, dan para pecinta astronomi Indonesia yang juga tidak mau ketinggalan dengan momentum ini.

Lalu apa sih yang begitu spesial dan kenapa gerhana matahari total ini sangat dinanti-nantikan? berikut ini penjelasan dari salah satu akun Youtube yang telah dianimasikan agar mudah dimengerti untuk mengetahui 'seberapa spesialnya gerhana matahari total ini'.


"Mengapa begitu spesial? pendeknya, gerhana matahari total terjadi setiap 33 tahun sekali di Indonesia. Terakhir kali gerhana matahari total yang telah terjadi Indonesia pada tahun 1983, artinya sudah lama sekali. Jika kita kelewatan dengan tahun ini, kita bisa melihat kembali gerhana matahari total di Indonesia pada tahun 2049."

Untuk melihat kota mana saja yang dilewati oleh gerhana matahari total di tahun ini kamu bisa melihat di Infografik: Lintasan Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016.

Bebicara gerhana matahari, di Indonesia sendiri mempunyai mitos tersendiri mengenai gerhana matahari ini diantaranya, diharuskan menutup wajah dan kepala saat gerhana matahari total berlangsung hal inti ditunjukan agar rambut kita tidak berubah menjadi warna putih yang disebabkan karena efek dari gerhana.

Saat gerhana matahari berlangsung itu menandkan bahwa matahari telah dimakan oleh sebuah raksasa untuk selengkapnya bisa kamu cek di Google. Mitos-mitos tersebut sampai saat ini masih terdengar di Indonesia, untuk melihat videonya bisa kamu lihat di bawah ini.


Total Solar Eclipse In Indonesia On 9 March 2016
Indonesia will offer the best locations to watch the spectacular solar eclipse on 9 March 2016 when its shadow sweeps across this archipelago from west to east. Space watchers, amateur and professional astronomers should note the cities where the total solar eclipse can be best observed.
Posted by Indonesia.Travel on Wednesday, February 24, 2016

Melihat video tersebut saya terpikirkan oleh beberapa anime yang sempat menempatkan gerhana matahari total ke dalam cerita. Beberapa diantara anime ini, gerhana matahari ditempatkan sebagai fenomena yang menguntungkan dan ada juga yang menempatkan sebagai fenomena yang sangat mengerikan bagi seluruh umat manusia. Berikut ini anime-anime yang telah menempatkan gerhana matahari total sebagai sebuah cerita.

Gerhana di anime

Mushishi

Gerhana di anime - Mushishi

Dalam mushishi, gerhana matahari total terjadi berhari-hari bahkan hampir dikatakan tanpa henti. Fenomena aneh tersebut disebabkan oleh Mushi, sebuah makhluk yang tidak berbentuk tidak pula hidup dan juga tidak mati. Ginko yang merupakan salah satu orang yang tahu mengenai fenomena aneh ini mencoba untuk mencari Mushi yang menyebabkan gerhana ini.

Berserk

Gerhana di anime - Berserk

Dalam akhir cerita Berserk, ada sebuah keanehan yang dialami oleh Griffith. Keanehan itu memunculkan penampakan yang mengerikan yang dibarengi juga dengan gerhana matahari. Gelap, dan merah itulah pemandangan dilihat yang juga memunculkan banyak monster dan menandakan lahirnya anggota baru untuk kelompok Godhand. Selain itu ternyata anime berserk ada hantunya

Digimon adventure

Gerhana di anime - Digimon adventure

Di akhir cerita dari digimon adventure ada sebuah adegan yang sangat mendebarkan dimana gerhana matahari sebagai gerbang untuk kembali ke bumi dari dunia digital, gerbang itu akan menutup jika sudah melewati dari 2 jam. Dengan situasi yang genting itu mengharuskan anak-anak terpilih berpisah untuk mengatakan selamat tinggal dengan para monster, karena jika tidak akan menyebabkan risiko yang sangat tinggi yang dapat menyebabkan anak-anak tersebut tidak dapat kembali ke rumah dan dapat berpotensi akan terhapus sebagai penyimpangan di dunia digital.

Fullmetal Alchemist

Gerhana di anime - Fullmetal Alchemist

Salah satu anime yang sangat fenomenal dengan cerita yang epik yang berkaitan dengan alkimia. Di dalam cerita Fullmetal Alchemist ada sebuah fenomena gerhana matahari yang memungkinkan ada hubungannya dengan simbolis alkimia dengan matahari dan bulan dimana dikatakan matahari akan dimakan.


Para penggemar Fullmetal Alchemist menyebutkan "The eclipse", yang merupakan sebuah referensi dari Berserk. Gerhana ini penting untuk rencana ayah protagonist, Hohenheim yang secara spesifikasinya menggunakan umbra sebagai lingkaran transmutasi.

Saint Seiya

Gerhana di anime - Saint Seiya

Saint Seiya merupakan salah satu anime yang pernah tayang di Indonesia. Dalam Saint Seiya, Hades selaku dewa dunia bawah menyelaraskan semua benda luar angkasa di tata surya untuk menjadi gerhana akhir, yang akan menghasilkan 'malam tanpa akhir'.

Umi Monogatari

Gerhana di anime - Umi Monogatari

Ada sebuah fenomena gerhana matahari agak sedikit lama di anime Umi Monogatari yang dapat membuat orang-orang yang menontonnya merasakan kekosongan/hampa. Hal ini juga menandakan membawa cerita Umi Monogatari sedang memasuki atmosfir yanng lebih gelap.

Sailor Moon

Gerhana di anime - Sailor Moon

Pada season ke 4 Sailor Moon, Dead Moon Circus dari dimensi mimpi buruk telah tiba di bumi melalui gerhana matahari. Ketika pemimpin Dead Moon, Ratu Nehelenia menghancurkan dan bebas dari penjara cermin ajaib, ia langsung mengambil ahli dunia. Kekuatan sihir jahatnya menyebabkan gerhana matahari menjadi tanpa akhir yang mencakup seluruh dunia dalam kegelapan, kekuatan ini tidak akan hilang sampai Ratu Nehelenia disegel oleh Sailor Moon.

Pokemon

Gerhana di anime - Pokemon

Dalam serial Pokemon Diamond & Pearl: Arceus Choukoku no Jikuu e, Damos diharuskan untuk mengembalikan diamon ke kehidupan Arceus saat gerhana matahari yang selanjutnya.

Yu-Gi-Oh!


Gerhana di anime - Yu gi oh

Ada salah satu karakter Yu-gi-oh yang bernama Zorc Necrophades nyaris tak terkalahkan, yang kemudian memanggil Malam tanpa akhir melalui gerhana matahari.

Tenkuu no Escaflowne

Gerhana di anime - Tenkuu no Escaflowne

Di Tenkuu no Escaflowne bumi dikenal sebagai mistik bulan, bergerak di depan matahari selama pernikahan Millerna dan Dryden. Bumi dikelilingi oleh lingkaran biru selama gerhana, namun warnanya tampak seperti merah yang cocok untuk perang Curb-Stomp.

Zero no Tsukaima

Gerhana di anime - Zero no tsukaima

Saat berjalan di tengah-tengah kota yang penuh dengan orang, Saito tiba-tiba memasuki sebuah lubang yang ternyata sebuah lubang yang terhubung ke dunia lain, di dunia itu ada dua bulan yang merupakan dunia aneh yang dikeliling oleh sihir.


Saito menjadi budak salah satu penyihir yang disebut juga "Zero" karena ia tidak dapat menyihir namun sebaliknya, ia hanya bisa meledakan sesuatu yang ada disekitarnya.


Suatu hari Saito menemukan ada pesawat tempur yang berasal dari dunia asalnya, selidiki demi selidiki akhirnya Saito menyimpulkan jika pesawat itu masuk ke dunia lain seperti Saito melalui gerhana matahari.


Untuk kembali ke dunia asalnya, Saito akhirnya memutuskan untuk menunggu gerhana selanjutnya yang sebentar lagi akan tiba.

Referensi : Total Eclipse of the Plot  

Itulah beberapa anime yang memasukan gerhana matahari  kedalam cerita. Setelah melihat daftar di atas Rata-rata momen gerhana matahari ini di munculkan sebagai moment mengerikan seperti menimbulkan kehancuran.


Share this with short URL: Get Short URL
loading short url

Advertisement





Advertisement