Fungsi dari Kode Acak-Acakan Pada Video Rilisan Fansub

Advertisement

Setiap fansub besar seperti awsub, oploverz, lulusubs, aiasubs, jalsubs, anti fansub, gantzid, kentutneraka akan mensisipkan angka dan huruf yang bercampur aduk menjadi acak-acakan di setiap video rilisiannya.

Untuk yang ingin tahu tentang fansub Indonesia: Yuk mengenal fansub Indonesia

Biasanya angka dan huruf acak-acakan ini ada 8 digit yang diawali dan diakhiri dengan tanda kurung "[]". Tanda kurung "[]" di letakan agar tidak bercampur aduk dengan tulisan-tulisan nama fansub, nama judul anime, episode, dan lain-lain.

Namun ada juga beberapa fansub yang hanya meletakannya tanpa diawali dan ditutupi dengan tanda kurung.

Pertama kali melihat hal tersebut yang di benak pikiran orang-orang, angka dan huruf tersebut tidak ada fungsinya sama sekali hanya seperti kiasan lalu dihapus begitu saja.

Namun nampaknya angka-angka dan huruf-huruf yang dicampur aduk menjadi acak-acakan tersebut memiliki fungsi yang tak kalah pentingnya juga. Angka dan huruf yang bercampur aduk tersebut dinamakan CRC32.

Contoh

Kode CRC pada fansub


CRC32


Fungsi dari kode acak-acakan pada video rilisan fansub - CRC32
Klik gambar untuk memperbesar
Untuk mengetahui dengan jelas mengenai CRC32 kunjungi artikel Checksum CRC32 : IlmuKomputer.

Letak kode CRC pada rilisan fansub

Biasanya letak kode CRC pada rilisan fansub ada di belakang, setelah judul anime dan media (TV, Blu-ray), berikut ini contohnya (di atas). Kode CRC tidak sembarangan diketik begitu saja, untuk mensisipkan kode CRC harus adanya perhitungan sebagaimana telah dijelaskan di Ebook di atas.

Lalu bagaimana cara para fansubber mensisipkan kode CRC tanpa harus perhitungan? Rata-rata para fansubber biasanya mensisipkan kode CRC melalui software Animechecker.

AnimeChecker

Fungsi dari kode acak-acakan pada video rilisan fansub - animechecker

Animechecker adalah software yang digunakan untuk perhitungan CRC32 pada suatu berkas (file) lalu menampakannya. Untuk memeriksa dan memastikan integritas (Untuk mendeteksi kerusakan pada suatu berkas).

Animechecker menghitung nilai CRC dari suatu file lalu akan membandingkan dengan nilai CRC yang telah diberikan, Jika sama maka berkas tidak ada masalah, namun jika tidak berkas tersebut kemungkinan rusak atau tidak lengkap.

Artinya, bagi fansubber AnimeChecker digunakan untuk perhitungan CRC32 yang nantinya akan disisipkan di rilisannya, lalu untuk para pengunduh AnimeChecker ini dapat digunakan untuk mendeteksi kerusakan pada berkas yang sudah dimunculkan nilai CRC-nya oleh para fansub.

Software ini akan mendeteksi apakah nilai CRC itu berubah atau tidak, jika berubah maka kemungkinan video yang sudah di unduh rusak, sedangkan jika tidak maka aman-aman saja.

'Kurang lebih' seperti lubang pintu kunci, jika kuncinya cocok maka aman-aman saja (bisa masuk ke dalam rumah), namun jika tidak maka tidak bisa masuk (rusak) tapi bisa melewati jendela, tapi kalau seandainya melewati jendela terbuka sedikit itu harus susah payah untuk masuk ke dalam rumah.

Jadi sistemnya begini

Fansub merilis video yang telah disisipkan kode CRC hasil perhitungan dari AnimeChecker lalu di unggah ke dalam file hosting gratis/bebayar di internet -> pengunduh mengunduh video tersebut -> biasanya disaat mengunduh terkadang kalau video nya besar rata-rata banyak yang pause agar bisa diteruskan ke esokan harinya.

Setelah selesai terkadang video yang diunduh itu tidak para pengunduh ketahui apakah file tersebut corrupt atau benar-benar berhasil diunduh, disinilah kegunaan AnimeChecker untuk para pengunduh agar mengetahui video tersebut apakah nilai CRC nya cocok atau tidak cocok dengan apa yang telah ditulis di fansub seperti contoh di bawah ini.

Fungsi dari kode acak-acakan pada video rilisan fansub - CRC

Jika cocok maka video tersebut tidak corrupt, sedangkan jika nilai CRC-nya beda maka kemungkinan video tersebut corrupt atau ada sesuatu yang terjadi di video tersebut.

Cara menggunakan AnimeChecker

  1. Masuk ke AnimeChecker untuk mengunduh software-nya
  2. Buka software-nya, lalu klik tombol warna ikon "+" berwarna hijau
  3. Pilih berkas video anime yang ingin diperiksa lalu klik open
  4. Tunggu beberapa saat agar dapat diproses perhitungannya

  5. Fungsi dari kode acak-acakan pada video rilisan fansub - Animechecker

  6. File OK seperti di atas maka berkas video anime-nya baik-baik saja namun jika
  7. File not OK seperti di atas maka video tersebut ada sesuatu yang terjadi dan kemungkinan besar corrupt.

Bagaimana jika terjadi CRC not found seperti di bawah ini.

Fungsi dari kode acak-acakan pada video rilisan fansub - Animechecker

Silahkan kontak ke fansub yang bersangkutan

Itulah penjelasan dan fungsi mengenai kode acak-acakan pada rilisan fansub, dengan begini kita menjadi lebih tahu mengenai kode acak-acakan tersebut.


Share this with short URL: Get Short URL
loading short url

Advertisement





Advertisement