Review Anime Aria: Anime Rileks Wajib Ditonton Sebelum Mati

Advertisement

Melihat dari judul di atas pasti penasaran kenapa judul di artikel ini terlalu berlebihan (anak muda biasanya menyebut 'lebay') tidak karuan.

Ada alasan yang membuat saya membuat judul di atas, salah satunya agar dapat menarik rasa penasaran pembaca ke dalam artikel ini, yang pada awal ketika melihat judul di atas meninggalkan jejak sebuah pertanyaan "koq bisa sih anime ini 'wajib' ditonton, apalagi sebelum mati, apa yang membuat anime Aria harus ditonton?".

Jadi tujuan dari artikel ini ingin menyebarkan virus (mempromosikan) Aria kepada pembaca di sini dengan gaya penulisan yang baper (bawa perasaan) yang disebabkan oleh kehangatan yang sangat luar biasa dahsyatnya dari anime Aria.

Anime Aria bergenre Slice of life, merupakan salah satu anime genre slice of life terbaik sepanjang masa dan favorit yang saya nilai masterpiece (100/100) dimana menggambarkan harapan setiap orang yang ingin merasakan kesejukan, kehangatan, ketentraman, dan kedamaian.

Aria juga dapat membuka perasaan orang-orang dalam hal-hal yang kecil yang biasanya secara luas dibenci menjadi hal yang seharusnya dapat dinikmati dan disenangi.

Saat menonton anime Aria orang yang melupakan hal-hal kecil tersebut dapat menyadari bahwa tidak seharusnya membenci.

Akan tetapi, Aria 'agak' bertolak kebelakang dari kehidupan realitas yang sangat kejam. Di anime Aria karakter utama selalu menemukan sebuah keajaiban dan apa yang dilakukannya berjalan dengan mulus, jadi jangan terlalu kaget saat melihat hal-hal tersebut di anime ini.

Anime gnre slice of lice terbaik sepanjang masa - Aria

Cerita Aria lebih menekankan kedalam perasaan daripada pikiran, jadi jika menonton anime ini dengan pikiran, memikirkan apa bagusnya anime ini atau memikirkan dimana seru nya anime ini, dan memikirkan apa yang menarik dari anime, maka sepanjang jalan cerita akan terasa biasa saja dengan gaya penyajian anime ini yang lebih menggunakan dan menekankan perasaan di kehidupan sehari-hari karakter.

Anime Aria juga dapat mengubah gaya tontonan anime yang tadinya antusias melihat cerita yang bergenre harem, ecchi, dan ada fan service-nya (contoh : Anime harem ecchi hard dan school bagus dan terbaik) menjadi biasa saja saat melihat cerita yang bergenre tersebut, dan kadang-kadang menjadi terasa bosan menontonnya. Ini adalah salah satu efek dari anime Aria yang ceritanya telah menyebarkan kehangatan untuk yang menontonnya.

"Aria bosan ....", kebanyakan orang yang menonton anime ini akan merasa bosan karena anime ini berjalan dengan lambat.

Lalu tidak ada serunya seperti pertarungan sengit, tidak ada yang menarik seperti memecahkan misteri dengan karakter utama yang akan memecahkannya, tidak ada yang menarik seperti karakter utama yang badass, tidak ada yang lucu jalan ceritanya, dan pada akhirnya ceritanya datar seperti air yang mengalir dengan tenang di dalam suatu tempat seperti gelas atau permukaan yang datar.

Dengan begitu, akan banyak orang yang meninggalkan anime ini dengan separuh cerita yang sudah terlalu bosan di awal.

"Aria jelek lebih baik anime 'ini' ...", setelah itu mungkin akan ada orang yang membanding-bandingkan anime ini dengan anime slice of life yang lainnya, dimana anime tersebut sama-sama menunjukan kehidupan sehari-hari.

Walaupun begitu di anime Aria ini ada rasa sensasi yang berbeda daripada anime lain yang di setiap episodenya memberi kehangatan yang sangat luar biasa dahsyatnya dan bahkan ada sensasi yang luar biasa sekali saat anime Aria tamat.

Jadi apa yang membuat anime ini wajib ditonton, padahal banyak yang bilang Aria ini bikin bosan dan jelek?

Sebelum saya menjelaskannya, ada beberapa anime terbaik yang membuatmu bosen dengan harem ecchi, dimana anime tersebut layak ditonton setelah anime Aria. Untuk penjelasan mengenai kenapa anime Aria ini terbaik dan harus tahu sebelum mati, berikut ini penjelasan dari saya.

Sebelum itu, tidak salahnya melihat informasi mengenai anime Aria ini.

Ulasan Indonesia anime Aria

Informasi

Anime Aria ada 3 season (2 ova) jadi kurang lebih kalau dijumlahin ada 5 season yang masing-masing memiliki jumlah episode yang berbeda dan jalan cerita yang berada di satu jalur.

Aria the animation

Type: TV
Total episode:13
Status: Telah tayang
Tanggal: 6 Oktober 2005 - 29 Desember 2005
Studio:  Hal Film Maker
Genre: Fantasy, Sci-Fi, Slice of Life
Durasi: 24 menit/episode
Rating:  G - All Ages
Score: 7.81 (Myanimelist)
Sutradara : Junichi Satou

Aria The Natural

Type: TV
Total episode:24
Status: Telah tayang
Tanggal: 3 April 2006 - 25 September 2006
Studio:  Hal Film Maker
Genre: Fantasy, Sci-Fi, Slice of Life
Durasi: 24 menit/episode
Rating:  G - All Ages
Score: 8.32 (Myanimelist)
Sutradara : Junichi Satou

Aria The OVA: Arietta

Type: TV
Total episode:1
Status: Telah tayang
Tanggal: 21 september 2007
Studio:  Hal Film Maker
Genre: Fantasy, Sci-Fi, Slice of Life
Durasi: 30 menit/episode
Rating:  G - All Ages
Score: 8.16 (Myanimelist)
Sutradara : Junichi Satou

Aria The Origination

Type: TV
Total episode:13
Status: Telah tayang
Tanggal: 8 Januari 2008 - 1 April 2008
Studio:  Hal Film Maker
Genre: Fantasy, Sci-Fi, Slice of Life
Durasi: 24 menit/episode
Rating:  G - All Ages
Score: 8.68 (Myanimelist)
Sutradara : Junichi Satou

Aria The Avvenire

Type: TV
Total episode:3
Status: Telah tayang
Tanggal: 26 September 2015
Studio:  TYO Animations
Genre: Fantasy, Sci-Fi, Slice of Life
Durasi: 16 menit/episode
Rating:  G - All Ages
Score: 8.13 (Myanimelist)
Sutradara : Junichi Satou

Sinopsis

Bercerita tentang Akari yang berasal dari planet Man-home (dulunya bumi) yang pindah ke planet Aqua (dulunya Mars) untuk dapat menjadi undine (gelar pemandu wisata menggunakan gondola) terbaik yang dapat menemani para turis yang ingin berkeliling di kota neo venezia.

Akari memiliki cita-cita untuk menjadi prima undine (gelar teratas dari pemandu wisata). Saat di planet Aqua Akari bertemu dan berteman dengan sesama undine yang memiliki tujuan sama yang ingin menjadi prima undine. Mereka berlatih bersama-sama untuk menutupi kekurangan masing-masing untuk mengejar tujuan dan cita-cita menjadi prima undine.

Karakter

3 Sahabat para junior (Akari, Alice, Aika)

  • Akari Mizunashi : Akari berasal dari man-home (bumi) yang pindah ke Aqua (Mars) untuk mengejar cita-citanya menjadi prima undine. Ia selalu ceria, murah senyum, ramah, selalu menyebarkan kebahagian, dan tingkah lakunya terkadang lucu. Akari mempunyai bakat yang dapat membuat orang-orang disekitarnya dapat berinteraksi dengan baik, ia juga mempunyai bakat mendayung saat memandu para turis.
  • Alice Carrol : Memiliki umur yang masih muda, dan masih sekolah. Tingkah lakunya masih kayak anak kecil, walaupun begitu dia mempunyai sikap yang sangat dewasa. Alice merupakan salah satu undine termuda yang mempunyai bakat mendayung dan mahir menjadi undine, ia juga merupakan salah satu undine termuda yang sangat cepat perjalanannya untuk menjadi prima undine
  • Aika S. Granzchesta : Memiliki sifat yang Pemalu (tsundere), dan wibawa yang selalu menasihati, dan membenarkan jika teman-temannya sedang berada di jalan yang salah. Aika selalu berusaha keras karena tidak mempunyai bakat tidak seperti dengan kedua temannya, berbagai rintangan keras telah dialami oleh Aika saat mengejar cita-citanya. Aika memiliki kalimat ciri khas jika perkataan tersebut membuat dia terinspirasi, kesal atau membuatnya malu, "Hazukasii serifu kinshi!" (Embarassed word are not allowed!)

3 Sahabat para senior yang sudah menjadi 3 peri prima undine terbaik (Alicia, Athena, Akira)

  • Alicia Florence : Memiliki sikap yang Lembut, murah senyum, sabar, penolong, dan merupakan salah satu dari 3 peri prima undine terbaik yang dikenal sebagai undine yang sangat mahir dalam gondola. Banyak orang yang ingin menaiki gondolla dengan ditemani undine Alicia. Saking banyaknya permintaan Alicia setiap hari sibuk dan sudah jarang mengajarkan juniornya. Alicia merupakan senior dari Akari yang selalu membantu dengan sabar disaat Akari tidak bisa sama sekali mendayung gondolla. Alicia memiliki kalimat ciri khas seperti Aika, ia biasanya mengucapkan "Ara ... Ara... Ara ...".
  • Athena Glory :  Athena merupakan senior dari Alice. Tidak banyak bicara, dan selalu ceroboh (kikuk). Bahkan dimata juniornya ia seperti sebuah robot karena kecerobahannya yang selalu membuat juniornya kewalahan. Walaupun begitu kecerobohannya dapat menjadikan salah satu ciri khas Athena yang di rindukan oleh juniornya. Athena juga dapat bernyanyi, sekali bernyanyi dapat menghipnotis orang disekitarnya merasakan apa yang dinyanyikan oleh Athena, ia juga digambarkan seperti malaikat yang menyanyi. Berkat bakat menyanyi itu dia menjadi salah satu 3 peri prima undine terbaik.
  • Akira E. Ferrari : Memiliki sifat yang mudah marah, tegas, dan selalu mengajarkan para juniornya sesuai dengan pengalamannya. Akira juga sangat berusaha keras seperti Aika yang tidak mempunyai bakat. Ia merupakan salah satu senior terbaik karena selalu memberikan nasihat sesuai dengan apa yang dialaminya sejak masih muda. Berkat kerja kerasnya itu ia menjadi salah satu 3 peri prima undine terbaik yang di incar oleh semua orang. Akira merupakan senior dari Aika, mereka sama-sama berjuang keras untuk menjadi prima undine.

Ke 6 karakter di atas telah saya tambahkan di artikel inilah karakter anime tercantik untuk dijadikan waifu

Apa yang membuat anime Aria wajib ditonton?


1. Latar tempat yang diharapan semua orang


Anime Aria - Anime rileks - Latar tempat Aria

Aria berlatar tempat di Mars, yang sudah lama di gencar-gencarkan akan menjadi tempat tinggal manusia setelah Bumi. Di dalam anime ini semua bangunan yang ada di bumi, khususnya yang ada di Italia di replika ke planet aqua (kota Neo venezia) sedemekian mungkin.


Di sana banyak pepohonan hijau, air bening yang mengalir dan bangunan besar yang bersebrangan berkat kerja keras, harapan, dan keajaiban yang dilakukan oleh manusia.


Tempat ini merupakan sebuah tempat yang sejuk dan menghangatkan penonton, karena di tempat ini seperti tidak ada konflik yang terjadi. Udaranya pun terlihat sejuk dengan air yang mengalir, pepohonan yang hijau dan bangunan besar yang bersebrangan.


Seperti yang diketahui, sekarang ini bumi sudah tua, banyak pepohonan yang mati, air yang terkena limbah dan banyaknya bangunan yang besar. Akibatnya, udara menjadi tidak sejuk (kotor), air terkontaminasi dan banyak orang yang tinggal dengan bangunan besar tidak menghirup udara segar.


Apalagi ditambah dengan kehidupan realitas yang banyak pekerjaan, tugas, dan kegiatan berat yang dapat membuat pikiran semakin stress.


Biasanya kalau ingin beristirahat, akan ada bayangan tempat dimana ingin pergi ke tempat yang indah dimana air masih bening mengalir, pepohonan hijau yang dapat menghasilkan udara yang sejuk, dan di tempat itu tidak ada konflik maupun kejamnya dunia realitas yang dapat membuat dada sesak.


Dengan melihat latar tempat Aria ini, dimana tidak ada konflik, tempatnya di isi dengan pepohonan, air bening yang mengalir yang bersebrangan dengan bangunan besar, dan terakhir melihat penduduknya yang bahagia.


Dengan begitu latar tempat Aria merupakaan tempat yang diharapkan dan dibayangkan setiap orang karena sudah bersih, juga tidak ada konflik apalagi bebas dari kehidupan realitas yang sangat kejam.


Jadi orang-orang yang menonton anime Aria bisa rileks dengan melihat latar tempat yang disungguhkan Aria ini yang berbeda jauh dari kehidupan realitas.

2. Dapat menemukan kebahagian walaupun hal sekecil apapun


Anime Aria - Anime rileks - senyuman Akari

Aria dapat menemukan kebahagian walaupun dalam hal dan kegiatan sekecil apapun, misalkan saja ada salah satu episode dimana karakter utama (Akari) menunggu temannya di tempat yang sudah dijanjikan sebelumnya.


Saat Akari datang ternyata Akari telah sampai duluan daripada temannya di tempat yang sudah dijanjikan, mau tidak mau Akari harus menunggu temannya karena mereka sudah berjanji.


Tapi ternyata setelah Akari menunggu, temannya masih belum datang juga sampai-sampai menghabiskan waktu -+1 jam. Biasanya orang kalau dalam hal menunggu lama (apalagi berjam-jam) akan terasa bosan, dan kadang-kadang ada perasaan benci di dalam hatinya.


Namun Akari ini menemukan kebahagian di saat ia menunggu temannya, ia menemukan kebahagian dengan cara melihat sekeliling dia baik itu bangunan maupun orang-orang yang lewat. Ia merasakan atmosfir disekelilingnya menjadi sejuk dan hangat sampai-sampai dia menyebarkan kehangatan itu ke penonton.


Ada lagi dimana Akari membersihkan gondola, Akari menikmatinya dengan kesenangan dia sendiri. Biasanya di jaman sekarang ini, orang (terutama untuk yang muda) kalau bersih-bersih bawaannya malas daripada niatannya.


Tapi di anime ini sangat menikmatinya sekali dan memancarkan sinar kebahagian kepada yang menontonnya, seakan-akan yang menontonnya terbawa dengan suasana tersebut dan ingin seperti Akari yang selalu menikmatinya


Dengan begitu penonton dapat menyadari bahwa yang dilakukan dalam hal sekecil apapun ternyata juga bisa membuat bahagia jika menikmatinya.

3. Dialog antar karakter yang dapat menggerakan hati


Anime Aria - Anime rileks - Akari Alice Aika border=

Setiap anime pastinya memiliki kalimat/kata bijak yang dapat dijadikan inspirasi untuk dapat menciptakan hari yang lebih baik. Akan tetapi dari banyaknya anime yang telah ada, Aria merupakan salah satu anime yang bukan hanya menelan kata-kata bijak saja tapi dapat menggerakan hati para penontonnya. Mengapa bisa terjadi?


Aria walaupun agak bertolak belakang dari realitas yang dimana dapat berjalan dengan mulus dan selalu mendapatkan keajaiban, tapi jika dilihat berdasarkan tujuan ceritanya pada tiap episode, anime ini dapat menggambarkan kehidupan realitas.


Seperti misalkan ada salah satu episode dimana Alice telah bahagia dan telah bersenang-senang dengan Akari dan Aika. Sebelum mereka bertemu, Alice tidak memiliki banyak teman di perusahaannya (Orange company), orang-orang pada gugup, dan gelisah dengan Alice begitupun juga dengan Alice.


Semenjak Akari dan Aika berteman dengan Alice, seniornya merasa bahagia dan senang dengan Alice karena hidupnya telah berubah. Di saat Alice berkaca ia terkejut karena seniornya masuk ke ruangannya.


Seniornya, Athena tiba-tiba menyisirkan rambut Alice sambil memulai percakapan yang pada ujungnya dapat menggerakan hati Alice dan penonton.


Athena : Dirimu terpantul di cermin, Alice-chan.
Alice : Tentu saja, 'cermin adalah sesuatu yang dapat memantulkan dirimu'. Kakak benar-benar bodoh.
Athena: Ketika kamu merasa semua orang membencimu, itu karena kamu benci semua orang. Tidak, jika kamu ... kamu ketakutan (gugup), 'kan?
Athena : Di depan orang yang tersenyum, kau tersenyum juga, di depan orang yang gugup, kau gugup tanpa disadari. Seperti bagaimana cermin memantulkan dirimu, orang akan juga memantulkan hati kamu. Tersenyumlah ..., dan aku yakin semua orang di depan kamu akan ikut tersenyum.

4. Alunan musik yang dapat menghipnotis penonton


Anime Aria - Anime rileks - Athena bernyanyi

Cerita Aria berjalan dengan lambat, biasanya akan ada tempat dimana tidak ada dialog yang dapat menikmati pemandangan dan musik di anime ini.


Selain tempat yang kosong, terkadang juga musik akan disisipkan ketika sedang berdialog maupun setelah mendapatkan kata/kalimat yang dapat menggerakan hati, tergantung dari atmosfirnya.


Musik di Aria ini alunannya sangat pas dengan keadaan cerita dan atmosfirnya, terasa sekali musiknya yang menyatu dengan cerita Aria ini yang juga berkaitan dengan kebebasan.


Kebebasan yang ingin melepaskan penat dari kegiatan yang sangat luar biasanya berat. Ada salah satu contohnya, berikut ini salah satu contoh episodenya.


Akari dan Alicia sedang libur dan cuacanya sangat bagus untuk berpiknik. Alicia mengajak Akari untuk berpiknik ke tempat yang sangat bagus dan spesial sekali menurut Alicia.


Ketika di sana mereka tidak sengaja menemukan sebuah tempat yang sangat indah jauh dari perkiraan mereka, di tempat itu ada pohon sakura yang telah tertiup angin dengan sepoi-sepoi dan ketika pertama kali menatapnya dengan perasan yang gembira, lalu musik ini disisipkan.


Selain itu, saat opening dan ending berlangsung musiknya juga tentang kebebasan, jadi jangan lewatkan opening dan endingnya setiap kali menonton Aria.


Cobalah ini di pagi hari (jika tidak, juga tidak apa-apa), Coba tutup mata kamu lalu bayangkan kamu berada di sekeliling pohon dan air sungai yang mengalir, rasakan dan nikmati lalu setel musik ini. Musik ini seakan-akan menghipnotis kamu menjadi lebih terhanyut ke dalam bayangan itu dan tubuh seperti terasa rileks.

5. Air yang dapat menenangkan (rileks) pikiran penonton


Anime Aria - Anime rileks - Akira Alicia Athena

Air yang bersih dapat menghadirkan rasa rileks. Pernahkah kamu ke dokter lalu dokter tersebut menyarakan kamu untuk pergi ke danau, sungai atau dekat aquarium ikan agar dapat membuat tubuh kamu menjadi rileks dan agar tidak banyak pikiran?


Saya pernah dulu ketika sakit pusing dibagian kepala belakang, saat itu dokter membuat resep obat dan entah kenapa saya terkejut, soalnya baru pertama kalinya saya di tanya dokter, "banyak pikiran yah?", saya jawab "iya".


Dokter pun melanjutkan "jangan terlalu dipikirin kalau ada apa-apa, pergilah ke danau atau sungai yang bersih agar dapat membuat tubuh menjadi rileks dan tidak terlalu banyak pikiran" (kurang lebih begini). Sampai saat ini perkataan tersebut masih agak saya ingat.


Setelah melihat artikel Santai Sejenak di Danau-danau Cantik di Medan, artikel tersebut juga mengatakan, air danau yang bersih dan tenang dapat menghasilkan rasa rileks.


Di anime Aria latar tempatnya dipenuhi dengan Air, opening dan endingnya pun disungguhkan dengan Air, jadi anime ini serba Air. Bahkan baju Aria company dan logonya berwarna biru. Dengan perpaduan alunan musik, latar tempat dan cerita dari anime ini benar-benar bikin rileks.


Sebagai tambahan, blog ini berwarna biru dan putih karena terinspirasi dari anime ini, yang biru adalah Air yang dapat membuat tubuh rileks ketika membaca (mungkin tidak) dan putihnya adalah awan atau burung yang melayang dengan bebas pergi kemana saja (bebas membaca di blog ini kemana saja).

6. Berjalan-jalan di kota yang penuh dengan kebahagian


Anime Aria - Anime rileks - Latar tempat Aria

Setiap episode, Akari selalu menemukan sebuah keajaiban ketika berjalan-jalan; ada tempat yang indah dimana tempat itu belum dikunjungi Akari, ada tempat dimana tempat itu adalah harta yang berharga yang telah diturunkan turun menurun melalui peta yang telah disembunyikan di tempat yang kemungkinan jarang orang melihatnya, ada tempat dimana tempat itu merupakan sebuah perayaan tahun baru yang sangat meriah, dan lain-lain.


Tempat-tempat itu dapat membuat Akari dan teman-temannya bahagia, namun ternyata bukan mereka saja yang bahagia, penonton juga dapat terhanyut dalam kebahagiaan tersebut.


Seperti yang diketahui, di kehidupan realitas ini jarang menemukan sebuah keajaiban. Sebagian besar orang pun juga tidak percaya dengan keajaiban, yang ada hanyalah kerja keras.

7. Jalan cerita yang dapat menghipnotis penonton


Anime Aria - Anime rileks - Akari

Jalan cerita anime ini sangat lambat, orang yang menonton dengan terburu-buru dan ingin cepat-cepat selesai akan terasa bosan, karena tidak dapat merasakan kehangatan dari anime Aria.


Jalan ceritanya dapat membuat hipnotis penonton, karena anime ini yang ditekankan adalah perasaan yang telah menyebarkan kebahagiaan, oleh karena itu jika cepat-cepat tidak akan tersampaikan apa yang disampaikan oleh kehangatan anime ini.


Contohnya saja seperti khutbah shalat jumat atau pidato setiap hari senin di sekolah, jika pikirannya ingin buru-buru selesai maka apa yang disampaikan oleh Kepala Sekolah dan orang yang berkhutbah, yang padahal isi khutbah/pidato tersebut di tulis dari hati, tidak akan tersampaikan ke hati para pendengar yang pemikirannya ingin terburu-buru.


Aria juga memiliki unsur comedy yang ringan, dimana masing-masing karakter memiliki peran untuk bertingkah laku lucu. Selain itu, jalan cerita yang melambat ini juga dipadukan dengan ke 6 poin di atas, seakan-akan menarik penonton merasakan apa yang telah dirasakan oleh Akari dan teman-temannya.

8. Hubungan manusia yang terikat dan tidak terikat


Anime Aria - Anime rileks - Aqua

Pernahkah kamu merasa minder ketika teman-teman kamu sudah kenal satu sama lain karena mereka satu daerah, namun kamu sendiri tidak satu daerah dari mereka?

Ada salah satu contoh yang seperti itu dimana Akari tidak memiliki hubungan yang tidak terikat dengan teman-temannya karena dia bukan orang asli dari Aqua (Mars), sedangkan teman-temannya dan senior Akari merupakan orang asli dari planet Aqua.


Suatu hari Akari menyadari kalau dia bukanlah bagian lingkaran dari mereka karena Akari berasal dari Man-home yang merupakan di luar lingkaran dari lingkaran kawan-kawannya yang berasal dari planet Aqua.


Tapi kemudian teman-teman dan seniornya tidak membenarkan hal tersebut, karena tanpa disadari sekarang ini Akari telah termasuk ke dalam lingkaran tersebut dimana di sekelilingnya ada teman-teman dan seniornya.


Banyak hubungan ikatan manusia lainnya yang dapat dipelajari dari sini, di atas itu adalah salah satu contohnya.

9. Pertemuan dan perpisahan


Anime Aria - Anime rileks - Akari Prima undine

Ada pertemuan pastinya akan ada perpisahan, di anime Aria akan ada perpisahan yang dapat membuat penonton bercampur aduk menjadi sedih, bahagia dan senang.


Di anime Aria, perpisahan tidak ditunjukan hanya satu kali saja, tapi beberapa kali. Hal ini untuk menunjukan bahwa anime Aria berkembang, bukan hanya berada di dalam ruang lingkup rumah saja, namun juga bisa berkembang ke ruang lingkup yang berada di luar rumah.

10. Hidup menjadi indah


Anime Aria - Anime rileks - Alicia tersenyum

Di anime Aria banyak cara untuk menikmati hidup yang baik, penonton akan merasakan dengan rasa bahagia yang dipancarkan oleh Akari. Dengan poin-poin 9 di atas banyak penonton akan merasakan indahnya hidup di dunia ini.

11. Bonus Lucu


Anime Aria - Anime rileks - Aria lucuAnime Aria - Anime rileks - Aria lucu

Aria juga ada bonusnya, yakni memiliki hewan yang lucu dan menggemaskan. Terkadang juga karakter dibuat chibi agar ceritanya lebih menarik dan tidak bosan.

Walaupun masih banyak poin-poin yang tidak disebutkan tapi 11 poin di atas sudah cukup untuk membuat penasaran kenapa anime ini wajib ditonton

Lalu kenapa banyak orang yang menonton anime ini merasa bosan? mungkin berikut ini alasannya menurut saya.

Alasan anime Aria membosankan

  • Mencari letak keseruannya dimana
  • Mencari letak menariknya dimana
  • Buru-buru atau marathon untuk menamatkan anime Aria saat liburan panjang
  • Nonton disaat mengambi kesempatan dalam kesempitan saat tugas, ataupun disaat kerjaan sedang berlangsung. Contoh : Di saat istirahat siang sekolah, menonton anime Aria dengan ruangan yang penuh dengan banyak orang yang berbicara, belum lagi nanti setelah istirahat ada tugas yang mendatang.

Beberapa di atas dapat membuat bosan menonton anime Aria, jadi saran saya jangan melakukan hal di atas.

Berikut ini cara menonton anime Aria yang saya sarankan agar dapat menghayati dan merasakan hawa sejuk dan hangat yang telah disebarkan oleh Aria.

Cara menonton Aria

  • Jangan mencari letak keseruan, dan menariknya. Ikuti saja alur ceritanya seperti air yang terbawa arus. Nanti akan ada rasa dimana kamu sedang menyatu dengan kehangatan anime Aria.
  • Tidak boleh marathon. tontonlah di saat liburan minimal 1-2 episode saja tiap 1 hari, boleh juga sampai 3 episode saja agar dapat kita saling terhubung dengan anime Aria.
  • Buatlah serileks mungkin saat ingin menonton Aria. Usahakan jangan tiduran nontonnya.
  • Tontonlah di pagi hari saat liburan. Bisa juga ditonton sehabis pulang kerja, pulang sekolah, maupun kegiatan berat lainnya. Jangan ditonton saat istirahat kerja, sekolah ataupun kegiatan berat lainnya karena sehabis istirahat akan ada kegiatan selanjutnya yang dapat membuat otak penat dan pusing. Intinya bisa ditonton pagi hari saat liburan maupun malam hari sebelum saat jam tidur.

Jika sudah melakukan di atas biasanya akan ada efek dari menonton Anime Aria, berikut ini efeknya

Efek menonton anime Aria

  • Terasa rileks, segar dan berasa hidup ini indah
  • Jadi suka musik yang dapat membuat rileks (kalau saya jadi suka instrumental yang membuat rileks)
  • Senyum-senyum sendiri saat menonton Aria
  • Saat Aria tamat ada rasa puas, sedih dan bahagia.
  • Ingin mengulangi anime Aria tapi tidak bisa
  • Ingin menonton anime harem ecchi tapi tidak se-antusias seperti dulu dan terkadang selalu drop kalau ingin menontonnya
  • Ingin menonton anime lain yang seperti Aria tapi sulit untuk mencarinya
  • Susah move on dari anime Aria
  • Ingin mempromosikan Aria ke teman-teman
  • Ganti foto profil karakter yang ada di anime Aria
  • Ingin buat status yang berkaitan dengan Aria
  • Menikmati hal-hal yang sebelumnya dibenci menjadi suka
  • Hal-hal yang kecil akan dinikmati seperti Akari

Tapi setelah lama Aria ditinggalkan ada beberapa efek yang akan hilang dengan sendirinya.

Mungkin ada yang ingin bertanya, "apakah anime Aria hanya perempuan saja?"

Tentu saja tidak, anime Aria ada karakter laki-lakinya juga dan karakter tersebut juga akan diperlihatkan bagaimana perkembangannya sampai tamat nanti.

Untuk yang bingung darimana ingin memulai menontonnya bisa dilihat di bawah ini.

Urutan anime Aria

Aria the animation -> Aria the natural -> Aria The OVA: Arietta -> Aria The OVA: Arietta -> Aria The Origination -> Aria The Avvenire (Baru)

Side story yang mungkin ingin ditonton

Aria The Natural: Sono Futatabi Deaeru Kiseki ni... -> Aria The Origination Picture Drama -> Aria The Origination: Sono Choppiri Himitsu no Basho ni...

Ada sedikit fakta mengenai Aria, salah satunya adalah anime ini memiliki huruf "A" yang terlalu berlebihan. Mulai dari karakter, tempat dan bahkan pengarang Aria itu sendiri, berikut ini fotonya.


Demikianlah artikel ini dibuat, semoga artikel yang terlalu berlebihan ini dapat membuat kamu penasaran dengan anime Aria, yang merupakan salah satu anime terbaik sepanjang masa versi saya.

Anime Aria adalah anime yang jalan ceritanya berjalan lambat, anime ini cocok untuk orang yang sedang ingin mencari genre slice of life terbaik. jadi jika ingin mencoba genre slice of life ada baiknya menonton Aria, namun jika tidak suka Slice of life saran saya coba dulu anime ini XD

Update 25 November 2016

Beberapa pendapat tentang Aria, Klik gambar untuk memperbesar


Bonus ending Aria


Share this with short URL: Get Short URL
loading short url

Advertisement





Advertisement