Review Kuuchuu Buranko: Konsultasi Psikologis Bersama Dr Irabu

Advertisement

Mental atau jiwa manusia dapat berubah setiap harinya, itu tergantung situasi, lingkungan, kegiatan, dan pengalaman yang dialami masing-masing orang. Tidak ada manusia yang sempurna termasuk Artis, Koruptor, Dokter, dan orang kaya yang memiliki banyak uang, karena mereka juga bisa terganggung Psikologisnya. Jauh dari itu, kita sendiri juga bisa terganggu psikologisnya, namun dari semua itu kembali lagi 'itu semua tergantung dengan situasi, kegiatan, lingkungan dan pengalaman'.

Biasanya jika orang menyadari ataupun ada yang ganjal dengan tingkah laku yang dialaminya sendiri maupun orang disekitarnya, orang tersebut akan datang ke Psikolog untuk konseling, hal ini untuk memastikan dan mengecek apa yang menyebabkan dirinya menjadi seperti berperilaku abnormal dan untuk mengetes psikologisnya.

Ada banyak psikolog di dunia ini yang dapat membantu hal tersebut, akan tetapi dari sekian banyak Psikolog ada salah satu Psikolog terbaik yang dapat membantu orang-orang disekitarnya menjadi lebih baik daripada sebelumnya. Siapakah dia?

Kuuchuu Buranko anime Psychological terbaik - suster Mayumi

Ini? itu kan suster, bukan itu. (Sengaja banget sih ....)

Dia adalah Dr. Ichirou Irabu, biasa dipanggil Dr. Irabu (Irabu-sensei). Hanya saja Dr. Irabu ini adalah salah satu tokoh fiksi dari anime Kuuchuu Buranko, jadi tidak bisa menemuinya di realitas.

Kuuchu Buranko merupakan salah satu anime favorit saya di genre Psychological. Hal ini dikarenakan selain menampilkan Psychological, anime ini juga mensisipkan comedy yang dapat membuat saya tertawa, apalagi ceritanya sangat realitas dan pesan-pesan moral yang disampaikannya sangat mendalam sekali untuk para penontonnya, untuk itu saya memfavoritkan anime ini dari 6 anime yang sebelumnya saya nilai masterpiece dan paling bagus. Salah satu anime favorit saya di genre Slice of life sudah saya kasih review sebelumnya, judul anime tersebut adalah Anime Aria series.

Baca juga anime terbaik lainnya : anime terbaik yang dapat membuatmu bosan dengan harem ecchi

Bukan hal itu saja yang saya nilai dari anime Kuuchuu Buranko, tapi dari beberapa sisi, untuk lebih lengkapnya silahkan simak mengapa saya memfavoritkan anime ini menjadi salah satu anime terbaik di genre Psychological. Review kali ini agak sedikit membawa baper (bawa perasaan), jadi dibawa santai saja membacanya.

Ulasan Kuuchuu Buranko Indonesia

Informasi

Type: TV
Total episode:11
Status: Telah tayang
Tanggal: 15 Oktober 2009 - 24 Desember 2009
Pengusaha film:  Fuji TV, Sony Music Entertainment
Studio :  Toei Animation
Genre: Comedy, Drama, Psychological, Seinen
Durasi: 23 menit/episode
Rating:   R - 17+ (violence & profanity)
Score: 8.12 (Myanimelist)
Sutradara : Kenji Nakamur

Karakter


  • Ichirou Irabu : Psikolog yang sangat berenegik, tingkah lakunya konyol, selalu ngomong apa adanya, suka dan sangat antusias sekali dengan suntikan vitamin yang dilakukan suster Mayumi (Fetish injeksi/suntikan). Irabu memiliki kepribadian yang berbeda-beda; ada anak-anak, manusia berkepala beruang, dan remaja yang memakai kaca mata. Ketiga ini saling berkaitan untuk memberi saran dan membantu pasien yang masing-masing muncul dalam situasi tertentu.
  • Mayumi : Asisten/atau Suster dari Dr. Ichirou Irabu, ia sangat cantik dan seksi sekali banyak pasiennya yang sangat tertarik dengannya. Mayumi suka merokok, ia mengaku tidak mempunyai pacar dan lebih suka sendirian. Suntikannya berbeda dengan Suster yang lain, yang dapat membuat pasiennya menjerit kesakitan.

Sinopsis

Banyak pasien yang memiliki masalah yang berbeda berkunjung ke Psikolog Irabu di rumah sakit umum Irabu. Beberapa diantaranya adalah pemain sirkus yang insomnia karena gagal melompat saat bermain sirkus dihadapan banyak orang, gangster yang berkeringat dan ketakutan dengan ujung benda tajam, dan pemain bisbol yang sudah mengeluarkan tenaganya untuk melempar bola ke pemukul namun ternyata bola yang dilemparkannya pelan dan membelok.

Mereka menjalani konseling Dr Irabu yang ditemani suster cantik dengan suntikannya yang misterius yang dapat membuat orang menjerit. Dr Irabu memiliki perawatan yang unik yang dapat membingungkan para pasiennya, namun dengan perawatan tersebut dapat menggali lebih dalam ke kedalam jiwa para pasiennya dan pada akhirnya membaik.

Cerita Kuuchuu Buranko


Kuuchuu Buranko anime Psychological terbaik - Ichirou Irabu

Anime Kuuchuu Buranko memiliki episode yang semi-episodik dimana waktu, dan tempatnya masih saling berkaitan satu sama lain. Cerita Kuuchuu Buranko lebih mengarah ke pasien Dr Ichirou Irabu (biasa dipanggil Irabu-sensei) yang di setiap episodenya mendapatkan keluhan dengan gangguan psikologis yang berbeda-beda. Kebanyakan para pasien Irabu tidak saling mengenali satu sama lain, tapi ada juga beberapa pasien yang saling mengenali karena sama-sama disarankan untuk pergi ke Psikolog Icihrou Irabu.

Banyak cara penyembuhan yang berbeda-beda dalam menyembuhkan gangguan psikologis, hal ini telah dijelaskan dan ditampilkan anime ini. Mungkin penonton yang mengerti dalam bidang psikologi agak sedikit berpikir mengenai cara konseling di anime ini yang agak unik dan aneh, apalagi Irabu memiliki kepribadian yang berbeda-beda.

Untuk orang awam (seperti saya), ini merupakan sebuah tambahan wawasan yang akan dipakai untuk mengenali, mengendalikan dan membuang pikiran negatif saat pikiran negatif muncul sebab di dalam anime ini setiap episodenya memberitahukan istilah gangguan psikologis, gejala-gejalanya, dan cara penyembuhannya yang hampir gejalanya dirasakan banyak orang.

Seperti salah satu contoh episode di anime ini yang paling umum terjadi, memperlihatkan anak remaja yang ketergantungan dengan handphone (cell phone addiction). Remaja tersebut selalu menunggu pesan balasan, tiap hari, tiap detik selalu mengecek HP nya apakah ada pesan balasan atau tidak.

Ketika disaat handphone remaja tersebut direbut atau dipinjam orang lain, remaja tersebut berkeringat dan seperti putus asa. Remaja tersebut dianjurkan oleh ibu dan bapaknya untuk menjalani konseling Irabu. Proses konseling dan penyembuhan ini nantinya akan diperlihatkan ke penonton dengan cara melihat kehidupan sehari-hari remaja tersebut yang berjuang untuk berubah yang pada akhirnya membaik.

Satu contoh lainnya, yang paling umum terjadi. Ada seorang reporter yang mengalami obssesive-compulsive. Reporter tersebut setiap keluar rumah biasa saja akan tetapi disaat reporter tersebut sedang mewawancarai ataupun lagi ada kegiatan lainnya di luar rumah dia terbayang dan memikirkan tempat tinggalnya (apartemen), di saat itu juga dia ragu dan gelisah apakah sebelum dia keluar rumah sudah mematikan kompornya atau belum, jika misalkan belum yang ada di dalam pikirannya akan berakibat fatal, karena bisa saja api yang ada di kompor tersebut merembet dan kebakaran yang bisa mengakibatkan korban jiwa.<.p>

Untuk memastikannya dia pulang dan ternyata kompor tersebut memang sudah mati. Berkali-kali dia menghadapi hal tersebut hingga akhirnya pekerjaan dan kegiatan diluar rumah terganggu.

Apakah ada yang pernah merasakan hal-hal tersebut?

Saya sendiri pernah merasakannya dulu ketika pergi keluar lalu terbayang kompor apakah dalam keadaan nyala atau tidak, tapi dulu saya beranikan untuk tidak mengecek ke rumah karena dalam pikiran saya sudah jauh-jauh malah balik lagi ke rumah, kan capek :D

Disaat malam hari setiap sehabis mengkunci pintu rumah, saya ragu dan gelisah ketika tidur apakah pintu tersebut sudah terkunci atau belum lalu saya mengeceknya namun ternyata pintu tersebut terkunci -_- Tapi bagusnya tidak berlangsung lama dan parah.

Kedua contoh tersebut merupakan beberapa episode yang telah ditampilkan oleh anime ini. Setiap pasien yang mengalami gangguan psikologis akan diperlihatkan kehidupan sehari-harinya untuk melihat perkembangan pasien yang kemudian akan membaik (rata-rata di anime ini waktunya hanya dalam 1 minggu).

Selain Irabu, ada juga Dr Fukuicchi yang muncul secara mengejutkan dan tiba-tiba untuk menjelaskan ke penonton mengenai gangguan psikologis apa yang dialami pasien, memberitahu pengertian dan istilah gangguan psikologis yang dialami pasien, memberitahu apa gejala-gejalanya, dan memberitahu bagaimana cara menyembuhannya yang masing-masing orang berbeda cara penyembuhannya.

Irabu (apalagi Dr Fukuicchi) terkadang jarang terlihat di beberapa episode karena yang diutamakan dalam cerita ini adalah perkembangan pasien, apakah dia semakin baik atau tidak. Penonton yang melihat proses tersebut akan mengetahuinya disetiap episodenya, dan pada akhirnya dapat memberikan sebuah wawasan.

Walaupun begitu, itu semua hanya inti dan dasarnya saja, jadi jika ingin memahami lebih dalam mengalami gangguan psikologis yang dialami masing-masin pasien, silahkan cari referensi yang mengenai gangguan psikologis tersebut.

Selain berfokus pada hal psikologi anime ini juga sering kali mensisipkan beberapa comedy yang dapat membuat penontonnya merasa lebih nyaman, paham dan tidak pusing memikirkan apa yang sedang ditontonnya. Beberapa comedy ini biasanya diiringi dengan cerita kehidupan pasien, mimik wajah, tingkah laku, dan gaya pembicaraan Irabu dengan pasiennya.

Setiap pasien akan berubah kepalanya


Kuuchuu Buranko anime Psychological terbaik - Penguin

Di tempat Irabu setelah para pasiennya bercerita sedikit mengenai keluhannya, para pasien diberi suntikan vitamin oleh suster yang sangat seksi dengan memakai baju suster yang memperlihatkan sedikit bra dan sedikit menggoda pakaian bawahannya.

Setiap pasien yang disuntik oleh suster seksi tersebut, menjerit kesakitan karena cara suntiknya berbeda dengan suster yang lain. Irabu yang suka sekali melihat suntikan (Fetish suntikan), ingin segera merujuk pasiennya untuk disuntik setelah berbicara mengenai keluhannya, karena Irabu sangat antusias sekali ingin segera melihat proses suntikan.

Setiap pasien yang disuntik kepalanya akan berubah menjadi kepala binatang yang hanya dilihat oleh Irabu dan Mayumi. Sebagian penonton kemungkinan akan kebingunan mengapa hal ini bisa terjadi, karena di anime ini juga tidak dijelaskan mengapa hal tersebut terjadi.

Ini adalah sebuah gambaran sifat manusia yang berdasarkan stereotipe pada hewan. Stereotipe ini berdasarkan Irabu dan Mayumi karena hanya mereka doang yang melihat. Sebagian besar streotipe ini bersifat umum jadi mudah dikenali namun ada beberapa yang tidak mudah dikenali. Berikut ini daftar hewan yang muncul di masing-masing episode Kuuchuu Buranko.

Daftar hewan yang muncul di anime Kuuchuu Buranko

  • Beruang (Irabu-sensei)
  • Penguin
  • Badak bercula dua
  • Ayam
  • Kuda
  • Bunglon
  • Burung pelatuk (woodpecker)

Jika bingung dengan stereotipe hewan di atas bisa kunjungi ke

https://paknewulan.wordpress.com/2008/08/13/belajar-spirit-dari-sifat-sifat-hewan%E2%80%A6/

Sebagian besar bisa dilihat penjelasannya di sana. Untuk yang lainnya bisa dipikir atau cari referensi yang lain yah ....

Art nya yang terbilang unik

Sebenarnya saya tidak ahli dalam berbicara art, karena saya tidak tahu bagaimana cara teknik di anime ini yang sangat unik sekali Art nya untuk dilihat. Tapi untuk memberitahu bagi yang belum menontonnya, saya ingin memberitahu bahwa di Art ini sangat luar biasa sekali sampai-sampai akan terpesona karena memiliki ciri khas tersendiri dimana menggabungkan wajah 2D dan wajah realitas.

Kuuchuu Buranko anime Psychological terbaik

Kuuchuu Buranko anime Psychological terbaik - senyum


Fan service

Selain comedy anime ini juga mensisipkan fan service, dimana suster Mayumi memperlihatkan sedikit belahan payudara dan bra nya dengan pakaian susternya yang terbilang seksi, gerak-gerik tubuhnya dan cara berdialog saat pasien ingin disuntik pun seakan-akan terbawa dalam ke cantikan suster Mayumi.

Ini adalah salah satu yang menarik dari anime ini yang berfokus pada psychological dan Art yang menggabungkan wajah 2D dengan realitas lalu ditambah lagi dengan sisipan fan service yang secukupnya agar penonton dibuat nyaman dan tidak terlalu pusing melihat anime ini. Hasilnya seperti ini.

Kuuchuu Buranko anime Psychological terbaik - fan service

Cerita ditutup dengan sangat luar biasa

Episode terakhir anime ini berbeda dengan episode sebelum-sebelumnya karena di episode ini seperti sebuah episode yang spesial untuk penonton karena di episode terakhir ini pasien yang datang ke Irabu saling berkaitan dengan pasien Irabu di episode sebelumnya.

Pasien terakhir ini juga memiliki profesi yang sama-sama di dunia kesehatan, mereka juga saling mengenali karena berada di dalam ruang lingkup yang sama (rumah sakit yang sama).

Cerita di episode terakhir ini lebih menekankan hubungan manusia yang dapat memiliki ikatan untuk dapat 'memperingati' satu sama lain. Akan tetapi terkadang banyak orang yang tidak menyadari apa yang sedang diperingatkan. Pasien terakhir ini juga awalnya tidak menyadari telah diperingatkan oleh seseorang, ia mengabaikan dan pada akhirnya ia menjadi tersadar dan berakhir menjadi lebih baik.

Episode terakhir ini dapat menggertakan hati penonton yang sebelumnya tidak sadar dan mengabaikan peringatan yang ada disekitarnya menjadi sadar. Terakhir, anime Kuuchuu Buranko ditutup dengan sebuah kata "No one is perfect!"

Walaupun hanya beberapa kata, kata ini sangat mendalam sebab jika dilihat dari semua episode yang ada di anime Kuuchuu Buranko, kata tersebut sangat berkaitan dan masuk akal untuk menggerakan hati para penontonnya untuk bisa mengendalikan diri dari pikiran negatif.

Score : 9/10

Kuuchu Buranko merupakan sebuah genre Psychological yang dapat membuat saya sedikit mempelajari mengenai sifat perilaku, dan fungsi mental manusia. Memang ini bukanlah menjadi patokan saya untuk mengetahui, dan mengenali manusia melihat dari psikologi nya, akan tetapi dengan anime ini dapat membuat saya bisa bertambah mengerti dengan diri saya sendiri, dan bertambah untuk mengendalikan diri dan membuang pikiran negatif.

Bagi yang suka dengan genre Psychological tidak salahnya menonton anime ini, namun jika dirasa ingin drop karena fan service nya saya rasa jangan karena banyak kejutan yang terjadi di anime ini.


Share this with short URL: Get Short URL
loading short url

Advertisement





Advertisement