Review Mayoiga: Terima Bertahan dan Nikmatilah Dunia Kenyataan

Advertisement

Mayoiga sebuah anime yang sangat fenomenal sekali di musim spring 2016, banyak yang bilang anime ini tidak sesuai dengan ekspektasi jika dilihat berdasarkan dari key visual, PV, sinopsisnya maupun beberapa epiosde yang telah ditonton.

Banyak orang yang telah meninggalkan anime ini karena cerita dan karakternya yang sangat menjengkelkan sekali. Mereka juga mengatakan anime ini memiliki jalan cerita misteri yang kurang nyambung dan janggal, masih ada beberapa misteri yang belum dipecahkan dan banyak karakter di anime ini yang sifatnya sangat menjengkelkan sekali, apalagi disisipi banyak adegan yang saling lempar masalah (saling cekcok) di setiap episode nya.

Mayoiga - NTR

Untuk yang ingin melihat daftar anime NTR bisa dilihat di artikel: Anime NTR bikin nangis

Ambil contoh saja sifat sang protagonist yang bernama Mitsumune, ia selalu ngomong apa adanya, jujur, naif, mudah ditipu bahkan di ganggu oleh para wanita yang bermain-main dan memanfaatkannya dia kayak orang bodoh dan menerimanya.

Melihat hal tersebut saya jadi tertarik dengan anime ini, mengapa anime ini begitu di benci? mengapa anime ini banyak ditinggalkan oleh orang-orang? dan mengapa banyak orang yang menilai anime ini begitu rendah di Myanimelist?

Awalnya saya juga tidak ingin menonton anime ini karena melihat komentar-komentar dan nilai rendah yang begitu banyak. Namun setelah melihat beberapa akun Myanimelist yang tiap kali saya kunjungi, mereka menilai anime ini begitu tinggi, saya jadi tambah penasaran mengapa mereka menilai anime ini begitu tinggi padahal kebanyakan orang menilai anime ini begitu rendah dan banyak komentar yang membeci anime ini.

Untuk itu saya tekadkan untuk menonton anime ini, dan hasilnya adalah luar biasa, ya, anime ini luar biasa ceritanya. Walaupun saya tidak mengucapkan "sangat" luar biasa karena menurut saya tidak cocok dikatakan "sangat" luar biasa karena anime ini juga masih banyak kekurangannya, jadi saya katakan "luar biasa" karena anime ini juga mengandung pesan untuk orang-orang yang lari dari dunia kenyataan, jadi menurut saya anime ini juga tidak begitu bagus banget dan tidak begitu jelek banget.

Apa yang membuat saya sukai dari anime ini? Sebelum itu simak dulu sinopsis dan informasi dari animenya berikut ini.

Catatan : Review ini berbentuk spoiler. Mengingat anime ini belum ada kejelasannya maksud dari tujuan ceritanya, dan sepertinya banyak yang bingung. Saya di sini akan menulis interpretasi saya yang bisa dibilang 'sok tau' terhadap anime ini, mungkin saja dengan adanya ini bisa menambah kesan atau benci terhadap anime ini.

Informasi

(Myanimelist)

Type: TV
Total episode:12
Status: Telah tayang
Tanggal: 1 April 2016 - 17 juni 2016
Pengusaha film:  WOWOW, Mainichi Broadcasting, Pony Canyon, The Klock Worx, Studio Mausu, Azumaker, Shogakukan
Studio: Diomedea
Genre: Drama, Horror, Mystery, Psychological
Durasi: 24 menit/episode
Rating:   R - 17+ (violence & profanity)
Score: 6.00 (Myanimelist)
Sutradara : Tsutomu Mizushima

Karakter

  • Hayato: Teman sekolah Mitsumune yang memiliki pemikiran bahwa Mitsumune harus mengikuti apa yang dikatakannya, jika tidak, akan ada masalah yang menimpa Mitsumune. Dia agak pemarah dan jarang berinteraksi dengan orang lain.
  • Mitsumune: Sangat naif, lugu bodoh. selalu ngomong apa adanya, dan jujur. Cepat berinteraksi dengan orang lain dan gampang sekali dimanfatkan orang-orang.
  • Masaki: Gadis misterius yang tegar, kuat, dan pembohong
  • Koharun: Mahasiswi 26 tahun yang meneliti desa Nanakimura yang hilang, ia menemukan informasi desa yang hilang itu berkat bantuan anonim yang mengirim email kepadanya. Ia juga salah satu orang yang menyelenggarakan tur ke desa Nanakimura
  • Dahara: Wakil dari organisasi tur ke desa Nanakimura, yang juga merupakan pemandu dan orang yang bertanggung jawab pada tur
  • Dozaemon: NEET, suka makan dan tidak ingin membawa barang-barang yang berat
  • Hyouketsu no Judgness: Memiliki sifat pemarah, dan membenci nama orang lain yang sama dengannya
  • Jack: Sangat misterius, mudah marah, dan tidak ragu-ragu untuk membunuh orang yang mengejek dia dan menurutnya sangat menjengkelkan
  • Jigoku no Gouka: Memiliki cita-cita ingin memasuki militer dan suka sekali dengan permainan survival airsoft gun
  • Lion: Memiliki kemampuan yang dapat melihat kematian orang lain
  • Love-pon: Memiliki masa lalu yang membuat jiwa dan hatinya terluka, yang dapat membuatnya mengucapkan "Eksekusi" setiap orang yang berbuat jahat didepannya
  • Maimai: Mudah mempermainkan dan memanfaatkan laki-laki karena memiliki luka jiwa dan hati dengan pacarnya di masa lalu
  • Manbe: Mengikuti tur karena ingin kawin lari dengan Pii-tan, sebab keluarganya tidak memperbolehkan mereka nikah
  • Pii-tan: Sama seperti Manbe yang mengikuti tur karena ingin kawin lari dan hidup bersama dengan Manbe
  • Yura Mikage: Mudah percaya diri dan mudah memberikan instruksi kepada orang lain
  • Nanko: Berpikir skeptis, analitis dan kritis. Ia juga kuat dan bisa bela diri
  • Narna: Bermimpi untuk menjadi seorang penyanyi dan pembuat lagu
  • Nettaiya: Mengikuti tur untuk memutuskan dan menjauhkan stalker
  • Nyanta: Suka sekali menembak karena memiliki luka hati dan jiwa yang dapat memaksakan dia untuk menembak orang
  • Puuko: Mengikuti tur untuk mencari pendamping dan mencari lelaki yang lebih tua yang baik
  • Soy Latte: Ingin menjadi perawat (suster) untuk membantu orang-orang. Ia juga orang yang baik dan tegas.
  • Toriyasu: Dipromosikan menjadi manager toko namun memiliki utang-utang yang harus dilunasi
  • Toshi Boy: Remaja yang suka dengan wanita yang lebih tua darinya
  • Yuuno: Memiliki rasa keadilan yang kuat
  • Untensha: Supir bus yang menemani dan mengatarkan para wisatawan ke desa Nanakimura. Memiliki sifat yang tegas dan merupakan orang yang paling tua di tur.
  • Valkana: Pemarah, tidak sabaran, selalu merasa bahwa dialah yang bertanggung jawab jika ada dikelompoknya ada yang hilang.
  • Wanko: Memiliki tubuh yang lemah, dan mudah tersenyum. Ia mengikuti tur agar ingin memiliki hidup yang sangat berbeda daripada sebelumnya
  • Yamauchi: Baik, sangat peduli dan dapat memisahkan jika ada yang bertengkar
  • Yottsun: Bercita-cita untuk menjadi rapper terkenal
  • Yuune: Tidak memiliki pendirian
  • Yuuna: Feminim dan terkadang suka marah

Sinopsis


Bercerita tentang orang-orang yang mengikuti perjalanan tur ke desa hilang yang tidak ada di peta dan sangat lagenda karena dirumorkan bahwa desa tersebut dapat memulai kehidupan yang baru dan bebas dari dunia kenyataan. Desa tersebut bernama Nanakimura, desa yang jarang ada orang bisa keluar dari desa tersebut.

Masing-masing orang yang mengikuti tur memiliki luka hati dan jiwa di dunia kenyataan. Mereka memiliki tujuan masing-masing untuk mengikuti tur ini, namun dari semua tujuan yang ada mereka memiliki kesamaan yaitu untuk memulai kehidupan baru di desa Nanakimura yang bebas dari dunia kenyataan.

Ketika sampai tujuan ternyata tidak sesuai dengan yang di ekspektasi, banyak misteri yang terjadi di desa Nanakimura yang dapat membuat orang-orang hilang entah kemana.

Ulasan Mayoiga Indonesia


Anime ini memang menarik perhatian saya karena apa yang saya lihat anime ini memiliki pesan yang dapat membuat penontonnya untuk berubah. Berikut ini yang menurut saya bagus dari anime ini.

Anime ini lebih menekankan Psychological daripada Mystery


Mayoiga - psychological

Kebanyakan orang yang mengikuti tur ke Desa Nanakimura memiliki masalah yang berat dan tekanan yang sangat luar biasa beratnya di dunia kenyataan, kebanyakan dari mereka lelah dan putus asa dengan dunia kenyataan untuk itu mereka ingin lari dan pergi ke tempat dimana bebas dari dunia kenyataan yang sangat kejam.

Pergi ke suatu tempat mungkin akan sama saja bagi orang-orang yang melarikan diri dari kenyataan, namun bagaimana jika pergi ke tempat dimana tempat itu dapat "memulai kehidupan yang baru" dan bebas dari dunia kenyataan? (seperti berada di Utopia).

Tempat ini ada di desa Nanakimura yang dirumorkan orang-orang tidak akan kembali dari desa tersebut, dan desa tersebut letaknya tidak diketahui di peta.

Dengan begitu pastinya banyak orang yang penasaran, dan ingin merasakan tempat Utopia. Untuk memastikan lebih lanjut maka banyak yang berpikiran 'tidak salahnya untuk mencoba'.

Untuk lebih realitas biasanya jika ada tur seperti ini, ada beberapa orang yang hanya ikut-ikutan saja dan ada juga beberapa orang yang penasaran dengan tempat yang dituju, jadi untuk lebih realitas lagi anime ini menempatkan beberapa karakter yang tujuannya seperti itu.

Mereka berkumpul dalam satu bus, mulai dari dewasa hinga remaja semua berkumpul jadi satu. Mungkin yang akan dilihat orang lain yang tidak lari dari kenyataan mereka akan mengatakan bahwa dalam bus tersebut adalah sekumpulan orang-orang bodoh, sekumpulan sampah, dan sekumpulan orang tidak berguna.

Karena kenyataannya orang-orang tersebut lari dan lelah dengan dunia kenyataan, untuk menghindari dunia kenyataan orang-orang tersebut mengikuti tur tersebut.

Masing-masing karakter di dalam bus tersebut juga memiliki sifat yang bertolak belakang dari kehidupan sebelumnya karena mereka memiliki masalah yang dapat menggocangkan psikologisnya yang dapat berubah sifat.

Seperti contohnya

Valkana yang sangat pemarah karena memiliki luka hati dan jiwa di masa lalunya. Ia disalahkan karena harus bertanggung jawab dalam proyek yang dibuat, padahal sebenarnya bukan dia saja yang yang harus bertanggung jawab, tapi atasan dan para pekerja lainnya menyalahkan dia.

Dia sangat marah dan kesal sekali, perasaan tersebut ia pendam terus dan pada akhirnya psikologisnya terguncang. Akibat dari tersebut sifatnya menjadi berubah, ia menjadi seorang pemarah saat mengikuti tur ke desa Nanakimura, Saat orang yang hilang pun dia merasa orang yang harus bertanggung jawab padahal bukanlah dia yang seharusnya bertanggung jawab.

Yura Mikage yang sangat percaya diri sekali di masa lalunya untuk membuat proyek besar yang dapat menarik perhatian pelanggan namun disaat dia dipercayakan untuk memegang proyek tersebut dia gagal menjalakannya karena barang yang dipesan untuk membuat proyek tersebut salah penulisan tanggal yang membuat dia gagal saat tenggat waktu untuk dipromosikan.

Ia menjadi ditertawakan oleh atasan dan para pekerja lain karena membuat kesalahan fatal yang lucu, hanya salah penulisan tanggal saja yang membuat dia menjadi gagal memegang projek tersebut.

Ia terus menahan kekesalan dan amarah karena telah ditertawakan, di dalam hatinya dia mengucapkan secara lantang 'jangan tertawa'.

Akibat dari hal tersebut dia selalu membenci orang lain dan menjadi lebih percaya diri yang ingin menjadi pemimpin atau orang yang dapat menarik perhatian agar orang-orang tidak menetertawakan dia.

Hayato yang memiliki luka batin karena disiksa sama orang tua nya dan harus mengikuti kemauan orang tuanya seperti boneka, psikologisnya menjadi tertekan dan berubah kepribadiannya.

Dia mencari orang lain yang lemah dan menjadikannya boneka seperti apa yang dialaminya. Hal itu untuk menunjukan agar dirinya bukanlah boneka orang tuanya.

Jadi yang menurut Hayato lemah dan harus dilindungi harus menuruti apa perkataannya agar mengobati luka di hati.

Maimai yang memiliki luka hati dengan pacar dan teman-temannya di masa lalu, menjadi benci lelaki yang selalu menolong dan membela perempuan yang padahal salah, karena dulunya dia tidak ada yang menolong dan sendirian disaat dia dihianati dan dipojokan oleh teman-teman dan pacarnya.

Maimai juga selalu benci dengan lelaki lain yang tidak menyayangi, menolong dan membela pacarnya yang padahal pacarnya dalam kesusahan.

Love-pon yang kecilnya selalu ceria dan baik memiliki luka di hati dan batin yang dapat menggguncang psikologisnya; mengetahui ibunya mendapat siksaan, keadaan ekonomi yang sangat kritis dan Ibunya terus meminta pertanyaan kepadanya 'apa yang harus dilakukan'.

Love-pon menjadi berubah kepribadiannya ingin membalaskan dendam terhadap orang yang menyiksa ibunya, dan orang yang menurut dia berbuat jahat kepada dirinya dan ibunya. Akibat tersebut juga dia terus mengucapkan berkali-kali kata "Ekskekusi" (Sepertinya mengidap psikosis)

Itu adalah beberapa contoh yang dapat diambil dari tekanan psikologis yang terjadi masing-masing karakter maka dari itu sifat yang ada di karakter Mayoiga ini sangat menjengkelkan sekali karena mereka mendapatkan luka yang dapat mengguncakan psikologisnya, mereka juga sedang lari dari masalah dan belum melewati bekas masa lalunya.

Sesampai di Desa, banyak yang bergembira karena sesuai dengan yang dibayangkan untuk bisa memulai kehidupan yang baru. Namun ada yang menjanggal di desa tersebut penduduknya tidak ada padahal desa tersebut masih terawat dengan bersih.

Mereka semua khawatir takut ada apa-apa di desa tersebut seperti virus yang menyebar atau hal lain sebagainya. Beberapa orang mengusulkan untuk menelusuri desa dengan kelompok yang dibagi untuk mengetahui apa yang terjadi di desa tersebut dan agar mengetahui jalan desa yang akan ditempatinya.

Ketika menelusuri desa, ada satu orang yang hilang entah kemana yang dapat membuat atmosfir berubah menjadi tegang, banyak orang yang saling menyalahkan satu sama lain agar dapat berada di zona aman dan tidak ingin seperti apa yang telah dilalui ketika di masa lampau yang membuatnya tertekan.

Seiring waktu satu per satu orang hilang entah kemana dan suasana makin tegang, tidak ada solusi yang muncul yang ada mereka tetap menyalahkan satu sama lain, puncaknya ada di saat monster yang tiba-tiba muncul di desa tersebut yang membuat orang-orang semakin tegang, panik dan sebagian besar ingin kembali pulang karena desa tersebut berbeda jauh dari ekspektasi.

Tidak sesuai dengan ekspektasi, sekumpulan orang-orang yang sedang melarikan diri, dan sekumpulan orang-orang yang ingin berada di zona aman, suasana tegang, panik, ada monster yang di luar akal pikiran, apalagi kejadiannya malam yang biasanya pikiran negatif muncul.

Mayoiga - Eksekusi

Kalau dilihat dari kenyataannya, biasanya sekumpulan itu akan menyalahkan satu sama lain dengan bukti-bukti yang secara kebetulan, yang pada akhirnya berakhir di satu orang yang membuat orang tersebut terpojok untuk mengakui perbuatannya, padahal nyatanya orang tersebut bukanlah si pelaku karena tidak ada bukti-bukti yang konkret.

Karena tidak semua orang memiliki pemikiran yang sama, untuk menjadikan lebih realitas saat kekacauan tersebut terjadi anime ini juga membagi orang-orang yang ditunjukan untuk berpikir skeptis, analitis dan kritis agar dapat menunjukan titik temu yang tepat dengan bukti-bukti yang ada, dan berapa orangkah itu? cuma segilintir orang saja yang berpikir seperti ini.

Tentunya untuk lebih realitas lagi anime ini menampilkan karakter yang bodoh yang membela pelaku tanpa ada bukti, hanya modal tekad emosional, dan firasat saja yang membuktikan bahwa emosinoal dan firasat juga dapat mengendalikan pemikiran seseorang.

Melihat hal tersebut, mereka menjadi lebih tertekan psikologisnya karena tempat yang sebelumnya mereka harapkan untuk memulai hidup yang baru namun kenyataannya bertolak belakang. Utopia menjadi Distopia.

Akhirnya Anime ini memiliki atmosfir yang makin kacau, semrawut, dan membuat kesal karena tidak ada solusi dan titik temu nya, karena sejak awal anime ini menampilkan orang-orang yang sedang melarikan diri, dan sejak awal orang-orang ini ingin di zona aman yang menginginkan tempat Utopia oleh karena itu atmosfir anime ini selalu tegang.

Luka di masa lalu yang dapat membuat hati dan jiwa tergoncang sulit untuk dilupakan, apalagi untuk dihilangkan. Terkadang luka tersebut terus bermunculan yang selalu menghantui pikiran walaupun sedang melarikan diri.

Mayoiga menunjukan hal tersebut namun luka-luka tersebut diubah menjadi karakter visual, jadi lebih menakutkan daripada hanya gambaran ingatan saja. Karakter visual tersebut adalah monster, ya, monster.

Sekumpulan orang ini dikejar-kejar oleh monster yang padahal itu adalah masa lalunya. Mereka terus dihantui oleh masa lalu mereka yang sangat melukai hati dan jiwa walaupun mereka sedang melarikan diri.

Ada yang besar dan ada yang kecil, masing-masing memiliki luka di masa lalu yang berbeda-beda. Semakin mereka membenci, semakin mereka pendam, dan semakin mereka tidak menerima, monster tersebut akan menghantui pikiran mereka.

Tidak ada yang bisa menerima dan mengadapi luka tersebut, mereka terus berlari, berlari dan berlari dalam kegelapan ketakutan luka tersebut.

Manusia hidup bersosial, jika sendiri akan runtuh dengan sendirinya. Banyak orang yang galau atau sedang depresi akan mencurahkan hati mereka ke orang lain yang dipercayainya hal ini untuk mengeluarkan pikiran negatif dan ingin berpikir secara rasional.

Di dalam Anime Mayoiga ada beberapa orang yang ditunjukan untuk menemani sebagai tempat curhatan, dan menuntun agar orang-orang yang melarikan diri dari masa lalu yang membuat hati dan jiwa tergoncang dapat mengatasinya dengan pikiran rasional, salah satu orang tersebut adalah Reiji.

Dengan bantuan Reiji dan orang-orang yang sudah berpikir rasional seperti rapper, Yottsun. Beberapa karakter yang melarikan diri dari luka di masa lalunya menjadi berkembang dan berubah. Mereka menerima dan menghadapinya.

Tapi berbicara luka masa lalu orang-orang, tentunya akan berbeda-beda; ada yang dapat diselesaikan dengan mudah, ada yang sulit diselesaikan dan ada yang tidak dapat diselesaikan.

Anime ini juga menunjukan beberapa orang yang  memiliki luka masa lalu yang sulit untuk diselesaikan dan tidak dapat diselesaikan, mereka lebih memilih untuk tinggal di desa tersebut daripada pulang ke kehidupan kenyataannya.

Cerita Mayoiga yang sangat nyata


Mayoiga - senyum anime

Mayoiga memiliki cerita dimana desa Nanakimura adalah sebuah tempat pelarian untuk orang-orang yang lelah dan lari dari kenyataan. Mereka membayangkan desa tersebut sebagai tempat Utopia yang menurut mereka layak untuk ditempatkan.

Desa tersebut tidak ada di peta dan dirumorkan banyak orang yang tidak kembali dari desa tersebut, tempatnya jauh dari keramaian, banyak pepohonan, air yang bersih dan penduduknya yang ramah. Sangat cocok untuk melarikan diri dari masalah.

Banyak orang yang telah terkumpul sekitar 30 orang di bus untuk dapat pergi ke tempat tersebut dengan kepribadian yang berbeda-beda dan luka batin yang telah di alami. Untuk lebih realitas, beberapa karakter ada yang ditunjukan untuk ikut-ikutan saja dan ada juga yang hanya penasaran dengan desa tersebut.

Dalam dunia kenyataan kita, ada juga kan orang yang ikut ikutan saja? apalagi ada juga yang hanya penasaran saja jika ingin pergi ke suatu tempat.

Utopia malah menjadi Distopia. Ekspektasi yang terlalu berlebihan terhadap suatu tempat yang dikunjungi, malah bertolak belakang. Sama seperti kehidupan kita yang ingin melarikan diri ke suatu tempat.

Apakah kamu pernah mengalami depresi atau tekanan yang berat lalu ingin pergi ke suatu tempat dimana tempat tersebut nyaman buat kamu? apakah kamu merasa bosan dengan kehidupan kamu dan ingin ingin tinggal di suatu tempat yang menurut kamu nyaman? kurang lebih anime ini menunjukan hal tersebut, jika pernah membayangkan hal tersebut maka anime ini seperti cerminan.

Setelah memikirkan lebih dalam dan mengetahui tempat tersebut, apa yang di dapat di tempat yang kamu pikir nyaman untuk kamu? ya kurang lebih malah kebalikannya.

Seperti contohnya, banyak penggemar anime yang ingin pergi ke Jepang dengan Ekspektasi bahwa kehidupan di sana lebih enak dibandingkan di negaranya sendiri, namun ternyata setelah hidup di sana mereka merasakan sangat berbeda dari Ekspektasi (silahkan cek di kaskus, blog maupun grup yang membagikan cerita kehidupannya saat berada di Jepang).

Desa Nanakimura adalah sebuah gambaran tersebut, tidak ada orang yang mengetahui ini, hilang dari peta dan dirumorkan akan bisa menjalani kehidupan yang baru. Cocok untuk orang-orang yang ingin melarikan diri.

Namun ternyata saat sampai di Desa tersebut, malah bertolak belakang dari harapan malahan sebagian orang ingin pulang.

Kalau saya simpulkan desa ini berkaitan alam bawah sadar dan alam gaib untuk orang-orang yang melarikan diri yang berharap ingin tinggal di tempat yang jauh dari realita (seperti Utopia).

Hal ini karena di sana juga dapat melihat hal-hal yang di luar akal seperti melihat luka batin masa lalu yang menggoncangkan psikologis padahal luka tersebut sudah hilang di pikiran namun secara tidak sadar telah tependam menjadi meluap seperti bentuk monster di alam bawah sadar, adanya Astral Projection (di alami Mitsumune ketika di bus ruh nya melayang) dan teman imajiner Masaki.

Desa tersebut menunjukan bahwa yang selama ini dikira luka masa lalu yang di pendam perlahan-lahan akan hilang sendirinya, di alam bawah sadar secara tidak sadar masih tersimpan dan tidak hilang dengan perlahan-lahan jadi kemungkinan bisa saja luka tersebut sewaktu-waktu akan muncul ke alam sadar.

Karena ini berhubungan dengan alam bawah sadar dan alam gaib maka luka tersebut berubah menjadi monster.

Dari dulu yang saya yakini di malam hari pikiran negatif akan sering muncul apalagi jika di ruang yang tertutup, biasanya ketika itu juga kadang-kadang muncul gambaran luka yang terjadi di masa lalu.

Monster di desa Nanakimura akan muncul di sore-malam, karena malam hari biasanya pikiran negatif akan muncul.

Jika mendapatkan luka yang dapat mengguncangkan batin di masa lalu apa yang harus dilakukan? anime Mayoiga ini memberikan penjelasan singat mengenai hal tersebut. Si rapper, Yottsun yang telah menerima dapat hidup kembali ke hidupan realita.

Si kakek yang meninggalkan lukanya di alam bawah sadar (desa Nanakimura) yang juga melawannya jadi menua (seperti kata orang tua dan guru yang pernah saya dengar "marah cepat tua"). Jika terlalu memendam luka apakah ada efeknya? lihatlah anime ini, anime ini memberikan penjelasan singkat mengenai efek jika memendamnya terlalu lama.

Intinya masing-masing karakter berkembang dengan beberapa saran dari orang lain dan juga karena berpikir rasional setelah melihat luka masa lalunya berkali-kali.

Horror yang sangat menyeramkan


Mayoiga - takut anime

Menurut saya anime ini sangat horror karena setiap hari dihantui masa lalu yang membuat hati terluka, padahal seharusnya luka hati tersebut ingin dihilangkan, namun ternyata masih ada di alam bawah sadar.

Seperti misalkan mantan. Banyak orang (terutama perempuan) yang telah putus dari pacar ingin menghilangkan bekas-bekas momen ketika dia bersama pacarnya, tapi ternyata bekas-bekas tersebut masih bermunculan di pikiran. Apalagi akan lebih sakit saat mantan sudah bersama pacar barunya. Horror bukan?

Anime ini juga ada contoh karakternya yaitu Maimai. Pacarnya meninggalkan dia dan memiliki pacar baru yang ternyata sahabatnya (?). Kepribadian dia menjadi berubah, tiap episode yang ada di Mayoiga.

Dibumbui romance


Mayoiga - cinta anime

Anime Mayoiga mensisipkan romance yang dapat membuat hati berbunga-bunga agar dapat membuat penonton menjadi merasa nyaman saat menonton anime ini.

Setiap episodenya ada percikan-percikan romance yang dapat bersemangat untuk mengetahui hubungan yang ada di anime ini. Dan akhir episode akhirnya mereka mengungkapkan satu sama lain walaupun hanya singkat.

Untuk daftar anime romance: anime romance terbaik lengkap

Bonus


Kenapa protagonist dapat memasuki desa Nanakimura lagi, sedangkan pak supir dan Yottsun tidak dapat memasuki desa itu lagi?

Itu karena sang protagonist masih memiliki luka di hati bahwa si Masaki masih ada disitu. Sang protagonist jatuh cinta terhadap Masaki dilihat dari episode pertama sampai terakhir, ia selalu melindunginya namun di saat dia keluar dari desa itu, Masaki malah tertinggal.

Apalagi sang protagonist mengetahui bahwa orang yang Masaki cari, Reiji adalah teman imajiner dia. Dia merasa kasihan jika melihat kehidupan Masaki, dia ingin terus melindunginya namun nyatanya tidak bisa melakukan apa-apa.

Akibat dari kelalaian tersebut dia merasakan luka yang mendalam di hati, dan pada akhirnya dapat memasuki desa Nanakimura lagi sendirian. Pak supir pasti tahu mengenai hal ini, jadi dia langsung menjalankan busnya ke desa Nanakimura.

Ending yang bagus

Mayoiga - ending

Mayoiga - ending

Saya agak deg-deg kan bagaimana caranya anime ini selesai, ternyata setelah melihat episode terakhir anime ini sangat bagus penyelesaiannnya yang disisipi kehangatan, perbedaan pendapat dan sisipan lagu ending yang sesuai dengan tema anime ini.

Setiap orang memiliki luka batin yang berbeda-beda, ada yang sangat sulit untuk diselesaikan dan ada yang mudah diselesaikan. Beberapa orang telah berpisah ketika cerita anime ini berakhir, hal ini menunjukan beberapa orang masih memiliki luka yang sulit untuk diselesaikan.

Ada juga yang ingin meneliti, ikut-ikutan saja, dan rasa penasaran dengan desa tersebut, mereka terpisah dengan pemikran yang berbeda-beda.

Score : 8/10

Kesimpulan


  • Karakter menjengkelkan itu karena memiliki luka yang dapat mengguncakan psikologis
  • Desa Nanakimura adalah tempat pelarian yang di idam-idamkan kebanyakan orang saat mengalami depresi (Utopia)
  • Desa Nanakimura merupakan desa yang saling berkaitan dengan alam bawah sadar dan alam gaib, desa itu tidak berada di dunia nyata
  • Nanaki adalah sebuah perwujudan dari luka yang terpendam di bawah alam sadar
  • Psychological dalam anime ini sangat kuat
  • Horror di anime adalah luka yang menggunakan psikologis di masa lalu
  • Dibumbui romance agar lebih nyaman
  • Karakter-karakter anime Mayoiga berusaha untuk berkembang dan melawan ketakutan luka yang dialami masa lalunya
  • Hanya beberapa karakter saja yang diperlihatkan luka masa lalunya karena luka tersebut kebanyakan sering terjadi oleh kebanyakan orang

Anime Psychological yang dikemas dalam bentuk mystery dan horror yang dapat membuat saya membenahi diri. Anime ini memang banyak kekurangannya seperti banyak misteri yang janggal, dan lain sebagainya.

Untuk daftar anime terbaik: Anime terbaik

Kekurangan itu juga sangat disesali apalagi mengingat anime ini cukup singkat yang tidak dapat memuat untuk mengembangkan 10 karakter lebih..

Anime ini hanya memilih beberapa karakter remaja dan dewasa yang biasanya terjadi di kehdiupan nyata. Untuk itu masalah-masalah yang sulit diselesaikan mungkin tidak ditampilkan dalam anime ini.

Jika ingin menonton anime ini, "jangan benci atau meremehkan anime ini karena nantinya akan menimbulkan rasa benci saat menontonnya dan berakhir dengan ketidakjelasan, lihatlah dengan rasa penasaran"

Mungkin ini terlalu berlebihan, tapi semoga kamu menikmati apa yang saya tulis.


Share this with short URL: Get Short URL
loading short url

Advertisement





Advertisement