Tips Memilih Anime yang Aman Ditonton Saat Bulan Puasa

Advertisement

Bagi umat Islam, menjelang bulan Ramadhan sebaiknya dapat mengendalikan pikiran yang negatif, menjaga perilaku dan hawa nafsu agar supaya pahala tidak berkurang dan puasa tidak batal di bulan yang penuh berkah.

Banyak hal yang sebaiknya tidak dilakukan di bulan Ramadhan seperti misalkan menonton film rating dewasa dimana burung memasuki goa, senam jari (fup-fup), dan lain sebagainya.


Banyak penggemar anime yang meluangkan waktu untuk menonton anime di saat ngabuburit apalagi ketika liburan di bulan Ramadhan, jadi sebaiknya saat menonton anime disarankan untuk tidak menonton anime yang dapat mengurangi pahala dan membatalkan puasa.

Biasanya banyak yang ingin menghabiskan waktu untuk menyelesaikan anime yang sudah dimasukan di daftar tontonan dalam waktu yang secepat dan sesingkat mungkin (Marathon anime).

Akan tetapi di bulan Ramadhan ini sangat berbeda, penggemar anime harus pintar-pintar memilih anime karena ada juga anime yang dapat membatalkan puasa dan mengurangi pahala. Seperti contohnya ada di genre ecchi. Rata-rata anime genre ecchi ada scene yang dapat mengundang hawa nafsu pria.

Seperti contohnya sang protagonist yang tidak sengaja memegang karakter payudara perempuan yang besar, tidak sengaja melihat seluruh tubuh perempuan disaat mandi, tidak sengaja jatuh dihadapan perempuan lalu kepala nya tersangkut atau masuk ke dalam rok perempuan sampai kelihatan pantsu yang di pakainya, protagonist berciuman dengan perempuan, dll.

Hal hal tersebut dapat mengurangi pahala dan membatalkan puasa yang akan terbilang percuma jika dilanjutkan puasanya.

Bukan hanya pria saja yang harus pintar-pintar memilih, cewek pun juga harus pintar-pintar memilih karena ada juga anime yang dapat mengangkan hasrat wanita, seperti contohnya ada di genre yaoi, shounen-ai.

Lalu bagaimana cara memilih anime yang aman?

Berikut ini tips untuk memilih anime yang aman ditonton di bulan Ramadhan :


Pilihlah genre Slice of life


Slice of life anime

Masing-masing genre memiliki kategori cerita yang berbeda-beda. Banyak genre yang bisa dipilih namun terkadang ada sisipan adegan yang dapat mengurangi pahala dan membatalkan puasa seperti misalkan berciuman, baju perempuan yang basah kelihatan pakaian dalamannya, dan lain sebagainya.

Adegan tersebut biasanya disisipi secara spontan jadi penonton tidak sadar. Kalau sudah melihat hal tersebut jadi berasa bingung karena selanjutnya ingin menonton apa tidak, "jika berhenti akan terasa tanggung dan jika dilanjutkan akan percuma puasanya".

Dari sekian genre yang saya tonton, menurut saya pribadi genre Slice of life jarang ditemukan dan bahkan tidak ada hal-hal yang membatalkan puasa. Hal ini dikarenakan genre Slice of life menyebarkan cerita kenyamanan, kesejukan, dan kehangatan.

Tapi tidak menutup kemungkinan genre Slice of life juga dapat menyisipkan adegan yang dapat membatalkan puasa karena dapat juga genre tersebut digabungkan dengan genre ecchi, dan harem, jadi usahakan jangan ada Ecchi, dan Harem karena kedua genre tersebut rata-rata banyak menyisipkan adegan yang dapat menggiurkan mata.

Contoh genre Ecchi: Anime ecchi hard terbaik

Masing-masing anime Slice of life juga ada sistem ratingnya yang mengkategorikan untuk ditonton masing-masing umur, jadi harus pintar-pintar juga memilih rating.

Pilihlah rating untuk SU (Semua Umur)


Semua Umur

Rata-rata rating untuk Semua Umur tidak menampilkan adegan yang dapat membatalkan puasa karena tujuannya juga ditunjukan untuk anak-anak. Berbeda dengan rating yang ditunjukan remaja 13 tahun ke atas, biasanya ada anime yang centil menyisipkan adegan yang dapat mengurangi pahala dan membatalkan puasa.

Untuk mencari rating SU juga tidak mudah untuk dilakukan, tapi ada salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencari SU ini di Google, cara ini telah saya gunakan beberapa tahun ini.

Lalu bagaimana cara mencari rating untuk Semua Umur?

Berdasarkan dari pengamatan saya, rata-rata orang Indonesia jika ada sesuatu yang tidak diketahui atau ingin melihat informasi detail anime seperti siapa pengisi suaranya, sutradara, studio, dan lain-lain. Informasi tersebut dilihat berdasarkan situs database anime, Myanimelist.

Dalam situs Myanimelist, di sana telah dibuat rating berdasarkan dari Myanimelist itu sendiri dan penonton/pengunjung yang diungkapkan dan diyakini benar, jadi bukan berdasarkan dari Motion Picture rating system di Jepang (Eirin), Amerika (MPAA), maupun dari Indonesia (LSF/IFCB).

Walaupun begitu sistem rating ini juga ada baik-nya di mata member Myanimelist maupun dari saya sendiri karena banyak anime yang tepat sasaran yang ditunjukan untuk masing-masing umur dengan sistem rating ini.

Berikut ini rating Myanimelist :

  • G - All Ages : Untuk semua umur
  • PG - Children : Untuk anak-anak
  • PG-13 - Teens 13 or older : Untuk umur 13 tahun ke atas
  • R - 17+ (violence & profanity) : Direkomendasikan untuk 17 tahun ke atas mengandung unsur kekerasan dan ketidaksenonohan
  • R+ - Mild Nudity : Mengandung unsur ketelanjangan ringan juga mengandung unsur kekerasan dan ketidaksenonohan
  • Rx - Hentai : Mengandung unsur seksual extrem dan ketelanjangan

jika ingin tahu mengenai rating di Indonesia berikut ini rating-nya

anime rating Indonesia

Akan tetapi anime yang tayang dari dulu hingga sampai sekarang ini sudah ada banyak sekali, jadi sangat susah untuk mencari anime di Myanimelist berdasarkan rating, karena di sana juga tidak ada tautan yang ditunjukan untuk mencari anime berdasarkan rating.

Untuk itu, ada cara yang lebih cepat untuk mencari anime berdasarkan rating G - All Ages dari saya yang bisa diterapkan dalam mencari anime di Myanimelist.

Cara mencari rating untuk Semua Umur di Myanimelist

  • Masuk ke Google
  • Ketik perintah berikut ini (Harus pakai tanda kutip, jangan dihapus)
  • site:myanimelist.net "Rating: G - all ages"
  • Lihat baik-baik deskripsi-nya
anime rating untuk semua umur

Di sana telah muncul rating untuk semua umur jadi pilihlah anime yang sesuai selera. Ini berlaku untuk semua genre, jadi bagi yang tidak suka dengan genre Slice of life dengan cara ini bisa menonton anime Action, Drama, Adventure, Magic, dan lain-lain.

Ada juga cara untuk mencari anime berdasarkan genre tertentu juga.

Cara mencari anime rating Semua Umur berdasarkan genre

  • Masuk ke Google
  • Ketik perintah seperti di bawah ini (jangan hapus tanda kutip)
  • site:myanimelist.net genres:[Genre yang ingin di cari] "Rating: G - all ages"
  • Gantilah [Genre yang ingin di cari] dengan genre sesuai dengan selera, seperti berikut ini.
  • anime rating untuk semua umur slice of life
  • Lihat baik-baik deskripsi-nya, tinggal pilih anime yang ingin ditonton dan sesuai dengan selera.

Tapi tidak semua orang suka dengan situs Myanimelist. Dari pengamatan saya sekarang ini rata-rata blog maupun situs anime saat ingin mengulas atau review anime melihat informasi detail anime di Myanimelist, seperti halnya dengan blog ini. Fansub dan fanshare juga telah melihat informasi yang telah diberikan oleh Myanimelist.

Dengan begitu ada juga cara yang bisa diterapkan untuk mencari anime rating Semua Umur di situs/blog berbahasa Indonesia.

Cara mencari anime rating Semua Umur di blog anime

  • Harus masuk ke Google
  • Ketik perintah berikut ini
rekomendasi anime "Rating: G- all ages"
anime rating untuk semua umur

Mengapa saya sarankan untuk memilih G - all ages di Myanimelist?

Myanimelist itu sendiri menyatakan sistem rating ini sebaiknya jangan dijadikan untuk 'jaminan' sistem rating, jadi bisa saja salah sasaran, karena sistem rating ini dibuat berdasarkan ungkapan penonton atau pengunjung dan diyakini benar.

Beberapa member Myanimelist pernah komplain mengenai sistem Myanimelist yang salah sasaran. Ada anime ecchi yang seharusnya mengandung unsur ketelanjangan dan kekerasan di R - 17+ (violence & profanity) namun informasi yang diberikan Myanimelist adalah PG-13 - Teens 13 or older, begitu pun juga sebaliknya.

Salah satu komplain bisa dilihat di :

myanimelist.net/forum/?topicid=16816

Dari pengamatan saya sendiri banyak yang komplain mengenai sistem rating di antara PG-13 dan R-17+, karena terkadang ada yang tertukar di antara rating tersebut, tapi di rating G - All ages jarang ada yang komplain mengenai tertukarnya rating. Jadi untuk jaga-jaga sebaiknya nonton yang rating G - all ages saja.

Lihatlah review anime


Review - ulasan anime

Untuk lebih aman lagi agar supaya tidak keliru dengan sistem rating lihatlah review (ulasan) anime dari blog dan situs anime. Ada banyak blog maupun situs anime yang ada di dunia salah satunya blog ini,AnimePJM.

Dengan melihat review anime jadi lebih aman karena sang pengulas (orang yang review) telah menonton anime dan menyimak untuk memberitahu yang lain apakah anime ini layak ditonton atau tidak, apakah anime ini mengandung unsur kekerasan atau tidak dan lain sebagainya.

Berikut ini beberapa rekomendasi situs yang kontennya ada review anime :

Dengan melihat review anime bisa memilih genre sesuai selera, dan dengan ini juga bisa melihat anime rating Myanimelist PG-13, jadi tidak harus memilih rating untuk G - All ages.

Jika ingin melihat review (ulasan) anime di blog atau situs selain rekomendasi di atas, bisa diterapkan juga dengan cara di bawah ini.

Sebelumnya saya sudah bilang di atas, banyak fansub atau blog maupun situs anime yang detail informasinya melihat dari situs Myanimelist. Untuk memudahkan pencarian untuk mencari review anime dengan rating sesuai pilihan di blog atau situs anime bisa di cari juga melalui Google.

Berikut ini cara melihat review anime di blog anime berdasarkan rating:

  • ke Google
  • Ketik perintah (ingat, jangan di hapus tanda kutipnya)
  • review anime indonesia "[Rating yang ingin di cari]"
  • Silahkan ganti [Rating yang ingin di cari] dengan rating yang ingin ditonton, seperti contoh berikut ini.
anime rating 13 tahun ke atas

Lihatlah rekomendasi anime spesial untuk Ramadhan


Rekomendasi anime ramadhan

Banyak orang ketika Ramadhan datang bingung ingin menonton anime apa, lalu bertanya di status, dan grup. Biasanya akan ada orang yang merekomendasikan, blog maupun situs anime yang akan membagikan rekomendasi anime spesial untuk Ramadhan, salah satunya blog ini.

Untuk memudahkan para penggemar anime dalam mencari anime untuk Ramadhan, blog ini telah merekomendasikan anime untuk ditonton saat bulan Ramadhan, bisa dilhat artikelnya di:  Anime terbaik bulan Ramadhan agar tidak batal puasa

Dengan adanya rekomendasi-rekomendasi tersebut, dapat membuat penggemar anime yang beragama Islam lebih aman untuk menjaga puasa nya full sampai magrib dan menjaga pahala nya agar tidak berkurang di saat bulan yang penuh berkah.

Itulah beberapa tips dari saya untuk memilih anime yang aman di saat bulan puasa ini, semoga dengan adanya tips ini dapat membuat kamu lebih pintar untuk memilih anime yang dapat ditonton disaat bulan Ramadhan.

Tips ini memang memiliki kekurangan masing-masing, tidak ada semuanya yang sempurna begitu pun juga tips ini. Selamat mencoba ....

Jika ada saran atau kekurangan dengan tips ini, silahkan kirim masukan di bawah karena masukan kamu dapat bermanfaat untuk saya dan yang lainnya.


Share this with short URL: Get Short URL
loading short url

Advertisement





Advertisement