Review Kiznaiver: Berbagi Rasa Sakit dan Pikiran

Advertisement

Banyak orang yang bilang, kiznaiver salah satu anime yang diekpektasikan akan menjadi anime terbaik di musim spring 2016.

Banyak orang yang terkesan dengan anime ini karena telah menunjukan ikatan tali hubungan erat manusia (lebih spesifiknya hubungan teman) yang berbagi rasa kesedihan dan pikiran.

Mengingat anime kiznaiver juga telah populer di grup-grup anime, saya akan mengulas kiznaiver berdasarkan dari sudut pandang saya.

Catatan : Review ini ada sedikit spoiler

Informasi


(Myanimelist)

Type: TV
Total episode:12
Status: Telah tayang
Tanggal: 9 April 2016 - 25 juni 2016
Pengusaha film:  Aniplex, Movic, Ultra Super Pictures, Sammy, Asahi Broadcasting Corporation, BS11
Studio: Trigger
Genre: Drama, Sci-Fi
Durasi: 24 menit/episode
Rating:   PG-13 - Teens 13 or older
Score: 7.75 (Myanimelist)
Sutradara : Hiroshi Kobayashi

Karakter

  • Katsuhira Agata : Agata tetangga Chidori yang lupa ingatan dengan masa lalunya. Ia tidak memiliki ekpresi, tidak merasakan rasa sakit, tidak tertarik dengan orang lain maupun kegiatan apapun (acuh tak acuh), atau biasa disebut juga Apatis
  • Chidori Takashiro : Chidori tetangga Katsuhira yang sangat peduli dengan orang-orang yang ada disekitarnya terutama dengan Katsuhira. Chidori juga memiliki sifat malu malu
  • Niko Niiyama : Niko sangat beneregik dimata teman-temannya, ia juga selalu bersemangat dan selalu berpikir positif
  • Honokah Maki : Maki setiap berbicara memiliki kata-kata yang sangat kasar, dia tidak terbuka dan tidak ingin berhubungan dengan orang lain
  • Noriko Sonozaki : Noriko sangat misterius, dan jarang berbicara dengan orang lain. Sekalinya berbicara kata-katanya sangat menyakitkan sekali untuk orang yang diajak berbicara. Dia adalah orang yang menyeret para remaja untuk mencoba sistem kizna
  • Hajime Tenga : Tenga sangat kuat, memiliki otot yang besar dan peduli dengan orang yang lemah dan perempuan. Dia lebih mengunakan otot daripada pikiran
  • Yuta tsuguhito : Yuta sangat populer dikalangan perempuan, ia juga seorang yang berpikir dua kali ketika ada masalah
  • Yoshiharu Hisomu : Hisomu orang yang aneh, ia sangat menyukai rasa sakit yang berbentuk fisik untuk membangkitkan gairah seksualnya

Sinopsis

Suatu hari Chidori, Katsuhira, dan empat remaja lainnya diculik dan dipaksa untuk bergabung dengan sistem Kizna. Sistem itu terhubung satu sama lain: mereka dapat merasakan rasa sakit satu sama lain, jika salah satu anggota terluka, yang lain akan merasakannya juga.

Para remaja ini diujicoba dengan sebuah sistem yang dirancang untuk 'kedamaian dunia'. Dengan sistem ini, perlahan-lahan kehidupan mereka berubah.

PV


Ulasan Kiznaiver Indonesia



Anime Kiznaiver lebih condong ke arah drama, dimana ikatan tali hubungan manusia (lebih spesifiknya adalah teman) adalah tema dari anime ini.

Masing-masing karakter dibuat dengan perbedaan sifat yang menonjol dan mewakili sifat-sifat dasar manusia: Ada yang malu-malu, ada yang tegas, ada yang pemarah, ada yang berenegik, ada yang bergairah, ada yang pemberani, dan ada yang acuh tak acuh.

Tanpa memikirkan perbedaan dari internal (sifat yang dipunya masing-masing karakter) maupun eksternal (status sosial) mereka dikumpulkan seperti tikus percobaan yang diujicobakan untuk sebuah alat dengan sistem yang dapat membagi rasa sakit baik itu fisik maupun batin, sistem ini disebut sistem kizna, orang yang terhubung dengan sistem ini disebut kiznaiver.

Berbicara sistem kizna, sistem ini dapat membagi rasa sakit yang hanya berupa fisik saja. Seperti misalkan, kamu dengan teman sebangku kamu yang terjerat dengan sistem ini.

Jika teman kamu merasakan sakit akibat teman burung kamu ditendang oleh perempuan satu kelas, rasa sakit itu juga akan kamu rasakan seperti yang dialami oleh teman kamu.

Semakin lama memakai sistem ini semakin lama juga sistem ini berkembang. Rasa sakit yang hanya berupa fisik saja kini dapat merasakan luka batin yang selama ini dipendam.

Seperti misalkan teman kamu yang mendapatkan luka batin akibat dari teman masa kecil yang disukainya meninggal karena telah menolong dia dari tabrak mobil. Karena hal tersebut, dia menjadi tidak terbuka dengan kamu maupun orang lain walaupun sudah berhubungan.

Terkadang ketika melihat sepasang anak kecil yang bergandengan tangan di depan matanya, luka batin tersebut muncul ke dalam pikirannya yang mengakibatkan sakit di hati karena dia menyesali dulu tidak dapat menolong teman masa kecilnya yang dia sukai.

Kamu yang sedang jauh dari dia akan merasakan hal serupa yang membuat tubuh kamu merasakan panas dan sakit seperti yang teman kamu rasakan.

kiznaiver spring 2016 - terjebak

Anime Kiznaiver memberi kesan awal yang luar biasa seperti halnya contoh di atas. Para remaja yang tidak saling mengenali dikumpulkan menjadi satu, mereka terjebak disebuah sistem yang tidak mereka kenali, lalu mereka saling berbagi rasa sakit dan pikiran dengan sistem tersebut, dan seiring waktu mereka menjadi bersama yang meraih erat tali hubungan teman.

Agar dapat terasa nyaman dengan kesan pertama mengenai para karakter yang saling terhubung menjadi hubungan teman, anime kiznaiver membuat para karakter yang terjerat dalam sistem kizna selalu bersama-sama, saling jujur, dan saling bertengkar. Hanya saja interaksi antar karakter kurang ditekankan yang membuat drama hubungan teman (persahabatan) kurang.

Banyak emosional (pertengkaran) di sini dibandingkan dengan interaksi antar karakter untuk menjadi sebuah ikatan.

Akan tetapi Kiznaiver tahu, anime ini menetralkan emosional antar karakter dengan cara menunjukan kesan lagi dimana ketika salah satu karakter hilang entah kemana lalu karakter yang lainnya mencari bersama-sama ke sana-kemari hingga akhirnya ketemu.

Puncak kedekatan para karakter agar saling terhubung menjadi hubungan teman adalah ketika anime kiznaiver membuat latar belakang cerita (backstory) dari salah satu karakter yang membuat kepribadian dari karakter tersebut menjadi berubah akibat insiden yang dialaminya dulu.

Saat yang lain menerima luka batin dari karakter tersebut, mereka bersama-sama bergerak untuk menolong, memberi saran, dan mendekatkan dirinya agar karakter tersebut terbuka dengan yang lain dan tidak menyesali apa yang dialaminya dulu yang dapat meninggalkan bekas luka batin.

kiznaiver spring 2016 - Romance

Karakter anime Kiznaiver telah diatur berupa anak remaja yang berstatus pelajar. Seperti halnya kehidupan anak remaja sekarang ini yang rata-rata banyak membicarakan, mencari dan merasakan cinta.

Anime Kiznaiver membuat percikan-percikan adegan romance sesuai dengan anak remaja sekarang. Beberapa adegan disertai percikan-percikan atmosfir romance yang merupakan kode akan memungkinkan adanya romance di anime ini.

Karena cinta, hubungan menjadi retak. Itu adalah wajar karena dalam kenyataanya ada juga orang-orang yang merasakan hal seperti 'berawal teman menjadi cinta dan karena cinta hubungan teman menjadi retak'.

Memasuki tengah cerita anime ini mematahkan kesan mengenai hubungan teman, yang awalnya anime ini telah memberikan kesan mengenai para remaja yang akan meraih hubungan teman, dalam beberapa episode kebelakang menjadi sebuah kisah cinta para remaja 'yang rumit'.

Kiznaiver bukanlah sebuah kisah cinta remaja yang biasa melainkan cerita cinta yang rumit, yakni cinta poligon (Apa itu cinta poligon? cinta poligon) yang menurut saya dapat mengurangi kenyamanan dan kualitas dari anime ini, karena anime ini hanya dapat 12 episode saja, artinya harus ada penekanan karakter dan hubungan romantis yang mendalam jika menjadi cinta yang rumit, belum lagi anime ini harus mengeksekusi cerita mengenai latar belakang cerita protagonist yang telah ditunjukan di awal-awal cerita.

kiznaiver spring 2016 - sakit

Dengan begitu, semakin kebelakang anime ini menjadi berkurang dengan drama ikatan teman. Akan tetapi dengan adanya hubungan romance yang rumit ini dapat membuat kesan tersendiri mengenai romance yang terjadi di anime kiznaiver, namun tetap saja sayang cerita utama yang awal-awal ditunjukan oleh kiznaiver perlahan-lahan mulai kabur dan hilang.

Hubungan persahabatan menjadi sebuah kisah cinta untuk meningkatkan drama. Karena drama baru, konsep kiznaiver di awal perlahan-lahan mulai hilang.

Walaupun drama tetap terjaga saya sendiri merasa kecewa, saya sendiri seperti merasakan seperti ada elemen yang kurang, seperti kurangnya interaksi antar karakter, dan penekanan karakter.

Awalnya saya berpikir begitu tetapi ada satu karakter yang menjadi perhatian, yakni Honoka. Dia dikenalkan, dan dikembangkan di anime ini yang membuat anime ini juga mempertahankan penekanan karakter.

Ada juga Kacchon dengan masa lalunya, dengan berbagai tindakan yang dilakukan bersama teman-temannya melalui sistem kizna dia menjadi berkembang.

Tapi tetap saja saya kurang merasakan dengan Kacchon dan beberapa karakter lainnya karena menurut saya kurang menekankan karakter.

Anime kiznaiver terlalu banyak memasukan karakter untuk dijadikan sampel realitas ke hubungan romantis yang dasarnya terjadi di kehidupan remaja.

Hal itu terus di kembangkan dan dijadikan bahan improvisasi cerita yang dapat memisahkan hubungan yang terjalin menjadi rumit, dan retak. Akhirnya cerita menjadi berfokus ke kisah cinta poligon remaja.

Konsep yang disajikan kiznaiver sangat menarik sekali mengenai drama sci-fi tentang berbagi rasa sakit dan pikiran membuat orang-orang tertarik untuk melihat anime ini.

Di awal cerita sudah disajikan latar belakang cerita protagonist yang membuat penonton menjadi penasaran apa yang terjadi dengan protagonist di masa lalunya.

Setelah cinta poligon, anime ini juga mengeksekusi cerita yang mengenai masa lalunya protagonist. Karena berhubungan sistem kizna anime ini juga mengeksekusi cerita mengenai penjelasan sistem kizna. Semakin kebelakang anime ini menjadi berkurang dengan penekanan karakter.

Beberapa percikan romance yang di awal telah ditunjukan, menjadi terfokus dan terarah ke cerita kisah cinta para remaja.

Kiznaiver spring 2016 - persahabatan

Namun dibalik semua kekurangan, anime ini dapat membuat penontonnya sadar bahwa hubungan teman sejati (persahabatan) tidak hanya sebatas mengenal nama dan watak karakter diluar saja.

Untuk menjalani hubungan hal seperti persahabatan, mereka harus bersama-sama dalam suka maupun duka, berbagi rasa sakit maupun pikiran.

Anime ini juga memberikan konsep mengenai psikologi yang umum terjadi pada remaja, saya sangat suka dengan konsep yang disajikan oleh kiznaiver yang menceritakan tentang remaja yang sedang merasakan cinta.

Anime kiznaiver menunjukan seberapa besarnya cinta dan seberapa rumitnya cinta. Ada yang patah hati, ada yang senang, dan lain sebagainya.

Bagi kamu yang ingin menonton anime kiznaiver jangan terlalu berharap dengan persahabatan. Namun bagi kamu yang suka dengan anime yang ditunjukan untuk mengisi waktu luang dan mencari romance di anime tidak salahnya mencoba anime ini.

Score : 5/10

Untuk anime romance lengkap bisa kunjungi di artikel : Daftar anime romance

Hal yang bagus lagi dari anime ini adalah musik openingnya yang membuat penonton merasakan untuk menjalin lebih dalam ikatannya dengan teman maupun sahabatnya. Saya suka dengan musiknnya.

Walaupun ini hanya sebatas cocoklogi, setelah melihat Gomorin di kiznaiver saya menjadi teringat dengan boneka yang ada di paranoia agent, salah satu anime yang dijalankan Satoshi kon (anime-animenya saya suka, menggabungkan fantasy dengan realitas).

Ada lagi yang mengejutkan dari Kiznaiver yakni memperlihatkan karakter dari Uchuu luluco patrol yang sama-sama tayang pada musim spring 2016.

Uchuu luluco patrol di kiznaiver

Jika belum nonton anime Uchuu luluco patrol saya sarankan untuk menontonnya, karena Uchuu luluco patrol ceritanya ringan dan lucu comedy nya.


Share this with short URL: Get Short URL
loading short url

Advertisement





Advertisement