Apakah Bgm Anime Planetarian Lagu Ibu Pertiwi

Advertisement

Baru-baru ini di grup anime banyak yang membicarakan salah satu anime musim summer 2016 yang telah mensisipkan BGM (Background Musick) mirip salah satu lagu nasional Indonesia, yakni Ibu pertiwi.

Akan menjadi sebuah kebanggaan dan meningkatkan jiwa nasionalisme jika lagu nasional tersebut dilirik, disukai, dan diputar di negara lain, apalagi jika didengar di berbagai belahan dunia.

Anime yang mensisipkan BGM tersebut adalah Planetarian, anime ini tayang musim summer 2016 tepatnya tanggal 7 jul 2016 hingga sampai 4 Agustus 2016.

Planetarian anime

Anime Planetarian bercerita tentang kota yang telah ditinggalkan setelah 30 tahun terakhir diserang senjata biologis karena perang. Di kota itu ada beberapa orang yang bekerja sebagai "pengais sampah (Junker)".

Lagit gelap, jalanan rusak, gedung-gedung tinggi hancur dan robot-robot tidak dapat mengendalikan diri. Seorang pemuda yang bekerja sebagai Junker dikejar robot lalu berakhir di salah satu gedung yang sudah ditinggalkan.

Di sana dia menemukan sebuah robot cantik yang membawa karangan bunga dan mengaku sebagai salah satu petugas planetarium. Gedung yang sedang dipijak adalah planetarium, robot itu menjelaskan bahwa setiap hari dia menantikan pengunjung untuk melihat bintang-bintang yang gemilang di planetarium.

Singkat cerita robot itu ingin menunjukan bintang-bintang di langit dan menganggap pemuda tersebut sebagai pengunjung, akan tetapi partnernya, mesin untuk menampilkan visual bintang-bintang sudah rusak.

Pemuda tersebut tidak ingin berlama-lama di gedung planetarium karena dia tidak ingin membuang-buang waktu, namun karena situasi telah berubah dia membantu untuk memperbaiki partner robot dan melihat bintang-bintang sebagai pengunjung.

Banyak orang yang telah membicarakan anime ini karena di episode 2 sampai episode 4 anime ini telah mensisipkan BGM yang mirip dengan lagu nasional Indonesia. Puncaknya setelah anime ini memasuki episode terakhir BGM tersebut menonjol yang dapat didengar dengan sangat jelas oleh penonton.

BGM itu jelas seperti lagu nasional ibu pertiwi, namun sebagian banyak (termasuk saya) masih ragu BGM ini apakah ini lagu Ibu pertiwi atau tidak. Karena saya penasaran saya mencari di internet yang ada relavansi dengan BGM dan anime ini--dan akhirnya saya menemukan beberapa artikel dan postingan yang dapat menjawab pertanyaan saya.

Berikut ini hasilnya :


Pembaca VN Planetarian pernah membahas hal ini

Bagi pembaca Visual Novel planetarian ternyata mereka telah mendengarkan lebih dahulu BGM yang mirip dengan lagu Ibu pertiwi. Banyak yang mendiskusikan apakah lagu ini ibu pertiwi atau tidak.

Forum Novel (2006)

Planetarian - ibu pertiwi

Forum gamexeon (2009)

Planetarian - ibu pertiwi

Forum Kaori nusantara (2010)

Planetarian - ibu pertiwi

Kesimpulan saya setelah melihat dan membaca dari beberapa diskusi tersebut adalah salah satu BGM yang ada di VN Planetarian bukanlah lagu Ibu pertiwi.

BGM planetarian bukanlah lagu ibu pertiwi

Pembaca VN membahas tentang BGM di VN Planeatarian yang menemukan titik temu lalu sekarang terulang lagi, banyak penonton anime yang membahas hal ini. Saya sendiri juga sempat bertanya-tanya apakah BGM ini lagu ibu pertiwi atau bukan.

Dilihat dari hasil diskusi forum, artikel dan postingan, BGM di anime ini bukanlah lagu ibu pertiwi. Memang mirip nada dan irama musiknya namun di Jepang sana ada lagu yang bernama Hoshi no yo Daisui Sugitani dan versi lainnya ditulis oleh Ryūkō Kawaji dengan judul Hoshi no sekai.

Hal ini dapat ditemukan di Wikipedia mengenai OST yang ada di VN Planetarian

Planetarian ibu pertiwi

Mungkin banyak yang bertanya kenapa referensi saya di atas dari VN planetarian bukan dari anime. Dilihat dari kontennya memang agak berbeda, terkadang ada anime yang diadaptasi dari VN alur ceritanya membelok atau lebih tepatnya tidak sesuai dengan orisinal.

Tapi setelah saya mendengarkan OST yang ada di VN planetarian (ada di youtube) lalu membaca diskusi di forum-forum dengan orang-orang yang sudah membaca VN planetarian, bahwa OST di VN dengan anime yang dianggap lagu ibu pertiwi sama. Jika belum tahu OST di VN planetarian

Hoshi no sekai (VN planetarian)


Jika masih penasaran, silahkan bandingkan dengan yang ada di anime. Untuk yang Hoshi no yo.

Hoshi no yo

Asal muasal Irama dan musik

Jika menelusuri lebih dalam, irama dan nada di musik BGM ini bukanlah lagu ibu pertiwi melainkan musik yang diciptakan oleh Charles Crozat Converse.

Hal ini juga dapat ditemukan di internet yang memiliki kesamaan bertanya-tanya darimanakah asal musik yang mengiringi lagu Ibu pertiwi.

Catatan : Klik gambar untuk memperbesar

Planetarian ibu pertiwi
Planetarian ibu pertiwi
Planetarian ibu pertiwi
Planetarian ibu pertiwi

Planetarian ibu pertiwi

Jika ingin mencari artikel lain di internet silahkan ke Google dengan menggunakan kata kunci (keyword) "Asal lagu ibu pertiwi".

Oke itu saja dari artikel ini semoga saja dengan adanya ini dapat menambah wawasan mengenai BGM yang ada di planetarian.

Mohon maaf jika singkat penjelasannya, dan mohon maaf saya hanya memenggal beberapa kalimat saja. Tapi semoga dengan adanya ini dapat menambah wawasan mengenai BGM yang ada di anime planetarian.

Agar tidak terjadinya salah paham setelah melihat beberapa penggal kalimat di atas, saran saya lihatlah seluruh dari isi diskusi dan artikel yang saya Screenshot di atas. Bisa dilihat di bawah ini.

Sumber

https://goo.gl/1lOcF1

Jika menurut kamu sumber tidak dapat dipercaya silahkan berkomentar di artikel ini tentang kejelasan BGM planetarian.

Untuk yang ingin melihat Indonesia di anime lebih baik mampir ke artikel : Anime yang ada unsur Indonesia

Dalam artikel itu telah ditemukan unsur-unsur Indonesia.

Bagi yang belum menonton anime ini silahkan ditonton karena anime ini memiliki ending yang sedih, apalagi anime ini juga memiliki sebuah makna yang mendalam.

Mendengar BGM tersebut saya menjadi teringkat ketika SD yang penuh dengan kenangan manis saat menyanyikan lagu ibu pertiwi


Share this with short URL: Get Short URL
loading short url

Advertisement





Advertisement