Mengapa Saya Harus Menonton Anime Amanchu

Advertisement

Ada salah satu anime di musim summer 2016 yang jarang disorot dan dibicarakan padahal sebenarnya anime ini memiliki konten cerita yang dapat membuat penonton menjadi rileks dan santai di saat waktu luang, jadi akan sayang untuk dilewatkan.

Anime yang sedang dibahas adalah Amanchu, sebuah anime genre slice of life yang bercerita tentang seorang gadis yang baru pindah dari kota ke pinggiran kota di dekat laut.

Saat pertama kali memasuki sekolah baru dia terseret ke klub selam oleh teman yang baru ditemui. Dalam klub dan lingkungan yang baru, ia menemukan hal yang berbeda dari kehidupan sebelumnya.

Amanchu - Aria - anime aman


Amanchu ditulis oleh pengarang Aria, Kozue Amano yang sukses dengan Aria membuat pembaca menemukan dan menyadari kebahagian yang ada di dunia walaupun hal sekecil apapun.

Aria lalu diadaptasi ke anime dengan beberapa season yang sukses seperti manganya yang membuat penonton merasakan kehangatan, keindahan dan kebahagaian yang ada di dunia ini walaupun hal sekecil apapun.

Beberapa orang yang saya lihat setelah menonton anime aria rata-rata sangat aprsesiasi dengan Aria dan menjadikan anime Aria sebagai sebuah mahakarya.

Jika belum mengenal Aria bisa kunjungi di artikel: Review anime Aria

Setelah sukses dengan anime Aria kini Amanchu yang masih tahap pengerjaan manga diadaptasi ke anime.

Bagi yang baru pertama kali melihat poster maupun PV ada baiknya jangan beranggapan bahwa anime ini berunsur yuri sebab setelah melihat respon sebagian orang, banyak yang bilang bahwa anime ini akan berunsur yuri.

Padahal sebenarnya anime ini bukan bertunjuan untuk yuri melainkan menunjukan sebuah tali ikatan hubungan manusia.

Setelah membaca manga menurut saya Amanchu seperti sedang menceritakan seseorang yang memiliki sifat pemalu yang berusaha berubah untuk dapat menjalin ikatan dengan yang lain.

cerita Amanchu juga seperti seseorang yang sedang mencari jati diri ,jadi Amanchu lebih berfokus pada penekanan karakter yang akan berubah secara bertahap.

Amanchu agak berbeda dengan Aria karena di Amanchu ada beberapa yang menampilkan yuri bait dimana kedua karakter perempuan seperti ingin melakukan pendekatan: berpengangan tangan seperti sebuah pasangan, wajah yang hampir seperti ingin berciuman, dan lain sebagainya.

Namun itu hanya sebatas salah presepsi saja, karena nyatanya hanya seperti dua gadis yang menjalin persahabatan. Terlepas dari itu semua anime ini tetap sama seperti Aria yang akan membuat penonton menjadi rileks dan nyaman saat menontonnya.

Apa yang membuat anime ini menarik? ada beberapa hal yang akan saya jelaskan di sini agar yang bingung menonton anime ini menjadi tertarik untuk menontonnya, berikut ini penjelasan saya mengenai anime Amanchu.

Catatan : Agak berlebihan tapi semoga dengan adanya ini dapat membuat penasaran dengan anime Amanchu.

Tema cerita dibaluti Air yang dapat membuat rileks pikiran penonton

Amanchu - Aria - anime aman


Amanchu dan Aria memiliki kesamaan yakni memiliki tema yang sama-sama berlatar tempat yang ada airnya (secara garis besar bermain air).

Seperti di artikel Aria yang pernah saya tulis, saya pernah disarankan oleh dokter untuk pergi ke danau atau ke pantai untuk melepaskan keresahan saya sejenak dan agar tidak terlalu banyak pikiran karena jika terlalu dipikirkan akan mendatangkan penyakit ke tubuh secara tidak sadar.

Setelah mencoba hal tersebut saya memang lepas sejenak seperti bebas dari keresahan saya, dan dapat berpikir jernih untuk melakukan sesuatu.

Ada beberapa artikel juga di beberapa situs dan forum (bisa dicari di Google) yang menyarankan tempat seperti danau, pantai, dan lain-lain yang dapat membuat pikiran rileks dan dapat santai disaat liburan.

Amanchu memiliki tema menyelam, menikmati bagaimana kehidupan bawah air dengan keindahan yang terjadi di kehidupan bawah air.

Termotivasi untuk lebih berani bagi pemalu


Amanchu - Aria - pemalu


Bagi orang pemalu anime ini dapat membuka pikiran agar tidak malu menjalin hubungan dengan orang lain.

Salah satu karakter utama di anime ini adalah seorang pemalu, ia susah menjalin hubungan dengan orang lain bukan karena tidak ingin terjalin atau lebih tepatnya menjauhi diri dari kehidupan sosial melainkan hanya karena susah bergaul dan malu atau ragu-ragu ketika ingin menjalin hubungan dengan yang lain.

Karakter ini akan berkembang dan menemukan kehidupan baru yang belum pernah dialami. Ia maju selangkah demi selangkah ke tujuan yang telah ditetapkan berkat teman-teman yang berada di klub selam.

Di sisi lain ada karakter utama yang berenegik memotivasinya agar menikmati dunia ini walaupun hal sekecil apapun, karena kebahagian dapat ditemukan dimanapun, dengan cara menikmatinya kebahagiaan akan datang dengan sendirinya.

Persahabatan


Amanchu - Aria - anime aman


Anime ini juga menekankan interaksi karakter dengan orang lain yang pada awalnya sang karakter utama malu-malu untuk mencoba menjalin hubungan dengan yang lain. Secara bertahap karakter utama menjadi berbeda dan terbuka.

Walaupun sang karakter utama tertinggal jauh dengan teman-temannya yang ada di klub selam, ia tidak ditinggalkan, ditolong, dan diajarkan untuk dapat mengejar ketertinggalannya. Begitu dengan yang lainnya, mereka sama-sama saling menolong agar tidak tertinggal.

Kerja sama tim


Amanchu - Aria - anime aman


Dalam selam scuba (scuba diving) biasanya penyelam dilarang untuk menyelam dan berkeliaran sendiri di bawah air, karena terkadang jika sendiri akan tersesat dan akan susah memperbaiki sesuatu jika ada alat bantu selam terjadi sesuatu.

Untuk itu setiap penyelam setidaknya harus ditemani satu orang agar dapat salling bekerja sama satu sama lain jika ada sesuatu yang terjadi.

Teman yang mendampingi atau yang saling bekerja sama disebut buddy, jika tidak ada buddy maka dilarang untuk selam scuba karena dapat membahayakan diri sendiri. Saat selam scuba penonton akan merasakan bagaimana kerja sama tim.

Bikin rileks


Amanchu - Aria - anime aman


Anime ini bikin rileks karena perpaduan cerita dan musiknya seakan-akan membawa penonton ke atmosfir yang indah dan nyaman untuk melepaskan keresahan dan pikiran penat.

Apa yang membuat anime rileks? berikut ini penjelasannya berdasarkan dari sudut pandang saya:

  • Awal episode sudah disajikan pantai yang indah
  • Interaksi karakter yang ditekankan dapat menggerakan hati
  • Background Musik (BGM) yang mendukung cerita ini dapat menghipnotis penonton.
  • Sudah diperlihatkan di awal bagaimana cara mendapatkan kebahagian walaupun hal sekecil apapun
  • Ada karakter utama yang berenegik yang suka memperbesarkan hal-hal kecil
  • Comedy yang ringan mendukung cerita untuk membuat penonton menjadi rileks
  • Karakternya dibuat chibi agar dapat ditonton dengan santai


Untuk karakter yang dibuat chibi sebagian orang merasa jijik kenapa sepanjang episode kebanyakan harus dibuat chibi, padahal sebenarnya menurut saya hal ini agar dapat membuat penonton nyaman saat menonton Amanchu.

Itulah beberapa hal yang menarik dari anime ini. Walaupun masih ada beberapa poin yang ingin saya sampaikan namun itu semua berbentuk spoiler.

Beberapa tips agar menonton Amanchu lebih nyaman dan rileks:

  • Jangan di marathon karena jika dimarathon akan bosan dengan cerita Amanchu, minimal 1-2 episode saja 1 hari
  • Jangan berharap karakter di anime ini cantik karena biasanya jika mencari anime dengan karakter cantik akan kecewa ketika melihat anime ini sebab anime ini banyak menampilkan karakter chibi
  • Jangan berharap untuk yuri atau ada romance di anime ini
  • Tontonlah di pagi hari atau saat malam sebelum tidur

Sebenarnya tips di atas sama seperti menonton Aria, jika sudah melakukan di atas ada hal yang berbeda setelah selesai menontonnnya.

Amanchu juga mengejutkan penggemar Aria karena saat episode 2 anime ini menampilkan maskot Aria, yakni presiden Aria (pokoteng) berikut ini Screenshotnya.

Aria di Amanchu - Aria x Amanchu


Bagi penggenar anime Slife of life ada baiknya menonton anime ini namun bagi yang baru saja ingin menonton anime yang bergenre Slice of life ada baiknya mengikuti tips di atas karena jalan cerita slice of life agak pelan.

Jika tidak suka dengan cerita yang berjalan pelan/lambat tidak disarankan untuk menonton anime Amanchu karena nantinya akan cepat bosan saat menontonnya.

Tapi jangan kawatir karena ada beberapa anime terbaik yang saya rekomendasikan untuk segera ditonton berikut ini artikelnya : Anime terbaik

Selamat menonton Amanchu ....


Share this with short URL: Get Short URL
loading short url

Advertisement





Advertisement