Review Flying Witch: Keseharian Penyihir yang Bikin Rileks

Advertisement

Flying witch sebuah anime yang meninggalkan kesan pertama sihir-sihiran ternyata merupakan anime yang nyaman dan bikin rileks ditonton di saat sedang mengisi waktu luang.

Banyak orang yang beranggapan anime ini ada sihir-sihiran sampai-sampai ada yang drop dengan anime ini karna tidak sesuai ekspetasi yang menghadirkan sihir-sihiran beserta action seperti anime sihir pada umumnya.

Untuk yang belum nonton anime ini ada baiknya jangan beranggapan seperti itu, karna pada kenyataannya anime ini lebih mengutamakan slice of life dibandingkan dengan sihir-sihirannya.

Flying witch cover - anime rileks dan sejuk

Ya, sebuah anime slice of life yang saya sukai di musim spring 2016 sebelum Amanchu tayang. Anime ini dapat membuat penonton mengurangi rasa lelah setelah kegiatan seperti Amanchu yang telah tayang pada summer 2016 ini.

Jika belum mengenal Amanchu ada baiknya baca di artikel : Mengapa saya harus menonton anime Amanchu

Jangan beranggapan bahwa anime ini sihir-sihiran, jika tidak nanti akan bosan dan meninggalkan sebuah kekecewaan setelah menonton anime ini.

Untuk mengurangi rasa kekecewaan ada baiknya untuk membaca artikel ini karena kali ini saya akan mengulas anime Flying witch agar bagi yang drop dan bagi yang belum nonton anime Flying witch tidak meninggalkan rasa kecewa.

Informasi


(Myanimelist)

Type: TV
Total episode:12
Status: Telah tayang
Tanggal: 10 April 2016 - 20 Juni 2016
Pengusaha film:  VAP, Kodansha, Magic Capsule, Nippon Television Network Corporation, RAB Aomori Broadcasting Corporation, Nippon Television Music Corporation
Studio: J.C.Staff
Genre: Comedy, Magic, Shounen, Slice of Life, Supernatural
Durasi: 23 menit/episode
Rating: PG-13 - Teens 13 or older
Score: 7.13 (Myanimelist)
Sutradara :  Katsushi sakurabi

Karakter


  • Makoto Kowata : Penyihir pemula yang sedang menjalankan latihan untuk merantau supaya mandiri agar dapat menjadi seorang penyihir yang handal seperti kakaknya
  • Kei Kuramoto : Saudara Makoto yang jago dalam bidang memasak dan suka rendah hati dengan Makoto.
  • Chinatsu Kuramoto : Adik dari Kei yang sangat aktif dan bersemangat dalam hal apapun

Sinopsis

Menceritakan tentang Makoto Kowata dengan kucing hitamnya, Chito yang baru saja memulai menjadi seorang penyihir. Ia sedang merantau agar mandiri yang merupakan salah satu latihan untuk menjadi penyihir.

Makoto diputuskan oleh ibunya untuk tinggal di rumah saudaranya, Kei supaya lebih aman ketika sedang menjalankan latihan. Dengan latihan yang dijalankan, Makoto menemukan berbagai hal yang menarik.

PV



Ulasan Flying Witch Indonesia


Review Flying Witch - Anime aman

Seperti judulnya Flying Witch, penyihir terbang. Anime ini menceritakan tentang seorang gadis yang sedang menjalankan latihan agar menjadi seorang penyihir yang handal.

Cerita Flying Witch sangatlah simpel, dengan perpaduan elemen sihir dan keseharian seorang gadis anime ini dapat membuat penonton rileks dan melupakan sejenak masalah yang ada.

Jika pertama kali nonton lalu berharap bahwa anime ini akan menceritakan seorang penyihir yang akan membasmi kejahatan dengan sihirnya hal itu akan meninggalkan rasa bosan, anime ini lebih menekankan keseharian (proses) gadis penyihir saat menjalankan latihan untuk menjadi penyihir handal di rumah saudaranya.

Intinya anime Flying Witch lebih mendalami kehidupan yang dijalani sang karakter utama daripada membasmi kejahatan dengan action yang memukau.

Elemen sihir telah menjadikan tumpuan agar anime ini tidak bosan saat penonton lihat, karena Flying witch mencoba menyajikan slice of life dengan hal-hal yang berbau diluar logika agar berbeda dengan slice of life pada umumnya.

Hal-hal yang berbau sihir sudah dipertunjukan dari awal hingga dapat meninggalkan kesan baik untuk penonton.

Jalan cerita Flying Witch sangat lembut dan lambat seakan-akan penonton secara tidak sadar tidak merasakan ada nya perpindahan ruangan, jadi maksudnya ketika karakter utama sedang berjalan dari ruangan satu ke ruangan yang lain seakan-akan realistis.

Dengan begitu anime Flying Witch sangat detail untuk penggambaran ceritanya, jadi akan berasa lama saat menonton anime Flying Witch.

Seperti contohnya, di episode 1 ketika karakter utama baru saja pindah ke rumah saudaranya perhatikan baik-baik dari mulai sang karakter utama di kereta hingga sampai naik bus, sangat lembut sekali untuk memindahkan ruangan dari satu ke ruangan yang lain.

Silahkan diulang-ulang, berasa nyaman sekali teknik yang dipakai oleh Flying Witch. Bukan hanya awalan saja, teknik ini juga dipakai di sepanjang episode Flying Witch, jadi penonton merasakan sensasi yang luar biasa apa yang digambarkan oleh Flying Witch.

Seakan-akan penonton berasa ada diruang lingkup yang telah digambarkan oleh Flying WItch. Tapi yang menurut saya lebih nyaman lagi karena Flying Witch juga menghindari dari keramaian, maksudnya dari segi penggambaran ceritanya anime ini jarang memasukan banyak orang dan lebih memasukan ruangan kosong agar terlihat lebih nyaman.

Contohnya ketika Makoto pergi berbejalan dengan adiknya Kei, jika dilihat banyak ruang kosong yang ada daripada menonjolkan sang karakter.

Review Flying Witch - ruang kosong


Sebenarnya hal ini telah dilakukan dari awal-awal bahkan opening anime ini juga melakukan hal ini. Untuk contoh lainnya ketika Makoto beli kain.

Review Flying Witch - ruang kosong

Review Flying Witch - ruang kosong

Hal ini telah dilakukan di sepanjang episode bahkan sampai endingnya juga melakukan hal ini, jadi setiap episodenya lebih memasukan ruang kosong seperti merasa sepi, sedih, tentram dan damai hidupnya.

Setelah dibuat nyaman dengan berbagai hal yang dilakukan Flying Witch, anime ini juga mensisipkan beberapa comedy yang ringan agar lebih nyaman dan santai saat menontonnya. Contohnya ketika Makoto yang salah jalan ke rumah Kei atau ketika Makoto dianggap ibu oleh adiknya Kei.

Walaupun beberapa aliran (premis) comedy nya tipis, yang artinya tidak lucu dan mudah ketebak anime Flying witch tetap terasa nyaman dan terkadang akan spontan untuk tersenyum atau tertawa centil sendiri.

Mengapa bisa begitu? karena teknik yang disajikan Flying Witch seperti yang sudah disebutkan di atas. Jadi pikiran penonton akan terserap ke dalam cerita Flying Witch karena sudah melihat teknik yang disajikan oleh Flying Witch.

Ditambah lagi anime Flying Witch memasukan mimik wajah sebagai tumpuan comedy untuk menjadi kuat, dengan ini juga penonton juga merasa nyaman dengan comedy yang ditampilkan dalam anime Flying Witch.

Komedi ringan di flying witch

Seperti pada slice of life umumnya, Flying witch juga menekankan interaksi karakter yang berbaur untuk memperkuat dan memperlembut cerita supaya nyaman dan tentram. Dengan begini seperti berasa ada di kehidupan realitas yang tiap hari berbaur dengan orang lain.

Agar elemen sihir tidak hilang dari anime Flying Witch, beberapa karakter yang juga seorang penyihir ditampilkan di anime ini. Ada juga beberapa sihir, dan kehidupan makhluk yang diluar logika agar supaya penonton tidak merasa kecewa dengan elemen sihirnya.

elemen sihir di flying witch

Tidak lupa dengan background Musiknya (BGM) yang menambah poin tambahan supaya anime Flying witch lebih hidup untuk digambarkan.

Opening yang disajikan dalam anime ini juga supaya penonton iramanya lebih bersemangat saat menonton anime Flying Witch, bayangkan saja disuruh terbang sama openingnya.

"Syalalalala, kita terbang melihat kota dari atas."

Bahkan endingnya pun juga dengan tema anime ini, walaupun iramanya sedikit melow daripada di opening.

Score: 8.5/10

Flying witch menjadi salah satu anime terbaik yang pernah saya lihat di tahun 2016. Anime ini salah satu anime yang terkuat di musim spring 2016 dan terbaik slice of life di tahun 2016 bagi saya sendiri.

Bagi yang suka dengan Flying Witch, tidak salahnya menonton anime: Aria

Karena Flying witch mewakili anime itu, yang sama-sama memasukan ruang kosong agar lebih nyaman untuk ditonton.

Bagi yang baru saja menonton anime Slice of life sebaiknya jangan memaksakan untuk menonton anime ini namun jika dirasa ingin ditonton ada baiknya jangan di marathon karena anime ini tidak bisa untuk dimarathon seperti Aria, dan Amanchu.


Share this with short URL: Get Short URL
loading short url

Advertisement





Advertisement