Dampak Buruk dan Efek Anime: yang Pertama Kali Dirasakan

Advertisement

Menonton anime dapat menghilangkan rasa penat dan lelah karena anime merupakan sebagai salah satu media yang menyajikan hiburan dan informasi.

Anime juga sebagai salah satu tontonan yang banyak di bicarakan, jika pernah menonton anime Naruto di tv maka secara tidak langsung sudah mengenal anime itu sendiri.

Di internet (terutama di media sosial) banyak beredar foto maupun video anime yang telah dipublikasikan. Jika penasaran ingin menonton anime lain yang beredar di internet maka secara tidak sadar sudah memasuki langkah selanjutnya untuk mengenal anime.

Saat awal menonton anime berhati-hatilah dengan anime karena saat pertama kali mencoba menonton anime, anime juga bisa berdampak buruk untuk penontonnya apalagi bagi anak-anak dan remaja yang rentan terhadap hal ini. Apa saja dampak buruknya?

Berikut ini dampak buruk anime saat pertama kali dirasakan


Menirukan apa yang dilakukan karakter anime

Dampak dan efek anime

Dampak buruk anime saat pertama kali yang dirasakan adalah menirukan apa yang dilakukan karakter anime mulai dari gaya bicara hingga tingkah laku karakter. Dampak buruk ini kebanyakan terjadi dikalangan anak-anak daripada remaja, namun tidak menutup kemungkinan juga dapat terjadi dikalangan remaja.

Hal tersebut bisa dicari di media berita yang kebanyakan anak-anak telah menirukan karakter anime yang ditontonnya. Contohnya banyak anak-anak yang berlari seperti naruto, mengikuti, menghafal jurus-jurus naruto, dan lain-lain.

Bisa juga gaya bicaranya yang mengikuti seperti karakter anime, ekspresi pun juga terkadang ingin ditirukan.




Chuunibyou


Dampak dan efek anime - Chuunibyou

Chuunibyou adalah suatu gejala di mana seseorang (biasanya terjadi dikalangan remaja) seolah-olah memiliki kekuatan supernatural, sikap seperti ini biasanya ditemukan pada anak remaja yang memasuki masa pubertas.

Jika pernah menonton anime seperti Naruto, One piece, atau Bleach banyak karakter yang menggunakan kekuatan dahsyat dan luar biasa yang dapat membela diri dari serangan musuh.

Penonton yang masih bisa dikatakan pemula (baru awal menonton) mereka akan berandai-andai jika memiliki kekuatan tersebut karena di dunia realitas tidak ada kekuatan diluar logika yang hal seperti itu, karena biasanya kekuatan di anime sangat banyak sekali yang keren dan sangat luar biasa.

Dari berandai-andai lalu membayangkan hingga secara tak sadar menyimpan memori tersebut di otak.

Biasanya untuk anak anak-anak dan remaja rentan terhadap hal tersebut jadi saat berandai-andai ingin memiliki kekuatan tersebut biasanya akan yakin bahwa benar-benar ada kekuatan hal seperti itu.

Setelah yakin mereka akan terobsesi dan mengubah pola pikirannya lalu menjadikan dirinya sebagai seorang yang hebat yang memiliki kekuatan besar.

Kekuatan besar ini dihasilkan dari hayalan sendiri bukan berdasarkan dari yang dilihat di anime, namun tidak menutup kemungkinan juga dihasilkan dari yang dilihat di anime.

Jika masih tidak paham, untuk ambil contohnya silahkan tonton anime Chuunibyou demo ga shitai atau kalau mau tidak repot-repot bisa ditonton di bawah ini.


Kurang tidur


Dampak dan efek anime - Kurang tidur

Dampak buruk lainnya adalah kurang tidur. 1 cour (season) anime biasanya mendapatkan 12 episode, ada juga anime yang dijadwalkan mendapatkan 24 episode.

Bagi orang yang baru menonton anime biasanya satu anime (12 episode) tidak puas untuk ditonton, maka agar supaya puas mereka mencari anime lain yang dapat menambah ke daftar tontonan mereka untuk dihabiskan dalam waktu yang singkat.

Akibatnya mereka terlalu lupa waktu sampai begadang karena terlalu asik menonton anime yang sudah dimasukan ke dalam daftar tontonan, dengan begitu dapat mengurangi jatah untuk istiarahat tidur.

Malas bergerak (Mager)


Dampak dan efek anime - Males bergerak

Biasanya banyak orang yang baru pertama kali menonton anime akan malas gerak walaupun itu hanya ingin mengambil makan atau minum di dapur.

Hal itu karena terlalu asik dengan cerita anime yang sedang ditonton jadi jika ditinggalkan akan tanggung dengan cerita anime yang telah ditontonnya.

Itulah beberapa dampak buruk menonton anime yang pertama kali dirasakan. Dampak ini hanya dirasakan di awal-awalan saja saat baru pertama kali menonton anime.

Seiring waktu beberapa diantaranya akan hilang dengan sendirinya mengingat semua orang menghadapi kehidupan realitas untuk menuju hari esok. Jadi dengan adanya perubahan lingkungan sekitar banyak hal yang akan berubah.

Jika di atas merupakan dampak buruk dari anime, ada juga efek anime yang pertama kali dirasakan. Berikut ini efeknya.

Efek anime yang pertama kali dirasakan


Suka menggonta ganti foto profil setiap anime yang telah ditonton


Dampak dan efek anime - ganti foto profil

Biasanya efek ini terjadi karena melihat karakter anime yang ganteng, cantik atau prihatin dan simpati terhadap karakter tersebut. Ada juga yang mengganti foto profil di media sosialnya karena suka dengan anime yang telah ditontonnya.

Tergantung dengan masing-masing alasan orang namun yang pasti setiap anime yang telah ditonton telah selesai kebanyakan orang akan mengganti foto profil dengan karakter anime yang telah selesai ditonton.

Ingin pergi ke Jepang


Dampak dan efek anime - ingin pergi ke jepang

Efek lainnya yang pertama kali dirasakan adalah ingin pergi ke Jepang karena rata-rata anime berlatar tempat di negara Jepang yang dimunculkan sebagai tempat indah dan memukau untuk dikunjungi.

Salah satu yang menarik perhatian penonton adalah Bunga sakura yang indah, jadi untuk memuaskan rasa penasaran seperti apa Jepang itu, banyak yang ingin mengunjungi negara Jepang.

Membagikan kata bijak dari anime yang ditonton


Dampak dan efek anime - kata bijak anime

Banyak anime yang memiliki dialog yang dapat membuat orang termotivasi dan bergerak untuk menuju hari yang baik. Bagi orang yang baru menonton anime mereka akan membagikan sepotong dialog tersebut untuk dibagikan sebagai kata bijak, karena dengan begitu orang yang tidak mengetahuinya dapat termotivasi seperti yang dirasakannya.

Ingin memakai sumpit saat makan


Dampak dan efek anime - pake sumpit

Efek anime lainnya adalah ingin memakai sumpit saat makan. Hal ini karena ingin merasakan apa yang telah dilakukan oleh karakter anime saat ketika makan yang menggunakan sumpit sebagai alat bantu makan.

Membeli Mie ayam adalah salah satu alternatif untuk mencoba hal ini. Dengan membeli mie ayam yang dibungkus, pelanggan dapat membawa gratis sumpit untuk dimakan di rumah (bisa juga makan di tempat).

Tapi karena di Indonesia terbiasa memakai tangan, sendok, dan garpu jadi harus perlu kerja keras untuk belajar memakai sumpit karena memakai sumpit saat makan tidak semudah apa yang dibayangkan (apalagi kalau memakai sumpit saat makan bubur, becanda hehehe ....).

Sering mensisipkan bahasa Jepang di dalam status


Dampak dan efek anime - bahasa jepang

Saat awal menonton anime perilaku di dunia maya juga berlaku untuk penonton anime. Kebanyakan orang yang baru saja menonton anime biasanya mereka akan memakai bahasa Jepang untuk dimasukan dalam statusnya.

Awalnya tidak tahu bahasa jepang, namun berkat anime jadi tahu sedikit-sedikit dan di masukan ke dalam statusnya untuk trial & error seperti layaknya belajar bahasa inggris.

Biasanya kata-kata yang sering dimunculkan dalam statusnya adalah ucapan selamat pagi, siang, malam, ucapan terima kasih dan selamat makan.

Ada juga kata-kata yang sering muncul di anime seperti oppai, baka, urusai, minna-san, dan lain sebagainya. Kata-kata tersebut akan sering muncul di dalam status media sosial.

Ingin pergi ke dunia anime


Dampak dan efek anime - anime world

Sebenarnya efek ini biasanya terjadi dikalangan remaja dan anak-anak tapi tidak menutup kemungkinan juga untuk dewasa.

Dunia anime digambarkan sangat indah dan mempesona ada juga yang dapat memiliki kekuatan super yang mematahkan logika.

Apalagi karakter-karakternya ada yang sesuai dengan kriteria yang dibayangkan maka dari itu saat pertama kali menonton anime banyak yang berandai-andai ingin pergi ke dunia anime walaupun itu sudah tahu hanya sebuah kebohongan belaka.

Itulah beberapa efek anime yang pertama kali dirasakan. Beberapa efek dan dampak buruk anime yang ada di atas sudah pernah saya alami sendiri saat saya baru mengenali anime.

Tapi seiring waktu menjalani kehidupan dunia nyata, lama kelamaan beberapa efek dan dampak buruk di atas akan hilang dengan sendirinya.

Bagaimana dengan kamu?

Ada beberapa artikel terkait mengenai efek yang ditimbulkan berkaitan dengan anime diantaranya ada Akibat jika terlalu lama nongkrong di grup anime dan Efek memiliki banyak teman anime yang tidak dikenal facebook.

Jika ada yang kurang silahkan ditambahkan yah ....


Share this with short URL: Get Short URL
loading short url

Advertisement





Advertisement