Hal yang Ganjil di Kimi no Na Wa

Advertisement

Beberapa hari ini di grup maupun di beranda media sosial Kimi no na wa sedang banyak dibicarakan karena grafik, cerita, dan BGM yang ada di anime ini sangat bagus, banyak yang merasa puas dan menikmati setelah menonton anime ini.

Hal yang ganjil di Kimi no na wa - your name


Bahkan banyak orang yang terbawa suasana (Baper) setelah melihat anime ini, seperti apa yang saya ulas sebelumnya di artikel: Review Kimi no Na Wa: Siapa Namamu

Tapi apa yang lebih heboh lagi adalah Kimi no nawa masuk peringkat #1 (Ranking #1) di Myanimelist yang menggeser Gintama dan FMAB (Fullmetal Alchemist: Brotherhood), bisa dilihat screenshot-nya di bawah ini.

Saya sarankan jangan berbangga hati dulu karena biasanya hal ini akan bertahan kira-kira beberapa bulan atau bisa juga beberapa minggu bahkan bisa juga beberapa hari.

Myanimelist

Hal ini terjadi karena akan ada akun kloningan (akun palsu) di Myanimelist yang akan memberi nilai rendah untuk menurunkan atau agar anime favorit tetap bertahan pada peringkat sebelumnya. Di sisi lain akan ada juga orang yang kritis dengan memberi nilai yang cukup.

Mengesampingkan hal itu, setelah saya melihat di beberapa grup anime ada beberapa orang yang bingung dan ganjil dengan alur cerita anime ini, saya juga merasakan adanya keganjilan dengan alur cerita anime ini ketika sedang menuju ke puncak cerita.

Ya, saya merasakan adanya hal ganjil. Mungkin karena saya saja yang kurang mencermati cerita atau memang mungkin ini benar-benar sebuah keganjilan dari alur cerita Kimi no na wa.

Walaupun anime ini memiliki elemen supernatural seperti ulasan yang saya tulis sebelumnya, namun tetap menurut saya masih ada yang ganjil dengan alur cerita anime ini.

Berikut ini yang membuat saya ganjil, jika dirasa ini kesalahan saya silahkan berkomentar di artikel ini.

Catatan : Berisi spoiler

Text memo (catatan) di hp yang hilang dengan perlahan-lahan


HP

Ketika melihat ini saya merasa ada yang ganjil. Kenapa saat Taki melihat memo di hp masih ada memo Mitsuha padahal Mitsuha sendiri sudah tidak berganti tubuh dengan Taki?

Mengapa saya menanyakan hal tersebut? ini alasan saya, setelah saya menyimpulkannya begini.

Awalnya penyebab Mitsuha yang tidak berganti tubuh lagi dengan Taki kurang dijelaskan di anime ini, hanya dijelaskan sedikit dengan cuplikan ketika Mitsuha pergi ke festival dan melihat meteor membelah diri dengan tiba-tiba.

Saat cuplikan tersebut dimunculkan ada sebuah iringan BGM yang mulai agak mengubah atmosfir menjadi seperti deg deg kan dan membuat bertanya-tanya "apakah yang terjadi selanjutnya dengan Mitsuha?"

Saya menyimpulkan bahwa yang terjadi selanjutnya adalah Mitsuha mati karena di timpa meteor yang terbelah diri dengan tiba-tiba, jadi hal itu yang menyebabkan Taki dan Mitsuha tidak berganti tubuh.

Dan ternyata kesimpulan saya benar. Setelah Taki mencari kesana kemari apa penyebabnya, anime ini menjelaskan bahwa 3 tahun yang lalu tempat yang ditinggali Mitsuha di timpa meteor. Bahkan anime ini juga mencantumkan nama-nama korban salah satunya adalah Mitsuha.

Mungkin ini untuk meningkatkan kesan drama untuk membawa penonton menjadi terbawa suasana, tapi menurut saya sebagai penonton hal tersebut menjadi agak ganjil.

Jika ketika Taki membuka memo ternyata saat itu juga memo nya sudah tidak ada (terhapus), menurut saya hal itu wajar karena beberapa hari sebelumnya Mitsuha tidak berganti tubuh dengan Taki (saat Mitsuha mati).

Tapi di anime ini catatan dari Mitsuha masih ada ketika Taki membuka memo di hp nya, lalu catatan tersebut menghilang dengan perlahan-lahan dan itu terjadi setelah beberapa hari Mitsuha dan Taki tidak berganti tubuh (saat Mitsuha mati).

Mungkin ada yang bertanya-tanya, kenapa sih memonya ke hapus sendiri? sudah saya sebutkan di atas karena Mitsuha sudah mati, jadi jejak atau keberadaan Mitsuha sudah tidak ada lagi untuk 3 tahun masa yang akan datang (saat Taki mengenal Mitsuha).

Mitsuha sendiri hidup hanya sampai sebelum 3 tahun masa yang akan datang dimana Taki telah mengenali Mitsuha. Taki hidup di tahun (2016) Mitsuha hanya hidup sampai (2013), tidak mungkin kan catatan Mitsuha di masa depan ada? sbeab hidup Mitsuha saja sampai 2013.

Jika masih ada, artinya Mitsuha masih hidup dan Taki tidak perlu lagi meminum sake yang ada di gua karena mereka masih akan bergantian tubuh, tinggal cari tempat tinggal Mitsuha yang baru.

Itu keganjilan yang saya rasakan setelah melihat text memo hilang perlahan-lahan. Mungkin ada yang bisa jawab keganjilan ini?


your name

Selain kegajinlan di atas ternyata ada juga beberapa orang yang bingung kenapa Mitsuha tahu dia sudah mati saat melihat tempat tinggalnya berubah menjadi kawah di depan mata?

Saya akan menjawab berdasarkan menurut presepsi saya.

Setelah Taki berganti tubuh dengan Mitsuha, Mitsuha kaget karena dia ada di tubuh Taki lagi yang berada di dalam gua. Lalu saat keluar dan melihat tempat tinggalnya yang sudah menjadi kawah dia menduga-duga, bertanya-tanya dan mengambil kesimpulan bahwa dia sudah mati.

Di sini mungkin ada yang agak bingung, dia itu sudah tahu tentang meteor yang jatuh atau baru tahu setelah melihat tempat tinggalnya yang menjadi kawah? sebab setelah melihat hal tersebut berasa menjadi ambigu dan membingungkan.

Saya meyakini bahwa Mitsuha baru tahu setelah syok melihat tempat tinggalnya yang sudah menjadi kawah.

Apa yang membuat sebuah kawasan menjadi kawah? salah satunya meteor, 'kan?

Saya juga meyakini bahwa Mitsuha juga menyadari ada berita yang memberitahu bahwa akan ada meteor jatuh saat dia berada di dalam tubuhnya.

Untuk cuplikan Mitsuha yang kena meteor itu bukan ingatan dari Mitsuha namun itu hanya mempertebal cerita untuk dipertunjukan ke penonton.

Jadi intinya itu bukanlah ingatan dari Mitsuha karena Mitsuha sendiri mengambil kesimpulan dari berita meteor dan dari mata langsung yang melihat tempat tinggalnya sudah menjadi kawah.


Taki lagi kaca

Tapi bukan di sini yang merasa ganjil, yang merasa ganjil adalah waktu perpindah tubuh Taki dengan Mitsuha di puncak cerita.

Mungkin akan banyak yang bingung di sini. Kenapa Taki berpindah tubuh ke tubuh Mitsuha di saat hari festival dan meteor jatuh?

Padahal sebelumnya ketika penonton diperlihatkan cuplikan tentang Mitsuha yang sedang melihat meteor terbelah diri di dalam tubuh Mitsuha adalah Mitsuha sendiri, sedangkan sebelum hari festival mereka berdua pindah tubuh.

Saya tidak tahu pasti kapan waktu pindah tubuh di anime ini, namun yang saya ingat mereka berpindah tubuh 1 hari 1 kali yang artinya misalkan hari ini pindah tubuh, besoknya tidak.

Hal ini saya ketahui ketika teman-teman Taki dan Mitsuha heran dengan kelakuannya dan mengungkapkan bahwa kemarin Taki atau Mitsuha berbeda kelakuannya dengan hari ini.

Tapi itu tidak menguatkan saya untuk mengambil kesimpulan karena setelah saya lihat di memo hp nya Taki, ada beberapa nomor dengan ukuran besar di memo tersebut, saya mengambil kesimpulan bahwa nomor-nomor tersebut adalah tanggal.

Mitsuha menulis memo dengan tanggal yang berbeda beda, ada yang tanggal 29, 24, 20, 19, 16, dan lain sebagainya. Artinya perpindahan tubuh tersebut bukan kemarin berpindah lalu besoknya tidak, perpindahan tubuh ini secara random (acak).

Namun tetap ada yang ganjil ketika waktu perpindahan tubuh mereka di puncak cerita saat Taki berpindah ke tubuh Mitsuha.

Karena sebelumnya penonton diperlihatkan cuplikan tentang Mitsuha yang berada di festival, di dalam tubuh tersebut adalah Mitsuha bukan Taki.

Setelah berpikir keras akhirnya saya membuat kesimpulan tentang hal ini ....

Ini adalah pengulangan waktu, jadi ketika di hari festival dimana Mitsuha yang seharusnya ada di tubuhnya saat masih tidur di pagi hari, dia dipindahkan ke tubuh Taki, lalu Taki yang berada di tubuhnya dipindahkan ke tubuh Mitsuha saat hari festival akan dilaksanakan.

Jika seandainya Taki berpindah ke tubuh Mitsuha beberapa hari sebelum festival dimulai kemungkinan akan bentrok dengan Taki (masa lalu) yang ketika itu juga sedang ada di tubuh Mitsuha.

Jadi Taki berpindah tubuh saat festival karena di situ sebelumnya penonton telah diyakini dengan sedikit cuplikan bahwa di dalam tubuh Mitsuha adalah tubuhnya sendiri, sedangkan di hari-hari sebelumnya penonton tidak tahu dengan detail kapan dan tanggal berapa Mitsuha dan Taki saling berganti.

Makanya saat Mitsuha bangun di gua dia kaget kenapa bisa dia ada di tubuh Taki lagi.

Ini ada sedikit ilustrasi dari saya bagi yang belum paham setelah menonton anime ini atau bagi yang ingin yang menonton anime ini bisa juga dilihat, semoga dapat membantu.


Jika tidak saling mengenali
Jika Mitsuha tidak mati

Mitsuha mati
Pengulangan waktu

Tentang lupa ingatan

Saya agak ganjil juga dengan Mitsuha dan Taki yang lupa ingatan, kenapa bisa mereka tidak saling mengingat padahal Taki mengulangi waktu di saat Mitsuha hidup di hari festival yang artinya Mitsuha sudah mengenali Taki karena di beberapa hari sebelum festival mereka berdua saling bertukar tubuh.

Saya lihat ada yang bertanya seperti ini. Kenapa mereka bisa bertemu di gunung padahal beda tahun?

Ini anime supernatural jadi wajar saja seperti apa yang saya katakan di review sebelumnya.

Update 24 September 2016

Cek di komentar, kak Reyhan Zacky telah berbagi sudut pandangannya mengenai lupa ingetan ini

Ok itu aja dari kegelisahan mengenai keganjilan di anime ini yang sebagian saya curahkan di sini dan sebagian kegelisahan ini telah saya lihat di grup-grup anime baik itu fb, line, dan lain-lain.

Jika sedang mencari anime romantis silahkan tonton anime kimi no nawa karena anime ini sangat kental romance nya dengan foermula drama dan supernatural anime ini dapat membuat kesan romantisnya semakin membuat hati terbunga-bunga.

Grafik dan BGM nya juga perlu diancungi jempol karena mendukung cerita anime ini dan mengangkat drama lebih dalam.

Selamat menonton Kimi no na wa~


Share this with short URL: Get Short URL
loading short url

Advertisement





Advertisement