Review Kimi no Na Wa: Siapa Namamu

Advertisement

Kimi no na wa (Your name) merupakan sebuah proyek anime movie Makoto shinkai yang sedang gempar-gemparnya dibicarakan dan banyak yang menunggu untuk segera tayang.

Bahkan banyak orang telah menyatakan anime ini akan sedih nantinya seperti anime-anime sebelumnya yang dikerjakan oleh Makoto shinkai, namun apa benar anime ini benar-benar sedih dan berakhir dengan sad ending?

Bagi yang penasaran bisa dilihat ulasan kimi no na wa saya di sini karena kali ini saya akan mengulasnya. Bagi yang menghindari spoiler tenang saja, ulasan (review) kali ini tidak berisi spoiler inti cerita dari anime ini, dengan ini bisa menjadi nyaman saat menontonnya tanpa mengetahui alur ceritanya.

Berikut ini review-nya.

Sebelumnya saya juga telah mengulas anime Makoto shinkai yang saya juga suka dengan animenya berikut ini ulasannya : Review Dareka no Manazashi: Kisah seorang anak yang berpisah dengan orang tua

Informasi

(Myanimelist)
Type: Movie
Total episode:1
Status: Telah tayang
Tanggal: 26 Agustus 2016
Pengusaha film: Kadokawa Shoten, Toho Company, Lawson HMV Entertainment, Amuse, East Japan Marketing & Communications
Studio: CoMix Wave Films
Genre: Drama, Romance, School, Supernatural
Durasi: 1 Jam 46 menit
Rating: PG-13 - Teens 13 or older
Score: 7.13 (Myanimelist)
Sutradara : Makoto Shinkai

PV


Sinopsis

Menceritakan seorang gadis bernama Mitsuha Miyamizu yang tinggal di pedesaan dengan kehidupan rutinitas sebagai seorang pelajar, ia bisa menenun dan juga membuat sake untuk dipersembahkan kepada dewa.

Di sisi lain ada seorang remaja lelaki bernama Taki tachibana yang tinggal di perkotaan, Tokyo dengan kehidupan rutinitasi sebagai seorang pelajar, dan pekerja paruh waktu di restoran Italia.

Suatu hari Mitsuha membenci kehidupannya yang tinggal di pedesaan, ia berharap untuk tinggal di perkotaan khususnya di Tokyo dan menjadi seorang lelaki tampan di kota tersebut.

Tidak lama Mitsuha mengharapkan hal tersebut, suatu hari dia bermimpi menjadi seorang lelaki yang hidup di Tokyo dengan rutinitas yang berbeda dari kehidupannya sehari-hari, di sisi lain Taki juga bermimpi menjadi seorang wanita cantik yang hidup di pedesaan dengan kehidupan rutinitas yang berbeda dari biasanya.

Apa maksud semua mimpi ini? mimpi tersebut akan membuat mereka perlahan-lahan menghadapi kehidupan rutinitas yang berbeda dari biasanya.

Karakter

  • Taki Tachibana : Lelaki yang memiliki sifat cepat marah, pekerja keras, dan tidak mudah putus asa.
  • Mitsuha Miyamizu : Perempuan yang sabar, bisa menenun, dan suka menolong namun dia sangat benci dengan kehidupan rutinitasnya di pedesaan.

Ulasan Indonesia kimi no na wa

Catatan : Sekali lagi, review kali ini tidak berisi spoiler dari inti cerita anime ini.

Review kimi no na wa (Your name): siapa namamu

Anime Kimi no na wa (Your name) berpusat pada seorang perempuan, Mitsuha yang telah membenci kehidupannya tinggal di pedesaan, ia sangat berharap untuk tinggal di Tokyo suatu saat nanti.

Suatu hari dia bermimpi menjadi seorang lelaki yang tinggal di Tokyo, di sana dia mengalami kehidupan yang berbeda dari kehidupan yang ada di desa.

Di kota itu dia menjalani hidup sebagai seorang pelajar dan pekerja paruh waktu di restoran Italia sebegai waiter. Di kota itu juga dia beradaptasi dengan teman-teman dan orang tua dari anak laki-laki yang sedang dia mimpikan.

Saat terbangun dari mimpi pandangan dan omongan disekelilingnya membuat bertanya-tanya kepada dirinya sendiri, karena banyak yang mengatakan bahwa kemarin dia sangat berbeda dari Mitsuha biasanya.

Misalkan kemarin mudah marah dan berenegik tidak seperti Mitsuha biasanya namun besoknya terlihat feminim seperti Mitsuha biasanya.

Ternyata mimpi tersebut berkaitan dengan kehidupan nyata, hari demi hari Mitsuha menyadari apa yang sedang di alaminya, di sisi lain juga laki-laki, Taki yang bermimpi sama seperti Mitsuha menyadarinya juga apa yang sedang terjadi.

Review kimi no na wa (Your name): siapa namamu

Pandangan pertama saat menonton anime ini akan berasa bahwa anime ini akan mudah untuk diikuti dengan latar belakang yang sangat megah dan indah.

Namun ternyata cerita Kimi no na wa awalnya agak membingungkan karena banyak teka-teki yang membuat penonton terheran-heran kenapa bisa tingkah laku dari sang karakter utama berbeda tiap waktu.

Tapi seiring waktu anime ini menjelaskan kebingunan tersebut dengan jelas dan mudah untuk diikuti yang membuat penonton menjadi menemukan jawaban sangat jelas dari teka-teki yang ada di awal anime ini.

Jadi cerita anime Kimi no na wa mudah dimengerti untuk diikuti, karena penjelasan mengenai teka-teki yang sebelumnya belum dijawab akan dijawab dengan gamblang dan tidak akan membingungkan.

Cerita anime ini lebih menekan ke arah drama yang dimana seorang remaja membenci kehidupannya menjadi sampel untuk mengeksplorasi cerita dengan kebencian tersebut.

Lalu ada juga elemen supernatural yang dapat menjadi tumpuan untuk menekan drama agar cerita anime ini menjadi sangat dramatis.

Review kimi no na wa (Your name): siapa namamu

Banyak perubahan cerita yang diluar dari ekspektasi yang dapat membuat penonton menjadi lebih penasaran dan menjadi terbawa suasana dengan perubahan cerita yang agak radikal disetiap ceritanya.

Puncaknya ketika menjawab kebingungan yang ada di anime ini, penonton akan merasakan suasana kehilangan saat interaksi karakter sudah dibangun dengan mantap.

Seperti anime sebelum sebelumnya Makoto shinkai, anime ini juga ada pembawaan transisi antar ruang yang agak cepat dan sedikit bergoyang-goyang dengan disisipi lagu agar penonton terbawa dengan alur cerita yang disajikan Kimi no na wa dengan agak dipercepat alur ceritanya.

Tapi transisi tersebut sangat lembut sekali, seakan-akan membawa penonton merasakan cerita yang telah dibangun dengan mantap sejak awal.

Review kimi no na wa (Your name): siapa namamu

Pembawaan karakter untuk berinteraksi satu sama lain dimana sang karakter "jauh di mata dekat di hati" dapat meningkatkan kesan drama dari anime ini yang dapat membuat suasana perasaan penonton menjadi terbawa dan semakin meningkat untuk mengetahui akhir cerita anime ini.

Dengan bantuan elemen supernatural kedekatan interaksi antar karakter semakin lama semakin meningkat yang dapat membawa gejolak atmosfir romantis yang sejak awal penonton nanti-nantikan.

BGM pun juga mendukung pembawaan alur cerita yang akan membawa otak terasa nyaman untuk mengikuti alur cerita saat alur cerita agak dipercepat.

Ketika memasuki puncak cerita, BGM pun juga mendukung agar penonton terbawa suasana dengan apa yang dirasakan oleh karakter. Saat merasakan hal tersebut perasaan penonton akan terasa meluap dengan cerita anime ini.

Lalu apakah anime ini memiliki sad ending?

Tidak, namun berkat drama yang disajikan dari awal dimana sang karakter dipusatkan berinteraksi menjadi "jauh di mata dekat di hati" dan beberapa perubahan cerita yang di luar ekspektasi dapat membuat penonton menjadi terbawa suasana.

Jadi drama yang disajikan di anime dapat membekas di otak penonton, ditambah lagi dengan beberapa scene yang membuat penonton menjadi sangat terbawa suasana dengan alur cerita.

Tapi untuk menambahkan kesan baik penonton anime ini memiliki ending yang indah namun berasa seperti ada yang kurang dengan akhir ceritanya.

Apakah ada romance di anime ini?

Ada. Drama di anime ini sangat kental, pembawaan karakter saat berinteraksi dan saat perubahan akan ditekankan di sini dan menambahkan atmosfir romance dan berujung dapat menambah kesan romantis untuk penonton.

Apalagi saat puncak cerita, penonton ditunjukan adegan yang romantis untuk merasakan bagaimana romantisnya anime ini. Tapi itu sementara karena ada perubahan cerita dan drama yang dapat membuat penonton terbawa suasana dan dapat meluapkan kegelisahan apa yang ingin penonton tunggu-tunggu.

Score : 7.5/10

Sebuah anime rekomendasi buat kamu jika mencari anime romantis dengan interaksi karakter yang sangat mendalam.

Ada juga: Hal yang Ganjil di Kimi no Na Wa

Saat menonton anime ini disarankan jangan terlalu terbawa suasana karena pada akhirnya bisa saja menyesal dan meluapkan kegelisahan ke yang lain. Tapi jangan kawatir karena seperti apa yang saya bilang di atas bahwa anime ini tidak memiliki sad ending.

Bagi yang suka anime romantis bisa dikunjungi : Anime romance terbaik

Selamat menonton kimi no na wa, semoga review ini dapat membantu.


Share this with short URL: Get Short URL
loading short url

Advertisement





Advertisement