Review Planetes: Politik Cinta dan Luar Angkasa

Advertisement

Ketika kecil saat belajar mengenai tata surya dan luar angkasa (Antariksa) kita akan terpesona melihat besarnya dan keindahan di luar sana yang belum kita ketahui. Sebagian besar setelah melihat hal tersebut ingin dan bercita-cita menjadi astronaut untuk dapat pergi ke luar angkasa.

Mengenai tentang astronaut dan luar angkasa, ada salah satu anime yang menceritakan tentang luar angkasa dengan alur cerita yang ringan dan mudah dipahami yang dapat ditonton ketika sedang ada waktu luang.

Review Planetes - Planet Bumi

Anime ini adalah Planetes yang sukses membuat saya terpesona dan terkagum-kagum dengan cerita yang telah disajikan.

Apa yang membuat saya terkagum adalah anime ini tidak hanya menceritakan sisi terang saja namun juga menceritakan sisi gelap tentang astronaut dan badan-badan yang terlibat untuk eksplorasi luar angkasa (mengembangkan ilmu pengetahuan dan sumber daya di luar angkasa).

Sisi gelap ini membuat saya takjub karena jika saya bayangkan itu terjadi di dunia nyata, hal ini benar-benar bisa terjadi.

Bagi yang ragu dengan anime Planetes sebaiknya melihat review di artikel ini berikut ini reviewnya.

Informasi


(Myanimelist)
Type: TV
Total episode:26
Status: Telah tayang
Tanggal: 4 Oktober 2003 - 17 April 2004
Pengusaha film: Bandai Visual, NHK
Studio: Sunrise
Genre: Drama, Romance, Sci-Fi, Seinen, Space
Durasi: 25 menit/ episode
Rating: PG-13 - Teens 13 or older
Score: 8.39 (Myanimelist)
Sutradara : Gorou Taniguchi

PV



Karakter

  • Ai Tanabe : Sangat optimis dan berenegik, tidak pantang menyerah dan menyebarkan cinta ke teman-temannya. Ia sangat percaya sekali dengan cinta, karena cinta dapat mengubah setiap individu yang ada di muka bumi.
  • Hachirota Hoshino : Tegas mengajarkan rekan kerja yang baru bekerja di seksi debri (Ai tanabe), mudah marah, dan mudah tersinggung. Ia memiliki mimpi untuk memiliki pesawat antariksa sendiri untuk mengelilingi luar angkasa.

Sinopsis

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa manusia ke luar angkasa, badan-badan pengembangan sumber daya, ilmu pengetahuan luar angkasa dan perusahaan besar yang beroperasi untuk luar angkasa telah dibentuk.

Ai Tanabe, perempuan optimis dan berenegik yang tertarik dengan kosmos melamar kerja di Perusahaan Technora sebagai Seksi Debri, perusahaan yang beroperasi untuk membersihkan sampah luar angkasa di orbit sekitar Bumi.

Sampah-sampah ini ada karena diciptakan manusia dimana satelit yang sudah tidak berfungsi lagi, tangki buangan kapal antariksa, satelit yang terlantar hingga dapat menyebabkan ledakan menjadi berkeping-keping mengelilingi orbit sekitar  bumi.

Ai Tanabe mendapatkan rekan kerja yang aneh dan teman baru di seksi debri. Tanabe menyadari rendahnya pekerjaan ini akan tetapi berkat rekan kerja dan pekejaraan ini seiring waktu dia mendapatkan perubahan besar di kehidupannya.

Ulasan Planetes Indonesia

Catatan: Tidak berisi spoiler


Review Planetes: Politik Cinta dan Luar Angkasa

Anime Planetes sangat relevansi dengan kehidupan nyata, dimana sekarang ini manusia sedang berusaha mengembangkan ilmu pengetahuan tentang luar angkasa dan mengembangkan IPTEK (Ilmu pengetahuan dan teknologi) agar bisa menjelajahi luar angkasa.

Bukan hanya itu saja yang relevansi, masalah-masalah yang ada di dunia nyata seperti politik, cinta dalam pekerjaan, psikologis seseorang yang hidup di luar angkasa (astronaut), ketatnya persaingan badan-badan luar angkasa, dan ketatnya persaingan perusahaan yang beroperasi untuk luar angkasa juga dikupas dalam anime ini hanya dalam 26 episode saja.

Bayangkan saja, dalam hanya 26 episode anime ini dapat dengan mudahnya mengupas beberapa hal tersebut. Saya akan mengulas dari sudut pandang saya bagaimana anime ini dapat membekas dan meninggalkan kesan yang sangat baik untuk para penontonnya.

Awal cerita Planetes hanya berfokus pada pekerjaan untuk membersihkan sampah luar angkasa di orbit sekitar Bumi.

Sampah luar angkasa semakin bertambah tahun semakin banyak karena banyak satelit yang sudah tidak berfungsi lagi, banyak juga tangki buangan kapal antariksa yang berjalan di orbit sekitar Bumi dan banyak puing puing bekas penelitian dan tabrakan.

Sampah luar angkasa ini dapat menyebabkan ancaman yang cukup potensial bagi manusia yang tinggal di bumi. Ada berbagai macam bentuk dan ukuran namun kecepatannya rata-rata sangat tinggi yang dapat membuat bahaya untuk pesawat antariksa.

Untuk mengetahui selengkapnya mengenai sampah luar angkasa bisa dilihat di Wikipedia: Sampah luar angkasa

Di awal cerita anime ini telah memberikan gambaran ke penonton mengenai salah satu dampak sampah luar angkasa.

Hal itu akan menjadi masalah jika tidak dicegah dan tidak dibersihkan, untuk itu ada yang namanya seksi debri untuk membersihkan sampah-sampah agar tidak terjadi lagi di masa yang akan datang.

Setelah melihat hal tersebut, masalah ini sangat relevansi dengan sekarang ini seperti yang diberitakan di beberapa media online.


Review Planetes - Sampah luar angkasa

Review Planetes - Sampah luar angkasa

Video animasi (ilustrasi)




Sampah luar angkasa telah diperkirakan sudah mencapai volume yang sangat tinggi yang dapat membahayakan manusia yang tinggal di bumi dan juga membahayakan pesawat antariksa yang meluncur ke luar angkasa.

Drama di anime Planetes


Review Planetes - Sampah luar angkasa

Planetes sangat menekankan drama yang terjadi di kehidupan luar angkasa, interaksi karakter di anime ini selalu di eksplor yang dapat membuat penonton mudah memahami cerita masing-masing karakter Planetes.

Drama di anime ini membantu cerita menjadi lebih baik, tidak terlalu dipaksakan yang membuat orang-orang menjadi membenci anime ini. Atmosfir drama di anime ini terkadang turun terkadang juga naik.

Saat drama sedang menurun dapat membuat penonton menjadi bergejolak apa yang terjadi selanjutnya yang membuat penonton penasaran untuk melanjutkan anime ini dan saat drama sedang menaik dapat membuat penonton menjadi sangat tertarik dengan anime ini.

Drama yang sangat membuat atmosfir di anime ini berubah menjadi naik dan tegang adalah ketika drama politik dan drama percintaan sedang berlangsung. Penonton akan terbawa suasana betapa tegangnya drama di anime ini.

Slice of life


Review Planetes - Planet bumi

Kehidupan di luar angkasa dengan pekerjaan mulai dari membersihkan sampah, bersaing ketat dengan perusahaan lain, dan lain sebagainya diangkat dengan perlahan-lahan membuat penonton merasa nyaman dan tidak terburu-buru untuk mengetahui akhir cerita Planetes.

Walaupun diangkat dengan drama, anime ini juga dapat membuat rileks ketika penonton melihat kehidupan masing-masing karakter yang berbeda-beda profesi.

Slice of life di sini hampir seperti slice of life pada umumnya. Jika pada umumnya anime Slice of life akan menambahkan keindahan di sekitarnya dan terkadang menambahkan ruang kosong untuk menikmati BGM sedangkan anime Planetes tidak.

Slice of life lebih berfokus pada antariksa dan pekerjaan, penonton akan ditunjukan kehidupan di luar angkasa dengan pelan-pelan dan lembut yang membuat penonton merasakan kehidupan sang karakter.

Slice of life di sini juga ada pesan moralnya yang membuat penonton merasakan sensasi damai dan tenang saat menontonnya tapi karena drama yang terjadi di anime ini terkadang sensasi tersebut akan berubah menjadi tegang dan penasaran dengan akhir cerita anime ini.

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, anime ini dbagi menjadi beberapa sisi diantaranya:

  • Sisi A, politik
  • Sisi B, percintaan
  • Sisi C, perusahaan
  • Sisi D, rekan kerja
  • Sisi E, Psikologi, dll.

Politik


Review Planetes - Politik

Persaingan antar kubu membuat anime ini menjadi tegang. Tujuan pengembangan ilmu pengetahuan luar angkasa, dan membantu manusia untuk pergi ke luar angkasa hanya berkedok belaka saja karena di sisi gelap tersebut ada permainan politik.

Negara-negara saling bersaing untuk menjadi penguasa, perusahan-perusahan besar dan badan-badan juga saling bersaing untuk mendapatkan haknya.

Politik di anime ini cukup rumit, akibat dari penguasa juga ada beberapa negara tertinggal dengan angka kematian besar karena kelaparan, kemiskinan, dan penyakit yang melanda. Beberapa organisasi pemberontak juga bergerak, bahkan sampai terjadi di luar angkasa.

Walaupun anime ini ini nyaman tetapi terkadang membuat tegang salah satunya karena mengangkat politik.

Perusahaan


Review Planetes - Perusahaan

Persaingan perusahaan juga ada di anime ini, bersaing ketat untuk menjadi terbaik dan mendapatkan hak membuat penonton juga menjadi serius untuk menonton anime Planetes. Ada juga persaingan di dalam perusahaan tentang jabatan.

Ketika persaingan tersebut membuat penonton menjadi lebih serius sama seperti ketika mengangkat politik.

Percintaan di dunia kerja


Review Planetes - Anime romantis

Tidak ingin anime ini menegang terus, penonton juga diperlihatkan atmosfir romance yang terjadi di antara rekan kerja. Anime ini mengangkat seperti ini yang sangat relevansi dengan apa yang terjadi di dunia kerja.

Drama membantu anime ini mensisipkan romance yang terjadi di dunia kerja, penonton menjadi terbunga-bunga ketika karakter sedang mengalami jatuh cinta dengan teman kerja-nya.

Walaupun begitu, ada juga dimana penonton merasakan kehilangan ketika sedang masa-masa romantisnya anime ini.

Saat atmosfir romance semakin kental di akhir cerita, anime ini dapat membuat penonton tidak melupakan dengan akhir cerita yang terjadi di anime ini.

Psikologi


Review Planetes - Anime Psikologi

Planetes juga mengangkat dari sisi psikologis seseorang yang bekerja di luar angkasa. Ketika di luar angkasa yang gelap, astronaut juga melawan psikologis yang tidak dirasakan di bumi.

Walaupun begitu bagi orang peyendiri hal ini akan dirasakan ketika melihat sang karakter terkena sebuah penyakit yang menyangkut psikologis nya mengenai kesendirian saat menuju cita-cita yang ingin digapai.

Penekanan karakter untuk mengangkat psikologi di anime ini agak kurang mendalam namun tetap bagi sebagian penonton hal ini akan dirasakan dan akan terbawa suasana yang dapat membuat baper setelah menontonnya.

Hal yang paling terfokus ketika melihat psikologi di anime ini adalah seperti yang saya sebutkan di atas mengenai psikologis seseorang ketika berjalan tegak sendiri saat ingin menuju cita-cita yang digapai. Intinya merasakan kesendirian.

Sepanjang cerita anime Planetes mensisipkan beberapa comedy ringan yang dapat membuat penonton tersenyum senyum melihat tingkah laku karakter utama dengan karakter yang lain.

Score : 8.5/10

Berbagai rintangan yang terjadi di anime planetes sangat membuat takjub sebagian penonton termasuk saya sendiri.

Sebuah anime yang bagus dan layak ditonton dengan cerita yang mudah dipahami saya rekomendasikan untuk menonton anime ini.

Untuk anime yang layak ditonton bisa dilihat artikel: Daftar Anime terbaik yang layak ditonton

Selamat menonton anime Planetes dan rasakan sensasi bagaimana hidup di luar angkasa ketika membersihkan debri yang berserakan di orbit sekitar bumi


Share this with short URL: Get Short URL
loading short url

Advertisement





Advertisement