Review Re Zero: Pantang Menyerah untuk Mendapatkan Dia

Advertisement

Bagi yang belum nonton Re:Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu (Saya singkat menjadi Re:Zero agar mudah diingat) mungkin akan bingung dan bertanya-tanya apakah Re:Zero baik untuk ditonton?

Saya akan sedikit mengulas (tidak berdasarkan web novel/LN) apakah re zero ini bagus untuk ditonton atau tidak, mungkin saja ulasan ini dapat membantu.

Sebelumnya saya mau menjelaskan cerita Re zero agar tahu bagaimana cerita re zero ini. Artikel ini sedikit berisi spoiler, jangan kawatir karena spoiler ini tidak terlalu masuk ke inti cerita yang dapat membuat malas saat menonton anime Re zero.

Review ReZero: Pantang menyerah untuk mendapatkan dia

Jadi spoiler ini dimaksudkan untuk menarik perhatian agar yang bingung menonton anime ini dapat menonton anime Re zero. Selain itu spoiler ini juga merupakan bagian dari sedikit ulasan saya agar mudah dipahami mengapa anime re zero banyak yang merekomendasikan.

Informasi


(Myanimelist)
Type: TV
Total episode:25
Status: Telah tayang
Tanggal: 4 April 2016 - 19 September 2016
Pengusaha film: TV Tokyo, Media Factory, Kadokawa Shoten, AT-X, Memory-Tech, Hakuhodo DY Music & Pictures
Studio: White Fox
Genre: Drama, Fantasy, Psychological, Thriller
Durasi: 25 menit/ episode
Rating: R - 17+ (violence & profanity)
Score: 8.78 (Myanimelist)
Sutradara : Masaharu Watanabe

Sinopsis

Re:Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu bercerita tentang seorang murid SMA bernama Subaru yang tiba-tiba masuk ke dunia lain saat pulang dari supermarket.

Di dunia itu Subaru tidak mengenali siapa-siapa bahkan saat pertama kali jalan ke gang, ia dihadang oleh sekolompok kecil perampok. Di sana Subaru memulai pertualangan baru dengan orang-orang dan tempat yang tidak dikenalinya.

Karakter

  • Subaru: Datang dari dunia lain hanya dengan memakai kaos olahraga, konyol, suka menolong, dan dia bisa hidup setelah mati seperti layaknya checkpoint di dalam game.
  • Emilia: Setengah elf  berambut putih, baik hati, tegar dan merupakan salah satu kandidat yang dipilih untuk penerus kerajaan

Re:Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu memiliki cerita yang dapat menarik perhatian penonton maka dari itu Re zero ini sangat populer dan akan ada banyak orang yang merekomendasikan anime ini bahwa anime ini salah satu anime terbaik di tahun 2016 ini.

PV



Hal-hal apa yang ada di anime Re Zero?


Masuk ke dunia lain

Review Re:Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu - dunia

Anime Re zero memiliki cerita dimana sang protagonist terlempar atau ditarik ke dunia lain. Cerita seperti ini beberapa tahun terakhir ini sedang booming atau lepat tepatnya populer diangkat menjadi anime.

Mungkin karena setelah di angkat ke anime banyak penonton anime yang suka dan meninggalkan kesan positif, jadi banyak studio yang mengangkat anime yang bercerita seperti ini.

Beberapa contoh belakang ini yang menarik perhatian dan populer adalah Konosuba, Sword Art Online, Hai to Gensou no Grimgar, Gate: Jieitai Kanochi nite Kaku Tatakaeri, dan lain sebagainya.

Saat di dunia lain biasanya akan berbeda dengan tempat tinggal, diantaranya teknologi modern tidak ada, memakai bahasa asing , adat istiadat, ada monster, ada kekuatan, dan lain-lain.

Melompati waktu

Review Re:Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu - waktu
by: flickr.com/photos/sanjayaprime/

Selain terlempar ke dunia lain cerita anime ini membuat lebih segar, menambahkan elemen waktu dan ruang untuk dijadikan tema dari anime ini.

Karakter utama yang selalu gagal, gagal, dan gagal dalam hal apapun termasuk dengan hal kepercayaan orang lain, dia dapat melompati waktu hingga dapat mengubah kepribadian dia menjadi lebih baik dan sukses namun sayangnya melompati waktu tersebut harus mati terlebih dahulu.

Ulasan Re:Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu Indonesia

Review Re:Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu - Subaru

Re:Zero berpusat pada pertualangan Subaru di dunia lain. Cerita dimulai saat Subaru keluar dari supermarket yang tiba-tiba masuk ke dunia lain, di dunia tersebut sangat bertolak belakang dengan dunia yang ditinggalinya: tidak ada teknologi modern, tidak ada gedung-gedung tinggi, dan ada kekuatan mistis.

Saat ada di dunia lain, dia pikir akan menjadi seperti anime dan game dimana dia akan mendapatkan segalanya di dunia lain, seperti gadis cantik, kekuatan yang sangat dahsyat, dan pertualangan seru lainnya.

Namun ternyata harapan telah bertolak belakang, baru saja berjalan-jalan disekitar dia di hadang oleh sekelompok bandit di gang. Subaru dipaksa untuk memberikan semua harta yang dia punya.

Tak berselang berapa lama muncul seorang perempuan yang memiliki postur tubuh kecil dan lincah sedang terburu-buru menuju Subaru, pikir Subaru dia akan diselamatkan oleh perempuan tersebut namun ternyata dia hanya meneriaki dan melewati nya saja.

Subaru menjadi muram karena harapannya memang tidak menjadi nyata. Akan tetapi tak berselang lama ada seorang perempuan lagi yang terburu-buru menuju Subaru yang sedang dihadang oleh kelompok bandit.

Dan lagi perempuan tersebut hanya melewati Subaru, tapi ternyata setelah dia melewati Subaru dia berbalik badan dan melihat Subaru yang sedang kesusahan, dan pada akhirnya Subaru ditolong oleh perempuan tersebut.

Subaru pingsan lalu akhirnya terbangun dipangkuan paha. Subaru dan perempuan tersebut berkenalan lalu akhirnya mereka saling akrab.

Disinilah pertulangan Subaru dimulai.

Ulasan - Review Re:Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu - Subaru

Banyak hal yang tidak terduga dengan Subaru di dalam pertualangannya, salah satunya adalah bisa hidup dari kematian seperti permainan yang dengan susah payah berlari ke checkpoint.

Ketika melewati checkpoint dan karakter yang dimainkan mati, karakter tersebut akan hidup lagi di checkpoint yang baru saja dilewati dan ditandai.

Sebagai penonton, akan antusias dengan tema hal seperti ini dimana karakter dapat hidup lagi seperti layaknya sebuah game.

Anime ini lebih menarik karena tidak langsung menunjukan bahwa sang karakter akan menerima begitu saja dengan fenomena tersebut, ada proses karakter dimana dia akan menyelidiki dan bertanya-tanya.

Subaru awalnya selalu bertanya-tanya kenapa dia bisa seperti mengalami hidup yang sama, dia selalu berpikir apa yang terjadi selama ini.

Seiring waktu dia akhirnya mengetahui bahwa dia bisa hidup dari kematian seperti layaknya sebuah permainan yang ada checkpoint, jika karakter yang dimainkan mati dia akan hidup lagi di checkpoint yang sudah ditandai.

Awalnya dia tidak ingin memiliki hal seperti itu karena saat proses sekarat ketika mati, sangat melekat dipikiran dan jiwa nya yang membuat dia keringat dingin karena sangat membekas kesakitan ketika merasakan darah perlahan-lahan keluar dari tubuh, lalu badan terasa dingin, dan tidak bisa bergerak.

Jadi anime ini gore dan sadis? ya, anime ini sangat gore, tidak layak ditonton untuk anak-anak karena sepanjang cerita Subaru mengalami kematian yang begitu menyakitkan, bahkan bisa terbawa suasana (Baper) bagi yang menontonnya.

Namun disisi lain anime ini juga menunjukan sebuah comedy yang terbilang ringan agar penonton saat menontonnya di bawa santai untuk melupakan kesakitan Subaru yang selama ini merasakan mati dan mati.

Comedy ini menurut saya merupakan pecahan elemen sebagai dari sifat Subaru yang merupakan orang jarang keluar dari rumah.

Ketika dia berinteraksi dia ingin menjadi terhubung dengan orang lain, maka dari itu kelakuannya agak lucu dan berenegik. Dia seperti seseorang yang sedang berusaha keras untuk terhubung dengan orang lain dengan mengandalkan egiosnya yang sangat tinggi.

Namun jangan kawatir pengembangan karakter di anime ini sangat bagus sekali, berikut ini penjelasan dari saya.

Pengembangan karakter

Ulasan - Review Re:Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu - Subaru

Subaru tidak diberi gambaran tentang masa lalu nya, namun ternyata penonton diberi sedikit gambaran untuk mengenal sedikit tentang masa lalu Subaru, ia mengaku bahwa sehari-harinya jarang keluar rumah dan sering menghabiskan waktu di dalam rumah.

Subaru adalah orang yang cepat berinteraksi namun sangat berlebihan sampai-sampai seperti orang bodoh yang sangat berusaha keras untuk bisa berinteraksi.

Akan tetapi orang di sekelilingnya tidak gusar dengan kelakuan Subaru, karena Subaru juga punya sisi yang baik, dia suka menolong orang dan dapat memotivasi orang walaupun itu tidak langsung dari tindakan Subaru.

Mungkin bagi penonton yang melihat sisi tersebut rasa nya akan membenci Subaru karena dia seperti orang idiot yang mencoba lucu dengan gaya ekspresi dan tingkah nya, tapi seiring waktu akan menjadi terbiasa.

Karena sifat tersebut juga menggambarkan kehidupan Subaru yang merupakan seseorang yang jarang keluar rumah dimana dia jarang berintaksi dengan orang lain, sekalinya berinteraksi dia menjadi seperti itu jadi akan wajar jika melakukan hal seperti itu.

Setelah melihat Subaru yang menjadi seperti itu, seiring waktu Subaru terus belajar dari kesalahannya akibat yang dia ulah. Puncaknya saat episode 18 Subaru mengeluarkan semua penderitaannya (mencurahkan hati) kepada salah satu perempuan.

Di saat itu Subaru mendapatkan motivasi hidup dan berubah total tidak seperti sebelumnya, dia menjadi lebih bijak dan dewasa, tidak langsung bertindak sembarangan ketika ingin melakukan sesuatu, dan tidak seperti sebelumnya yang bertindak konyol.

Itulah yang membuat anime ini sangat direkomendasikan karena perkembangan karakter utama, yakni Subaru sangat kuat dengan dikembangkan perlahan-lahan agar penonton merasakan perkembangan karakter di anime ini.

Perkembangan karakter di anime melibatkan kegagalan dan penderitaan, jadi sangat berasa dengan perkembangan Subaru.

Namun sayangnya karakter utama perempuan (heroin) di anime ini tidak dikembangkan dengan baik bahkan sifat yang ada di karakter tersebut bisa membingungkan, awalnya sangat berengik dan baik hati tapi makin ke belakang menjadi lemah gemulai dan baik hati.

Interaksi dengan Subaru pun tidak dikembangkan dengan baik yang dapat menimbulkan kesan biasa saja terhadap perempuan tersebut. Tidak ada istimewa dan bersifat cantik saja.

Mungkin ini disebabkan karena status sosialnya yang berbeda jauh dari Subaru, jadi seakan-akan seperti putri yang akan dijemput oleh sang pangeran, dengan begitu interaksi karakter akan terlihat kurang mendalami.

Sang putri terkurung tanpa berkata apa-apa, dan sang pangeran berpetualang untuk mencari putri.

Apa yang lebih parahnya lagi adalah perkembangan karakter perempuan yang bukan tujuan dari Subaru dikembangkan dengan baik hingga akhirnya mendapatkan kesan baik di mata penonton.

Bahkan masa lalunya diperlihatkan yang dapat meningkatan kesan yang luar biasa terhadap penonton ke karakter tersebut, sedangkan putri yang menjadi tujuan Subaru tidak diperlihatkan masa lalunya. Hanya diberi sedikit gambaran kecil seperti Subaru di awal cerita.

Dengan perkembangan dan interaksi baik tersebut bisa mendapatkan kesan penonton bahwa dia cocok menjadi tujuan dari Subaru dibandingkan dengan perempuan (putri) yang menjadi tujuan Subaru.

Tapi sayangnya perempuan tersebut bukan merupakan tujuan Subaru yang bisa hilang kapan saja.

Terlepas dari banyak tanda tanya di anime ini seperti "Kenapa Subaru bisa masuk ke dunia lain?", secara keseluruhan dari perkembangan karakter anime Re Zero sangat-sangat baik dan kuat.

Namun sayangnya untuk interaksi karakter Re Zero ada yang kurang yang padahal itu seharusnya yang ditunggu-tunggu penonton, Re Zero malah mengembangkan interaksi karakter dengan karakter yang lain yang padahal itu tidak di inginkan dan tujuan utama dari cerita anime ini.

Setelah interaksi karakter ada yang kurang, anime ini juga menekankan drama

Drama

Ulasan - Review Re:Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu - Rem

Banyak drama yang terjadi di anime ini salah satunya adalah ketika di akhir cerita dimana Subaru menjemput bola (menjemput sang putri) dari serangan yang sudah disiapkan oleh penjahat.

Ketika disitu drama menguat yang membuat anime ini menjadi lebih terkesan baik di mata penonton, dan juga menjadi berbunga-bunga karena sang pangeran akhirnya mencapai garis puncak untuk menyelamatkan sang putri.

Jauh dari itu, di tengah-tengah cerita juga banyak drama yang sangat ditingkatkan hingga bisa membuat penonton menjadi berempati dengan salah satu karakter di anime ini.

Anime ini tidak berfokus pada comedy, jadi jangan berharap dengan comedy di anime ini. Di awal itu merupakan sifat dari Subaru namun nanti Subaru akan berkembang menjadi lebih baik, dan itu sangat dirasakan oleh penonton.

Drama di anime ini menjadi menambahkan kesan penonton terhadap anime Re zero, sebab sangat kental sekali ketika Subaru terus berulang mencari jalan untuk dapat menyelamatkan orang yang sedang dituju.

Re zero sangat direkomendasikan bagi yang ingin menonton anime romance dengan perkembangkan karakter utama yang sangat baik untuk dilihat dan juga drama yang sangat kental.

Re Zero juga sangat direkomendasikan untuk orang yang suka dengan genre fantasy atau seperti tema game dimana sang karakter memiliki checkpoint untuk mengubah jalan yang sebelumnya gagal.

Sayangnya Re Zero tidak mengeksplorasi keadaan tentang para kandidat kerajaan dan siapakah yang akan terpilih. Re Zero juga banyak meninggalkan tanda tanya diantaranya adalah saat Subaru memasuki dunia lain.

Score : 6.5/10

Apakah anime Re Zero ada NTR (Nikung Tanpa Ragu)?

Tidak, itu hanya sebagai pengalihan untuk meningkatkan drama dan perkembangan karakter. Seperti yang saya tulis di atas, tujuan sebenarnya dari Subaru adalah sang putri, namun karena Subaru sangat suka menolong orang, orang yang berada di sekelilingnya menjadi suka sama dia dan bahkan ada yang mencitainya.

Subaru tetap pantang menyerah dan tidak mengubah tujuannya untuk mencitai sang putri.

Untuk anime NTR bisa kunjungi artikel: Anime NTR

Selamat menonton Re:Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu


Share this with short URL: Get Short URL
loading short url

Advertisement





Advertisement