Review Strange Dawn: Terjebak Kisah Cinta Segitiga

Advertisement

Terjebak di dunia lain atau terjebak di dunia game, konsep cerita ini cukup banyak ditemui di anime, bahkan beberapa anime yang menggunakan konsep ini sempat populer saat ditayangkan.

Contohnya, Re Zero dimana protagonist tiba-tiba berada dan terjebak di dunia lain, sang protagonist juga mendapatkan kekuatan yang dapat mengulangi waktu, untuk selengkapnya bisa melihat ulasannya di artikel: Review Re Zero - pantang Menyerah untuk mendapatkan dia.

Atau sebelum Re Zero, Sword Art Online yang sangat heboh dengan konsep cerita dimana protagonist terjebak di dunia game, di sana ia hidup seperti layaknya game online, untuk selengkapnya bisa melihat ulasannya: Review Sword Art Online - terjebak di dunia game mematikan.

Review Strange Dawn - anime terjebak di dunia lain

Melihat jauh kebelakang ternyata ada anime yang menurut saya bagus bisa kamu tonton dengan konsep cerita seperti di atas.

Saya mengenali anime ini berkat dari melihat diskusi beberapa orang dan melihat daftar anime dari beberapa member Myanimelist.

Awalnya sempat ragu menonton anime ini karena belum ada ulasan untuk Indonesia, tapi karena saya penasaran saya menontonnya dan hasilnya sangat memuaskan.

Anime ini adalah Strange Dawn, tayang pada tahun 2000 dengan jumlah 13 episode, untuk ulasan dan informasinya bisa dilihat di bawah ini.

Informasi


(Myanimelist)
Type: TV
Total episode:13
Status: Telah tayang
Tanggal: 11 Juli 2000 - 26 September 2000
Pengusaha film: DAX Production, flying DOG
Studio: Hal Film Maker
Genre: Adventure, Drama, Fantasy
Durasi: 20 min/episode
Rating: PG - Children
Score: 6.60 (Myanimelist)

Karakter


  • Eri Natsuno: Eri sangat suka membuat cerita, dia baik hati, dan lembut dengan orang lain. Saat berbicara dengan orang lain Eri agak plin-plan.
  • Yuko Miyabe: Pemarah, Jutek, Tegas, dan masa bodoh dengan orang lain.

PV


Sinopsis


Yuko dan Eri dua gadis remaja normal yang tiba-tiba tersedot ke dunia lain, mereka terjebak di dunia yang penuh dengan makhluk hidup kecil (minions).

Makhluk hidup tersebut mengakui bahwa mereka manusia, mereka melihat Yuko dan Eri sebagai "Grand Savior" yang dapat melindungi tanah kelahiran dari peperangan dan membuat dunia menjadi damai.

Yuko dan Eri menetapkan tujuan dengan beberapa makhluk kecil yang menemani untuk mengetahui bagaimana mereka datang ke sini dan bagaimana cara mereka pulang.

Namun perang sudah membesar, Yuko dan Eri menjadi alat politik dan dijadikan sebagai semangat untuk berperang ke kubu lain.

Ulasan Strange Dawn



Strange Dawn memiliki cerita yang cukup unik dimana dua gadis yang memiliki sifat bertolak belakang tersedot ke dunia lain melalui cahaya, di dunia tersebut tidak ada teknologi canggih, dan tidak ada monster yang ada hanyalah makhluk-makhluk kecil dan peralatan yang serba mini.

Yuko orangnya pemarah, dia masa bodoh dengan orang lain, sedangkan Eri orangnya lembut, baik hati namun agak plin plan saat berbicara.

Yuko selalu ingin cepat-cepat pulang, dia tidak ingin berada di dunia tersebut, setiap hari Yuko selalu menggerutu ingin pulang, begitu pun juga Erin namun Erin sendiri agak betah.

Anime ini tidak menampilkan latar belakang karakter utama, namun lebih ke arah cerita yang menuju ke depan, dimana cerita di dunia lain sedang terjadi dan menjelaskan apa yang sedang terjadi.

Jadi maksudnya, latar belakang Yuko dan Eri tidak diperlihatkan di anime ini, dan bagaimana mereka terjebak ke dunia lain juga tidak ditampilkan, tapi untuk penjelasan mengapa mereka terjebak di dunia lain, dan status mereka sebagai pelajar nanti akan dijelaskan beriringan waktu.

Jika dilihat sisi rating yang diberikan Myanimelist anime ini memiliki rating untuk anak-anak, tapi sebenarnya anime ini tidak disarankan untuk ditonton anak-anak karena di anime ini ada adegan perang yang memperlihatkan orang-orang luka parah (darah bercocoran kemana-mana), ada sedikit adegan ikkeh, dsb.

Cerita Strange Dawn berjalan lambat, mengeksplorasi mengenai peperangan, dan cinta.

Perang antar dua kubu


Ada dua kubu, Griania dan Baljidan. Kedua kubu tersebut telah lama berperang dan saling menginvasi, Yuko dan Eri dijadikan sebagai pelindung dan penyemangat untuk melawan kubu lain.

Cinta segitiga


Strange Dawn juga ada romance-nya yang sangat menyakitkan untuk dilihat, apalagi hubungan ini juga tengah populer, yakni Friendzone.

Hubungan yang terjalin dalam anime ini cukup membuat perasan sebagian penonton akan merasa sakit hati, dan membuat kesal tapi di satu sisi hubungan ini juga membuat romance-nya semakin kental di akhir cerita.


Strange Dawn: anime yang karakternya terjebak di dunia lain

Uniknya, dalam anime ini juga mempertajam keadaan yang sedang terjadi dam memperlihatkan hal-hal kecil dimana orang modern yang hidup di dunia penuh dengan alat teknologi hidup di dunia yang belum ada teknologi, apalagi di dunia tersebut serba mini.

Seperti contohnya, ketika Yuko dan Eri ingin mandi mereka bingung ingin mandi dimana karena tidak ada kamar mandi yang seukuran mereka, ketika Eri ingin buang air kecil Eri bingung ingin dimana karena ketika disambut makhluk kecil mereka hanya disediakan rumah tanpa ada kamar mandi, dan ketika mereka lapar mereka bingung ingin makan apa, dsb.

Hal unik lainnya yang ada di anime ini juga menekankan hubungan Yuko dan Eri yang ternyata mereka tidak akrab satu sama lain karena perbedaan pendapat dan tujuan.

Walaupun tidak ada hal yang menonjol dalam cerita anime ini namun anime ini cukup unik untuk ditonton dengan konsep terjebak di dunia lain, dan karakter yang mungil-mungil yang menggemaskan seperti boneka yang di pegang.

Bagi yang ingin menonton anime ini berhati-hatilah juga karena walaupun karakter di anime ini sangat menggemaskan namun atmosfir di anime ini agak berat saat ditengah-tengah cerita.

Opening di anime ini juga membantu meningkatkan kesan latar tempat yang dimana dunia serba tradisional, sedangkan endingnya meningkatkan tentang cerita anime yang membuat penonton ingin menontonnya lagi.

Menurut saya nada musik di ending bikin rileks, saat mendengarkan ending anime ini saya sendiri menjadi rileks.

Score pribadi: 7/10

Sebuah anime yang menurut saya bisa kamu coba dengan konsep cerita terjebak di dunia lain.


Share this with short URL: Get Short URL
loading short url

Advertisement





Advertisement