Memang apa bagusnya Koe no Katachi sampai filmnya ditunggu

Koe no Katachi adalah anime movie drama school yang diadaptasi dari manga dengan judul yang sama (dalam bahasa inggris, A Silent Voice atau The Shape of Voice), diproduksi oleh Kyoto animation.

Koe no Katachi ini cukup populer dibicarakan setelah anime Kimi no na wa yang telah suskes dan berhasil populer di tahun 2016.

Koe no Katachi populer berawal dari berita yang mengabarkan bahwa Koe no Katachi akan mendapatkan anime movie dengan durasi 2 jam 10 menit.

Sejak saat itu manga maupun anime Koe no Katachi menjadi banyak dibicarakan dikalangan penggemar anime, dan sejak saat itu juga banyak yang mencari film Koe no Katachi subtitle Indonesia.


Koe no Katachi menceritakan tentang perempuan tuli yang dikucilkan dan dijahili (dibully) oleh teman-teman sekelasnya, setiap hari selalu dibully hingga alat bantu pendengarannya rusak akibat teman-temannya yang selalu jahil terhadapnya, dari sini cerita Koe no Katachi dimulai.

Manga Koe no Katachi ada dua, one-shot dan serial manga. Kedua manga tersebut memiliki cerita yang sama namun serial manga lebih kompleks ceritanya sedangkan One-shot lebih ringkas.

Untuk memahami lebih lanjut apa bedanya, bisa dilihat di artikel selanjutnya mengenai cerita One-shot dan serial manga-nya: Perbedaan cerita one-shot dan serial manga Koe no katachi.

"Koe no katachi ceritanya bagus banget, sayang banget anime ini tidak se-populer dengan anime Kimi no na wa", kurang lebih kalimat ini dilontarkan oleh banyak orang setelah membaca manga ini.

Mendengar atau melihat kalimat tersebut, satu pertanyaan di benak yang belum membaca manga ini, "Emang apa bagusnya Koe no Katachi ini?".

Bagi yang penasaran, berikut ini beberapa poin dari saya mengenai bagusnya Koe no Katachi:

Ada pesan yang disampaikan mengenai pembullyan



Di jaman sekarang ini pembullyan adalah kejahatan yang paling banyak dilakukan dimana saja, kapan saja dan di usia berapa saja, mulai dari anak-anak hingga sampai dewasa.

Koe no Katachi memberikan penjelasan yang jelas, dan mengeskplorasi mengenai pembullyan yang banyak terjadi di jaman sekarang ini.

Apa yang dieksplorasi Koe no Katachi adalah sebab mengapa ada pembullyan, akibat jika membully orang lain, tekanan psikologis baik itu dari sisi pembully maupun sisi korban bullying dan terakhir apakah jika hanya meminta maaf akan langsung dimaafkan.

Bukan hanya yang dibully saja yang mendapatkan tekanan fisik dan dan batin, sang provokator (orang yang membully) pun juga dapat timbal baliknya yang biasa disebut juga KARMA.

Jadi setelah si korban bullying sudah mendapatkan luka berat baik itu dari fisik maupun batin, sang provokator yang selama ini membuly-nya pun juga mendapatkan luka berat, baik itu fisik maupun juga batin.

Untuk itu ada sebuah proses penebusan dosa agar sang korban memaafkannya.

Penebusan dosa



Seperti yang ditulis di atas, jadi sang pembully mendapatkan karma yang dimana dia dibully balik oleh teman-teman sekelasnya seperti apa yang dialami oleh korban dia.

Bahkan ketika dia sudah tidak SD lagi, dia tetap dibully dari teman-teman barunya. Awalnya merasa cuek dengan keadaan tersebut namun seiring waktu dia dijahili yang sangat parah dan diluar batas wajar, saat itu dia merasakan dan sadar, "ternyata begini tuh rasanya di bully".

Setelah sadar, awalnya sempat berpikir untuk bunuh diri bahkan ibunya hampir mengetahuinya, namun seiring waktu dia menyadari apa yang dilakukannya salah, dia mengubah pola pikirnya dari yang ingin bunuh diri menjadi menebus dosa dan mendapatkan maaf dari sang korban.

Di sinilah perjalanan panjang sang pembully untuk menebus dosa yang selama ini dia buat, mulai dari mencari alamat, bagaimana cara agar dia dimaafkan, dan terakhir ingin kejujuran dari sang korban apakah sudah memaafkannya atau belum.

Perubahan karakter yang sangat mendalam



Pertama kali melihat Koe no Katachi saya yakin hampir semua orang yang membaca ataupun menonton Koe no Katachi akan membenci sang protagonist karena sifatnya yang keterlaluan dan tidak patut untuk dicontoh.

Sang protagonist memang sangat keterlaluan namun seiring waktu ketika dia sudah remaja dia menyadari bahwa yang dilakukan itu salah dan akhirnya seiring waktu dia membaik daripada sebelumnya.

Dari proses ini, pembaca pun juga akan merasakan dan mengubah pandangannya tentang protagonist di anime ini.

Romance yang tidak memandang fisik



Ternyata Koe no Katachi mensisipkan beberapa adegan romantis. Romance di Koe no katachi tidak biasanya, yakni pembully dengan korban yang merupakan tuli dan juga bisu.

Awalnya memang biasa saja romance di Koe no Katachi bahkan bisa dibilang benci mengapa sang korban bisa dekat dengan sang pembully, namun seiring waktu nanti akan terlihat proses mengapa mereka bisa dekat.

Ketika hal tersebut terjadi seiring waktu romance di anime ini sangat membuat hati pembaca berbunga-bunga.

Itulah beberapa poin yang ingin saya sampaikan mengapa Koe no Katachi sangat bagus dan movie nya ditunggu-tunggu

Berikut trailer Koe no katachi




Semoga saja anime movie-nya benar-benar sesuai dengan apa yang ada di manga.


Copy link artikel iniloading short url

Untuk mengetahui postingan terbaru dan update daftar rekomendasi, masukan email di bawah agar nanti ketika di update akan muncul notifikasi di HP

* indicates required
Cek Konfirmasi Email di SPAM ataupun di INBOX