5 Alasan Anime Original Adalah Anime Terbaik Untuk Ditonton

Ini adalah postingan pertama saya disini, jadi salam kenal sebelumnya. Pada postingan pertama, saya akan membahas sekaligus memberikan opini tentang “5 Alasan Anime Original Adalah Anime Terbaik Untuk Ditonton” .

Pendahuluan

Kita ketahui bahwa anime sering kali mengadaptasi dari sebuah novel, manga atau mungkin dari sebuah game.

Namun apakah kalian juga pernah menonton sebuah anime original?

Yaitu adalah sebuah anime yang tidak mengadaptassi dari novel, manga ataupun game, melainkan dibuat original oleh pembuat anime itu sendiri.

Untuk saya pribadi, sudah cukup banyak anime originial yang saya tonton. Hasilnya cukup memuaskan, maka dari itu, berdasarkan pengalaman ini, saya akan membuatkan artikel ini untuk kalian. Berikut adalah 5 alasannya...

Tidak Terbebani



Anime yang mengadaptasi dari sebuah karya tersebut tentunya punya kewajiban yang cukup berat. Pasti pembuat novel, manga dan game berharap agar animenya sukses seperti karya aslinya. Hal itu justru terkadang menjadi problematika dalam dunia animasi.

Yah, apa yang diharapkan sah sah saja. Namun, jelas hal ini akan mengakibatkan tekanan dan beban yang ditanggung oleh yang akan mengadaptasikan nantinya. Mereka harus menyesuaikan apa yang di inginkan.

Tentunya, akan menimbulkan banyak sekali pro dan kontra antara pihak pembuat karya asli dengan yang akan mengadaptasi.

Mulai dari desain karakter, plot cerita, atau mungkin bisa juga dalam hal hal sepele seperti pengisi suara ( seiyuu ).

Jika ada salah satu yang tidak sesuai, bersiap saja untuk menerima kritikan pedas dari para penggemar yang sudah membaca karya aslinya atau mungkin dari pembuat karya aslinya itu sendiri.

Sebaliknya jika membuat sebuah anime original, pihak pembuat anime tidak akan merasa terbebani oleh siapapun. Dan tentunya, para penonton juga tidak sibuk menilai apakah anime ini pantas di adaptasi oleh studio ini dan sebagainya

Tidak Ada Spoiler



Mungkin ini yang paling saya sukai dari karya original. Ya, tanpa spoiler darimanapun kecuali kalau telat nonton.

Apakah kalian suka dengan yang namanya spoiler? Tentunya tidak bukan, spoiler tentunya akan membuat kalian mengetahui apa yang belum kalian tonton, sehingga “feel” nya ketika kalian menonton nanti pasti akan berkurang karena kalian sudah mengetahui lewat spoiler tadi.

Di Indonesia sendiri, kita cukup mengetahui dan paham. Banyak sekali orang orang yang menyebarkan spoiler, entah itu lewat grup, fanspage, ataupun beranda mereka.

Nah, ketika kalian menonton sebuah anime original, kalian tidak akan merasakan spoiler kecuali seperti yang saya katakan diatas “kalau telat nonton” dan kalian buka akun sosmed.

Selalu Membuat Penasaran



Menyambung pada alasan sebelumnya, anime original akan selalu membuat kalian penasaran. Karena ini original, pasti tidak akan yang tahu kelanjutannya nanti akan bagaimana. Nah, atmosfer ini kerap kali membuat penonton tertarik dengan suatu anime.

Para penonton akan selalu menanti kelanjutan cerita dalam sebuah anime original dengan seribu satu pertanyaan yang belum terungkap. Terlebih jika anime tersebut berakhir “menggantung” atau tidak tuntas. Hal ini mungkin akan membuat kalian jengkel, tetapi disinilah letak keseruannya

Membuat Penonton Berspekulasi



Masih menyambung, setelah penasaran, apakah kalian juga pernah menebak nebak atau berspekulasi tentang kelanjutan dari sebuah anime original? Pastinya pernah bukan? Saya sendiri sering sekali mengalami hal ini ketika menonton sebuah anime original

Serunya, kalian juga bisa berdiskusi dengan teman teman mengenai kelanjutan anime yang kalian tonton.

Disini kalian akan seperti berlatih berpikir untuk menebak nebak “apa ya kira kira yang diinginkan oleh pembuat karya ini nantinya?“ Setelah itu, kalian akan menemukan berbagai macam spekulasi dari teman teman kalian.

Dan.. tentunya, ada spekulasi yang benar dan ada juga yang salah. Semua akan terjawab pada kelanjutan atau episode selanjutnya dalam anime itu.

Endingnya Paling Dinanti



Ini dia bagian yang paling dan sangat dinanti ketika menonton sebuah anime original. Yap, Endingnya.

Semua spekulasi, tebak tebakan, dan prediksi kalian akan terjawab disini. Tentu, akan menimbulkan beberapa reaksi dari para penonton. Ada yang senang, sedih, terkejut, marah dan mungkin ada yang minta nambah sequelnya *eh.

Namun menurut saya, apapun itu endingnya, entah itu mengecewakan atau memuaskan, bagian ending anime original adalah hal yang paling dinanti oleh penontonnya.

Tambahan

Tidak Ada Orang yang “sok tau”



Sebenarnya ini masih ada hubungannya dengan spoiler yang saya bahas diatas, namun akan saya buatkan sendiri atau khusus dibawah untuk mengulasnya.

Hampir pasti, kalau ada anime yang mengadaptasi dari sebuah novel, manga ataupun game akan ada sebuah post diskusi entah itu di grup, forum, ataupun fanspage.

Anehnya dan yang bikin jengkel, mereka akan membahas hal yang terjadi dan mengatakan bahwa mereka tau anime ini akan berjalan seperti apa.

Saya pribadi cukup kesal dengan beberapa tipe orang yang sok tau seperti itu. Mengapa? Karena tidak semua adaptasi anime dari novel, manga , atau game akan sama persis dengan karya aslinya.

Ingin contoh sederhana? Mungkin baru baru ini kalian dikejutkan dengan anime Fuuka yang memiliki cerita yang berbeda dengan Manganya. Atau perlu saya ingatkan lagi mengenai Akame ga shit Kill yang memiliki ending  yang berbeda.

Lalu, apakah ada Rekomendasi untuk pemula menonton anime original tentunya ada kok..

1. Mahou Shoujo Madoka Magica



Bagi kalian yang menyukai gadis gadis imut yang disiksa, rasanya harus mencoba karya original ini. Kalian akan dibawa ke dunia yang cukup kelam dimana harapan itu hanyalah sebuah omong kosong

2. Shirobako



Sebuah anime original yang cukup ringan, tidak sepert

3. Nagi no Asukara



Butuh anime original bernuansa Romance-Fantasi ? Ini jawabannya, Nagi no Asukara adalah salah satu anime original yang membawakan tema romance dengan apik. Jangan lupa siapkan tisu karena kadang akan membuat kalian baper sendiri.

4. Code Geass



Sebuah serial anime legendaris yang menawarkan cerita seru didalamnya. Unsur yang terkandung disini terbilang cukup berat. Namun, semuanya akan terlihat keren

5. Spirited Away



Karya Original legendaris dari Ghibli yang memenangkan Piala Oscar pada 2002 silam. Kisah dalam anime ini terinspirasi dari kisah nyata. Wajib nonton deh kalian pokoknya.

Lima saja cukup sepertinya, atau kurang? Mau nambah lagi? Doakan saja, di lain kesempatan akan saya buatkan rekomendasi untuk anime original.


Oke, cukup sekian dari saya untuk 5 Alasan Anime Original Adalah Anime Terbaik Untuk Ditonton. 5 alasan diatas adalah hanya pendapat saya pribadi jadi mohon maaf bila ada yang tidak berkenan.

Terima kasih sudah mau membaca^^


Copy link artikel iniloading short url

Untuk mengetahui postingan terbaru dan update daftar rekomendasi, masukan email di bawah agar nanti ketika di update akan muncul notifikasi di HP

* indicates required
Cek Konfirmasi Email di SPAM ataupun di INBOX