46 Anime School Terbaik yang Bikin Semangat Ingin Sekolah

Setiap anime memiliki latar tempat yang berbeda, namun yang paling populer disebarluaskan adalah anime yang berlatar di sekolah.


Anime Genre School memberi kesan tersendiri bagi penonton yang sudah tidak lagi sekolah (sudah lulus). Di lain sisi, sebagai penonton yang masih pelajar hal ini menjadi termotivasi untuk ingin bersekolah terus dan bersosialisasi di sekolah.

Anime school identik dengan genre romance, hal ini karena pada masa-masa remaja hormon di dalam tubuh sangat aktif sekali yang membuat energi dan hal-hal lain di dalam tubuh sangat aktif, salah satunya ingin mengenal lawan jenis.

Untuk mengenal lawan jenis bisa didapatkan di genre romance, karena di situ perasaaan juga berperan. Genre romance di sekolah bisa didapatkan di: rekomendasi anime romance school.

Sedangkan jika sedang mencari genre romance-nya saja tanpa mengenal latar tempat bisa didapatkan di: Rekomendasi anime Romance terbaik yang Romantis.


Lalu untuk anime sekolah sendiri, dimana masa-masa sekolah adalah salah satu momen yang paling indah bisa didapatkan di bawah.

Berikut ini daftar anime school terbaik yang perlu ditonton:

Catatan: akan diupdate mulai anime school terbaru hingga yang lawas. Di daftar ini ada yang berlatar di sekolah pertanian, elit, kampus, asrama sekolah, dsb. Lalu kebanyakan berpusat pada klub sekolah.


Sakurasou No Pet na Kanojo

Anime School terbaik

Ingin menggapai cita-cita, hidup mandiri, dan tidak punya bakat itulah pokok cerita dari anime ini. Banyak hal-hal yang membuat penonton yang sudah lulus ingin pergi ke sekolah lagi, di satu sisi bagi pelajar hal ini membuat mereka bersemangat untuk ke sekolah.

Mengapa? Hal ini karena nanti ada lika-liku perjuangan seseorang yang tidak memiliki bakat namun orang tersebut ingin cita-cita yang diimpikan itu tercapai. Dengan berusaha giat seperti belaja, experiment, dsb. Anime ini juga ada scene kelulusan yang membuat hati merinding.

Beelzebub


Anime yang bercerita tentang anak berandalan bertarung satu sama lain, dimana tawuran, dan perang antar gangster di sekolah diangkat di anime ini. Dibaluti dengan supernatural anime ini berbeda dengan anime sekolah lainnya.

Beelzebub tidak sepenuhnya berandal. Hal ini karena comedy di anime ini yang membuat anak-anak berandalan dilihat menjadi kocak.

Tidak ada hal yang di istimewakan jika sedang mencari tema sekolah di anime ini karena anak-anak berandal ini suka sekali tawuran tapi jangan salah kekocakan di anime ini membuat penonton pelajar akan tertawa sepanjang cerita.

Chihayafuru


Apa yang membuat anime chihayafuru menarik? Ikatan persahabatan dan tekad. Itu adalah dua pondasi dari anime ini.

Namun ada beberapa lagi yang dapat mengubah mindset pelajar dan mengingatkan bahwa di sekolah itu sangat mengasyikan walaupun ada tugas-tugas yang melanda.

Sedih, senang semua bercampur aduk di anime ini ketika sedang mengikuti pertandingan.

Haikyuu


Banyak hal yang bisa dipelajari dari Haikyuu dimana dapat mengubah mindset teman-teman pelajar bahwa di sekolah itu memang mengasyikan apalagi kalau mengikuti kegiatan klub, karena di sana ada kerja sama tim antar junior dengan senior maupun sesama jenior ataupun sesama senior.

Awas anime ini juga bikin deg-deg kan ketika sedang mengikti pertandingan antar klub volly.

Diamond no Ace


Sama seperti haikyuu dan chihayafuru, banyak sekali hal yang bisa dipelajari dari anime ini yang dapat membuat semangat untuk belajar dan sekolah.

Hal ini karena pokok dari Diamon no ace itu berusaha keras bersama se-timnya untuk mencapai tujuan yang diimpi-impikan.

Sora no Manimani


Bagi yang suka dengan astronomi cobalah yang satu ini, karena anime ini berfokus pada klub astronom.

Banyak lika-liku yang terjadi di klub tersebut, bahkan bagi yang tidak ingin dan tidak suka dengan astronomi jadi suka.

Hanayamata


Hanyamata kurang lebih mengisahkan tentang Naru Sekiya yang merupakan gadis dengan kecerdasan dan bakat yang rata-rata. Naru pernah berharap ketika SMA dapat mengubah hal tesebut.

Sayangnya harapan tidak sesuai ekspektasi, saat SMA tetap saja dia menjadi gadis yang memiliki kemampuan (bakat, kecerdasan, dsb) yang rata-rata.

Namun kehidupan Naru berubah ketika Naru bertemu dengan seorang gadis berambut pirang yang sedang menari. Dari situ kehidupan SMA nya menjadi bewarna dan menjelajah kehidupan yang tidak biasanya dialaminya.

Yowamushi Pedal


Tidak memiliki bakat dan salah masuk klub, kurang lebih itulah yang diceritakan dari Yowamushi pedal.

Bagi yang saat ini (bagi pelajar) yang salah masuk klub sebaiknya jangan berkecil hati dulu cobalah lihat protagonist yang satu ini.

Karena di sini protagonist sangat berusaha sekali sampai sampai mendapatkan teman-teman di klubnya dan bahkan salah satu orang yang paling dibanggakan.

Anime ini waktu itu pernah tayang di Indonesia, kalau tidak salah tahun 2016.

Free!


Anime Free menggambarkan cerita dimana sebuah kelompok anak sma laki-laki yang menikmati masa mudanya.

Banyak hal yang dipelajari dari sini seperti hubungan pertalian, persahabatan, dan menikmati hidup berkelompok dalam sebuah klub (kasus di sini renang).

Anime ini banyak fanservice untuk cewek dimana para laki-laki memiliki otot-otot yang kece dan penggambarannya itu seperti tampak nyata.

Namun jangan salah, formula cerita yang digambarkan dalam anime Free! membawa penuh kenangan ketika berada di sekolah.

Hyouka


Pernah malas-malasan di sekolah? tenang saja bukan kamu saja yang begitu, protagonist di anime ini juga malas-malasan.

Hanya saja ada sisi positifnya dari malas-malasan itu yakni protagoninst dapat berpikir secara internal untuk mengeksplorasi hal-hal eksternal.

Bingung dengan penjelasannya? intinya protagonist di anime tidak ingin membuang-buang energi dan pikiran dengan hal yang tidak berguna kecuali hal itu membuat dia menikmatinya.

Cerita dari anime Hyouka sendiri memiliki formula Misteri yang berlatar tempat di sekolah.

Oregairu


Masa-masa SMA memang mengasyikan hal itu selalu di jelaskan di anime Oregairu. Protagonist yang merupakan anti sosial seiring waktu berubah yang dapat mengubah mindset pelajar yang mengurungkan niat untuk bersosial di sekolah karena bersosial itu tidak mengaysikan menjadi mengasyikan.

Oregairu juga ada bumbu bumbu romance-nya namun tidak sekental dengan anime romance school yang lain.

Sabagebu


Sebenarnya tidak terlalu mengesankan dengan cerita anime ini hal ini karena anime sabagebu di masing-masing episode hanya menceritakan cerita mini, yang artinya setiap episode berbeda-beda ceritanya walaupun saling menyambung (atau biasa disebut juga episodik).

Namun dengan menempatkan latar belakang di sekolah, anime ini memiliki comedy school yang membuat penontonnnya tertawa dan melupkana tugas-tugas di sekolah. Ceritanya sangat lucu sekali, segerombolan anak-anak perempuan yang melakukan hal konyol.

Tamayura


Anime Slice of life dimana mengeksplorasi hal-hal pemotretan serta ruangan yang indah, anime ini cocok bagi pelajar yang menyukai hal-hal indah di dalam sekolahannya.

Banyak hal-hal yang dapat dipelajari dari sini, apalagi kekeluargaan di anime ini sangat kental sekali.

Sketchbook ~full color's~


Sketchbook ~full color’S~ kurang lebih bercerita tentang gadis remaja yang memiliki sifat pemalu namun suka menggambar.

Di dalam klub seni seiring waktu dia berubah bersama teman-temannya yang suka sekali dengan pemandangan di sekitar.

Apa yang dipelajari di sini? hal-hal kecil yang diabaikan oleh pelajar akan dibesar besarkan dan menjadi indah.

Slam Dunk


Anak basket? atau suka dengan basket? jika suka dengan basket cobalah menonton anime ini hal ini karena anime ini dapat mengangkat ardenalin.

Selain itu kekompakan dan kerja keras yang ada di anime ini dapat menginspirasi pelajar yang berada di klub basket.

Ookiku Furikabutte


Anime olahraga lainnya yang mungkin belum ditonton. Anime ini sangat menarik dan memuaskan secara emosional. Hal ini karena banyak drama yang terjadi di anime ini yang membuat kesan cerita menjadi bagus dan menarik.

Di satu sisi perjuangan masing-masing karakter membuat anime ini bagus untuk ditonton.

Eyeshield 21


Anime yang pernah tayang di Indonesia beberapa kali. Banyak hal yang dipelajari dari anime ini yang membuat teman-teman pelajar semangat untuk belajar dan bermain di sekolah.

Kata-kata yang dilontarkan di anime ini pun juga dapat membuat teman-teman pelajar menjadi bergairah untuk ke sekolah apalagi ketika ujian.

Salah satu kata yang paling membekas, kurang lebih begini "janganlah menyerah walaupun itu hanya satu persen" artinya walaupun belum sampai 0, waktu habis, bisa juga diartikan sampai ajal menjemput jangan menyerah untuk hidup, tetaplah semangat karena jika sudah sampai 0 (waktu habis/ajal menjemput) kita tidak bisa apa-apa, benar bukan?.

Genshiken


Intinya Genshiken ini mengisahkan sekolompok klub dimana klub tersebut ada senior dan junior, seiring waktu senior lulus dan junior pun menggantikannya.

Agak baper ngeliatnya hal ini karena ada scene kelulusan yang membuat penonton merasa kehilangan sesuatu.

Di sisi lain, anime ini berpusat pada otaku dengan dibumbui comedy yang membuat senyum senyum sendiri. 

Robotics;Notes


Walaupun memiliki latar belakang sekolah dan banyak yang dapat menginspirasi pelajar juga karena tekad di heroin ini sangat kuat ....

Anime ini agak banyak permasalahannya yang tidak seputar pelajar, walaupun begitu keseluruhan ceritanya pun juga bagus, karena antagonist di anime ini agak sulit untuk ditebak.

Bagi yang suka robot serta romance cobalah anime satu ini hal ini karena anime ini juga ada bumbu bumbu romancenya.

Dan jika sudah menonton Steins;Gate cobalah tonton anime ini juga karena saling berkaitan loh....

Amanchu


Anime slice of life ini favorit saya, dimana heroin di anime ini selalu mengeksplorasi hal-hal yang kecil di dalam ruang lingkup sekolah maupun di luar sekolah ketika berangkat ataupun pulang sekolah.

Bagi pelajar yang jalan kaki ke sekolah cobalah tonton anime ini, hal ini karena dapat mengubah mindset bahwa jalan kaki tidak seburuk apa yang dibayangkan.

GJ Bu


Cerita GJ Bu berpusat pada aktivitas sebuah klub yang agak gaje doang hal ini karena di klub tersebut tidak ngapa-ngapain.

Anime ini juga memiliki comedy yang membuat senyum-senyum sendiri, walaupun begitu atmosfir sekolahnya sangat dirasakan.

Suzumiya Haruhi


Suzmiya Haruhi ini tentang supernatural tapi asyik ditonton karena ceritanya yang keren dengan menggunakan latar tempat sekolah. Anime ini salah satu proyek terbesar dari KyoAni.

Menceritakan kehidupan seorang siswi SMA yang memiliki imajinasi luar biasa. Namun, tak disangka apa yang ia pikirkan berubah menjadi kenyataan.

Alien, Esper, Penjelajah waktu yang semula hanya fiksi seketika menjadi nyata dan menjadi temannya.

Great Teacher Onizuka


Sebuah anime yang cukup lawas namun sangat keren untuk ditonton. Anime ini menceritakan tentang Onizuka yang punya ambisi kuat untuk menjadi guru terhebat di dunia.

Di satu sisi dengan profesi ini ia dapat bertemu dengan cewek SMA yang cantik dan seksi. Jadi anime ini mengubah mindset pelajar bahwa guru itu tidak semuanya killer.

Hibike Euphonium


Hibike Euphonium menceritakan tentang lika liku kehidupan klub orkestra di SMA. Nuansa suasana sekolah dan musik sangat kental disini. Drama serta konflik semakin menambah seru anime moe ini.

Kuroko no Basket


Setelah tadi di atas mengenai olahraga volly (anime Haikyuu), sekarang anime dengan olaraga basket yang sangat terkenal.

Kurobas atau kuroko no basket diawali dengan tim lagenda dari SMP teiko yang bermana 'Kiseki no sedai'.

Seiring waktu tim tersebut terpencar karena memiliki ambisi yang berbeda beda, dan di SMA mereka bertemu kembali dengan cara yang berbeda, yakni bertarung satu sama lain.

Nichijou


Sebuah anime komedi ringan dengan tingkah imut nan konyol karakternya. Memiliki 2 latar tempat yang berbeda, yaitu sekolah dan sebuah rumah yang berfungsi sebagai laboratorium.

Untuk yang satu ini lebih berfokus pada comedy, cukup bagus ditonton di waktu senggang.

Angel Beats


Mesikpun Angel beats lebih berfokus pada action dan persahabatan, anime ini juga ada kesan yang membuat ingin ke sekolah lagi. 

Mengapa? KARENA ada scene kelulusan dimana masing-masing murid saling menangisi satu sama lain karena tidak akan bertemu lagi.

K-ON!


Pasti sudah tau semua untuk anime yang ini. Anime ini memberi kesan para pelajar SMA maupun SMP.

Mengapa? hal ini karena kegiatan yang ada di anime ini ada kekeluargaan, persahabatan, dan masih banyak lagi yang memiliki atmosfir hangat.

Bagi yang mau lulus (sedang beranjak di kelas 3) hati hati menonton anime ini bisa bisa bikin sedih.

Love Live! School Idol Project


Mengisahkan tentang perjuangan kesembilan gadis yang diketuai oleh Kousaka Honoka. Mereka berusaha untuk menjadi idol terkenal demi menyelamatkan sekolahnya yang terancam ditutup apabila tidak ada murid yang mendaftar lagi.

Ada banyak season dari anime ini, dan ujung-ujungnya ada perpisahan yang membuat air mata menetes.

Tanaka-kun wa itsumo kedaruge


Saya berharap setelah menonton anime ini, kalian tidak mengikuti tingkah dari Tanaka. Tanaka adalah seorang yang mager.

Hal yang disenanginya adalah tidur. Tanaka memiliki seorang teman yang baik padanya. Yang mungkin juga menyimpan perasaan terhadap Tanaka.

Walaupun begitu atmosfir sekolahnya itu berasa banget.

Sayonara Zetsubou Sensei


Menceritakan kisah seorang yang bernama Itoshiki Nozomu yang selalu putus asa. Hal hal kecil pun seperti membayar sesuatu.

Misalkan tol di kereta bawah tanah dapat membuayna putus asa. Dipikirannya selalu ada opsi untuk bunuh diri.

Bukan berarti anime ini selalu mengeksplorasi hal tersebut, banyak hal posifitnya termasuk juga banyak komedinya yang bikin ngakak loh ....

Ansatsu Kyoushitsu


Salah satu anime school favorit saya. Menceritakan tentang Sesosok makhluk misterius bertentakel yang tiba tiba menghancurkan bulan dan nantinya akan menghancurkan bumi. Kelas 3-E ditugaskan oleh pemerintah untuk membunuh makhluk tersebut.

Awas endingnya bisa bikin baper, hal ini karena menampilkan scene kelulusan yang membuat penonton pelajar kehilangan sesuatu ketika lulus.

Shokugeki no Souma


Sebuah anime masak masakan yang populer dikalangan para penonton anime di Indonesia. Anime ini bercerita seorang anak remaja Yukihara Souma yang berprofesi sebagai koki di kedai keluarga yang kecil.

Yukihara memiliki mimpi untuk menjadi koki profesional di restoran ayahnya bahkan ingin melampaui kemampuan dan cita rasa masakan ayahnya.

Seiring waktu impiannya pun berubah, hal ini karena Yukihara kedai ayahnya ditutup dan Yukihara disekolahkan di sekolah memasak yang dimana memiliki kemampuan masing-masing memasak yang dahsyat. Di sinilah atmosfir pertarungan memasak terasa.

Youkoso Jitsuryoku Shijou Shugi no Kyoushitsu


Anime yang cukup seru, seperti kolaborasi antara beberapa anime. Menceritakan tentang kehidupan siswa di suatu sekolah elit dimana kelas D menjadi tingkatan terbawah dari sekolah itu.

Para murid kelas D berambisi untuk menaikkan peringkat mereka namun tentunya mendapat perlawanan dari kelas diatasnya.

Gakkou Gurashi!


Jangan tertipu dengan cover imut anime ini. Gakkou Gurashi, menceritakan kisah suram tentang sebuah klub kehidupan di sekolah.

Anggota klub tersebut harus bertahan hidup dari serangan zombie yang sudah mewabah ke hampir seluruh dunia.

Tari Tari


Walaupun judulnya Tari Tari, anime ini tidak menceritakan tentang tarian Jepang atau Idol lho hahaha. Singkat cerita anime ini mengisahkan tentang 5 remaja yang ingin menghidupkan klub musik.

Bersama sama mereka membangun klub musik dan banyak hal terjadi ketika kegiatan klub tersebut.

Clannad


Clannad, anime yang satu ini bikin baper dan bikin nangis. Bagaimana tidak, perjalanan kisah cinta ini dimulai ketika protagonist dan kekasihnya di SMA, berawal dari situ banyak lika liku yang dialami mereka hingga mereka nikah.

Jika ingin mencari anime romantis berlatar sekolah sampai nikah cobalah anime yang satu ini. Namun sekali lagi yang perlu diingatkan bahwa anime ini dapat membuat nangis dan baper.

Ouran Koukou Host Club


Anime school comedy yang membuat pelajar untuk menghelakan dan melepaskan penat dari tugas yang melanda.

Ouran Kouko host club memiliki formula cerita comedy school dimana kebanyolan cerita anime ini membuat tertawa

Gin no saji


Gin no saji memiliki tema yang sedikit berbeda dengan anime school lainnya, anime ini berlatar di sekolah pertanian dan perkebunan yang memiliki cerita keseruan dimana protagonist salah masuk jurusan.

Bagi yang merasa salah masuk jurusan cobalah lihat anime ini, hal ini karena protagonist walaupun salah memasuki jurusan dia bersenang-senang dengan jurusan yang sekarang dia alami.

Gekkan Shoujo Nozaki-kun


Suka anime dengan tema romance comedy school? silahkan ditonton anime ini. Walaupun tidak berfokus pada tema sekolah.

Namun anime ini memberi kesan dimana para karakter menikmati masa remajanya dengan canda tawa yang membuat penonton dewasa ingin merasakan kembali canda tawa bersama teman-teman.

Danshi Koukousei no Nichijou


Kisah para remaja yang menikmati canda tawa dengan sahabatnya, bahkan menikmati masa muda hal itu dilakukan di Danshi Koukousei no Nichijou.

Anime ini menampilkan sudut pandang dari remaja laki-laki yang kesehariannya seputar dengan dunia SMA dimana masa masa tersebut laki-laki agak bangor.

Kebanyolan para remaja di anime ini memberi kenangan terhadap sahabat pada masa-masa sekolah.

Little Busters!


Hampir sama dengan Danshi Koukousei no Nichijou, bedanya di anime ini menampilkan sudut pandang kedua jenis, perempuan dan laki-laki.

Kesehariannya untuk menghidupkan ruangan suasana asrama dan sekolah membuat anime ini berasa ingin ke sekolah lagi karena di sekolah sangat asyik yang dapat berkumpul bersama dengan teman-teman.

Cerita di anime ini pun juga membuat sedih hal ini karena tali persahabatan di anime ini sangat kuat sekali yang membuat anime ini cocok ditonton untuk pelajar.

D-Frag


D-frag kurang lebih bercerita tentang sebuah klub game dimana klub tersebut bukannya membuat game malahan selalu memainkan game yang tidak biasanya dan bisa dibilang konyol.

Apa yang membuat d-frag menarik adalah dialog di anime d-frag yang membuat anime d-frag meriah.

Di satu sisi ada hal positif dimana game juga bisa dimainkan dimana saja dengan alat yang ada di sekitar.

SKET Dance


Kebanyolan yang terjadi di Sket Dance membuat Sket dance cocok untuk ditonton pelajar yang sedang penat dalam pelajaran maupun tuga-stugas yang melanda.

Anime ini berfokus pada comedy yang dapat membuat ngakak secara tibat-tiba.

Boku wa Tomodachi ga Sukunai


Di sekolah tidak banyak teman? cobalah tonton Boku wa Tomodachi ga Sukunai, hal ini karena kamu dapat melihat sekumpulan orang yang tidak memiliki teman membuat sebuah klub dimana klub tersebut masing-masing orang saling menolong untuk mencari teman agar dapat bersosialisasi dengan yang lain.

Bukannya mendapatkannnya malahan klub tersebut yang hidup dengan ikatan tali persahabatan yang kuat.

Sayangnya cerita di anime ini agak berfokus ke romance yang membuat persahabatan tersebut agak retak. Anime ini juga bisa disebutkan anime genre harem.

Moyashimon


Anime ini berlatar tempat di kampus dengan berfokus pada jurusan pertanian. Di satu sisi anime ini dapat membuat penonton belajar hal ini karena anime ini memberikan banyak wawasan mengenai bakteri dan organisme lainnya yang mengguntungkan maupun yang merugikan.

Di sisi lain, Moyashimon memberikan comedy dan alur cerita yang membuat penontonnya nyaman dan betah melihat episode-episode dari Moyashimon.

Itulah anime genre school yang perlu ditonton, masing-masing anime memiliki kekurangan dan kelebihan sendiri.

Masing-masing daftar di atas juga memiliki protagonist yang berbeda-beda, ada yang nakal, bangor, baik, dsb.


Copy link artikel iniloading short url

Untuk mengetahui postingan terbaru dan update daftar rekomendasi, masukan email di bawah agar nanti ketika di update akan muncul notifikasi di HP

* indicates required
Cek Konfirmasi Email di SPAM ataupun di INBOX